ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi Go atau Samsung Galaxy A2 Core?

Xiaomi dan Samsung adalah merek perusahaan elektronik yang sangat sukses. Dengan mengeluarkan produknya yang sangat baik, kedua merek ini menjadi incaran oleh semua orang. Tipe dari kedua merek ini yang banyak dijual pada saat dirilisnya smartphone tersebut adalah Xiaomi Redmi Go dan Samsung Galaxy A2 Core. Disini saya akan menjelaskan mengenai kedua tipe smartphone tersebut.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Baca juga Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor 10?

Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan.

Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Xiaomi Redmi Go

Smartphone Redmi Go mengusung layar berukuran 5 inci dengan kerapatan 1.280 x 720 piksel dan aspek rasio 16 : 9. Khusus untuk sektor fotografi, ponsel ini mengandalkan satu kamera belakang beresolusi 8 MP. Sementara resolusi kamera depannya hanya 5 MP. Redmi Go ditenagai chipset Snapdragon 425 dengan RAM 1 GB dan media penyimpanan 8 GB.

Smartphone ini mengandalkan baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo(edisi Go). Sebagai informasi, Android Go merupakan program khusus untuk ponsel murah dengan spesifikasi rendah. Google juga sudah mengeluarkan beberapa aplikasi ringan spesial untuk ponsel tersebut, seperti Youtube Go, Maps Go, dan Gmail Go.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Go

Xiaomi Redmi Go menjalankan sistem operasi Android Go berbasiskan Android 8. 1 Oreo
Hanya memiliki versi RAM 1 GB Saja
Xiaomi memasangkan chipset Qualcomm Snapdragon 425
Desain yang dikeluarkan sangat sederhana dan biasa saja

Kamera Xiaomi Redmi Go

Pada soal fotografi yang ditawarkan spesifikasi Xiaomi Redmi Go pun juga menjadi poin cukup penting. Hal itu tentu juga tidak lepas dari keinginan para pengguna di masa saat ini yang menginginkan handphone dengan kemampuan fotografi unggul.

Hanya saja, kali ini para pengguna harus menerima konsekuensinya. Tidak tanpa alasan mengingat Xiaomi Redmi Go ini hanya akan menawarkan kamera utama tunggal dengan resolusi 8 MP serta kamera depan 5 MP.

Keberadaan kedua kamera yang diusung smartphone ini telah lumayan untuk memenuhi keinginan pelanggan. So, meski terbilang masih minim namun sektor fotografi pada spesifikasi Xiaomi Redmi Go ini patut diacungi jempol untuk segmen ponsel murah meriah.

Harga Xiaomi Redmi Go

Diketahui bahwa harga Xiaomi Redmi Go akan dijual senilai 80 EUR. Dimana, angka itu akan sesuai dengan Rp 1. 200. 000 jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah. Disisi lain, dengan terjangkaunya harga Xiaomi Redmi Go itu maka sudah barang pasti akan membuatnya diburu oleh para calon pelanggan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Samsung A50?

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi juara dalam persaingan bursa pasar gawai. Samsung adalah salah satu konglomerat(Chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Sekarang ini, Samsung beroperasi dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), peralatan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat).

Samsung Galaxy A2 Core

Galaxy A2 Core mempunyai layar berukuran 5 inci dengan resolusi QHD. Punggungnya terbuat dari bahan plastik bernuansa glossy. Ukuran RAM memang kecil, tapi kinerja ponsel diklaim masih mumpuni. Karena, aplikasi yang termuat adalah versi lite atau lebih ringan dibandingkan aplikasi tipe Android reguler. Misalnya saja, YouTube Go, Google Go, Gmail Go, Files Go, atau Assistant Go.

Dengan ukuran yang mini, otomatis ruang penyimpanan masih longgar dan lebih hemat daya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan mengkonsumsi daya yang lebih sedikit. Di bawah cangkang terbenam baterai berkapasitas 2.600 mAh yang bisa diisi daya dengan konektor micro USB. Android Oreo Go Edition dilapisi antarmuka One UI sebagaimana handphone Samsung terbaru lainnya .

Spesifikasi Samsung Galaxy A2 Core

RAM 1GB
Desain simple mudah digenggam tetapi tidak menarik
Layar yang standar yaitu 5 inci
Baterai yang tahan lama
Harga yang terbilang murah

Kamera Samsung Galaxy A2 Core

Handphone ini mempunyai 2 kamera. Satu kamera di depan dengan resolusi 5 megapiksel(f atau 2.2) dan satu lagi ada di belakang dengan resolusi 5 megapiksel(f atau 1. 9). Dibagian punggung dilengkapi dengan LED flash.

Harga Samsung Galaxy A2 Core

Harga yang dipasarkan dari tipe ini sekitar Rp. 1.100. 000 harga yang terbilang cukup murah. Kamu dapat mendapatkannya di toko offline maupun online.

Pilih Mana: Xiaomi Redmi Go atau Samsung Galaxy A2 Core?

Xiaomi Redmi GoSamsung Galaxy A2 Core
Kelebihan - Xiaomi redmi go menjalankan sistem operasi android go berbasiskan android 8. 1 oreo - Hanya memiliki versi RAM 1 GB saja - Xiaomi memasangkan chipset qualcomm snapdragon 425- RAM 1GB - Desain simple mudah digenggam tetapi tidak menarik - Layar yang standar yaitu 5 inci
Kekurangan- Desain yang sederhana - Perangkat penyimpanan tidak besar- Perangkat penyimpanan tidak besar - Bodi dan desain yang sederhana

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Go dan Samsung Galaxy A2 Core adalah kedua tipe merek smartphone yang berbeda, tetapi keduanya banyak terjual saat dirilisnya dan mulai dipasarkan. Spesifikasi yang diberikan dari kedua merek ini juga cukup bagus dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa membelinya di toko offline dan juga online.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi Go vs Samsung Galaxy A2 Core

VS

Leave a Reply