ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Realme X?

Smartphone, adalah kebutuhan semua orang. Karena dengan smartphone akan membuat kamu semakin mudah berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kamu. Selain ini smartphone bisa menjadi tempat untuk kamu bermain game dan lain sebagainya. Tipe smartphone dijual berbagai macam dengan berbagai macam merek yang ditawarkan. Seperti merek Xiaomi dan Realme, kedua merek tersebut sudah menjadi terkenal diseluruh dunia karena mengeluarkan tipe smartphone dengan spesifikasi yang bagus. Tipe yang bagus dari keduanya adalah yang baru-baru ini Xiaomi Redmi K20 Pro dan Realme X. Penasaran dengan penjelasannya? Yuk, baca penjelasannya dibawah ini.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A70 atau Vivo V15 Pro? 

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi kembali akan segera meluncurkan fitur smartphone atau flagship terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro. Fitur pintar yang satu ini disebut-sebut mempunyai banyak keunggulan yang unik dibandingkan smartphone merk yang lain pada segmen premium menengah. Redmi K20 Pro membawa ukuran layar yang cukup besar, yaitu 6.39 inci.

Layarnya ini telah beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 pixel) dengan aspek perbandingan 19.5:9. Smartphone ini tidak membawa notch, sehingga layarnya terlihat lebih luas. Tidak hanya layarnya yang besar, Redmi K20 Pro juga sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Redmi K20 Pro mempunyai karakteristik fingerprint yang ada di dalam layar.

Redmi K20 Pro juga lumayan diunggulkan pada dapur pacunya. Alasannya Redmi K20 Pro ini telah membawa chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Chipset ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 640. Redmi K20 Pro sudah dibekali dengan kapasitas RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB atau 256GB. Smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android Pie.

Kamera Xiaomi Redmi K20 Pro

Redmi K20 Pro dibekali dengan setup 3 kamera yang salah satunya menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP. Untuk 2 sensor yang lain termasuk sensor 13MP ultra wide-angle dan sensor 8MP telephoto(yang terletak di paling atas). Redmi K20 Pro dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel(f atau 1.8), kamera ultra wide 13 megapiksel f atau 2. 4), dan kamera telephoto 8 megapiksel f atau 2.4). Smartphone ini mempunyai kemampuan untuk merekam video slow- mo hingga 960 fps. Sedangkan untuk kamera selfie pop-up beresolusi 20MP yang tentu saja mempunyai kemampuan AI untuk kecantikan.

Baterai Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro mengusung prosesor Snapdragon 855 dipadukan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB untuk model paling tinggi. Sedangkan baterai sebesar 4.000 mAh dibekali isi ulang cepat 27W, yang diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Harga Xiaomi Redmi K20 Pro

Harga yang dijual dan dipasarkan oleh produk smartphone tipe ini adalah sekitar Rp. 5.000.000. Kamu bisa membeli dan mendapatkannya di toko offline dan online.

Realme

Awalnya Realme sendiri muncul pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Pasti saja produknya dikembangkan oleh OPPO. Selanjutnya, Realme juga menjadi sub- brand dari OPPO yang sangat laris di beberapa negara. Apalagi pada saat Realme 1 dikeluarkan di India mendapatkan sambutan yang sangat baik, bahkan mampu menyaingi Xiaomi. Selanjutnya, Realme secara resmi berdiri sendiri pada 4 Mei 2018 yang tentunya berpisah dengan OPPO.

Lihat juga:  Pilih Mana: TV LCD atau LED?

Saat ini Sky Li merupakan CEO Global dari Realme yang awalnya merupakan Vice President dari OPPO. Sedangkan Madhav Sheth menjabat sebagai CEO India dari Realme. Selanjutnya, Josef Wang berperan menjadi Marketing Director of Realme SEA(South East Asia) yang mengurus juga pasar di Indonesia. Walaupun pemain baru, namun Realme sudah berani meluncurkan smartphone dengan spesifikasi hardware tinggi yang mempunyai harga terjangkau

Tampilan Realme X

Untuk awal kalinya, realme mengadopsi konsep layar yang sepenuhnya full screen dengan bezel tipis. Tidak terdapat lagi poni atau notch yang mengganggu performa. Realme X menawarkan layar penuh 19.5:9 serta rasio layar ke bodi super besar 91.2%. Ukuran layarnya sendiri merupakan 6.53″ dengan resolusi Full HD+ dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya layarnya yang kekinian, namun realme X juga mengadopsi sensor sidik jari kekinian.

Tidak lagi di body bagian bagian belakang atau di depan bagian bawah. Melainkan terletak di dalam layar. Realme melakukan optimalisasi menyeluruh dari algoritma dan perangkat keras agar membuat pembukaan kunci sidik jari lebih aman dan lebih cepat(rata-rata 28.5%). Karakteristik terkini dari make- up lighting projection dipublikasikan untuk membuat tepi jari lebih cerah, sehingga tingkatkan kecepatan dan kecepatan pengenalan sidik jari.

Perihal menarik yang lain adalah tidak sekadar mengadopsi sidik jari di layar, tetapi realme memberikan sentuhan kepribadian animasi yang istimewa. Realme X muncul dengan 5 kartun efek khusus(energi beams, mirrored flower and moon, void field of power, radiant bright light, riding on the mists and clouds). Ini untuk memberikan kesan perorangan secara singkat ketika handphone dihidupkan. Terbukti realme memperhatikan hal- hal kecil secara detail.

Kamera Realme X

Kamera depan realme X mempunyai sensor 16MP, aperture f atau 2.0, dan sensor gambar Sony IMX 471. Bandingkan dengan realme 3 Pro yang memiliki sensor 25 MP ukuran 1 atau 2.8 inci, dan mensupport sintesis 4-in-1 piksel dengan ukuran piksel 1.8um.

Tetapi jangan takut, karena resolusi tidak faktor penting kualitas foto, melainkan sensor dan software yang lebih penting. Terlebih lensa kamera pada handphone ini memiliki teknologi built-in Quad Bayer four-in-one pixel binning yang meningkatkan satu pixel menjadi 2.0μm.

Secara teknis, teknologi itu untuk memastikan kualitas selfie yang bagus dalam pencahayaan rendah dan pemulihan warna kulit yang lebih baik dari gambar yang diambil pada malam hari. Secara biasa, kualitas hasil foto kamera depan sudah cukup bagus.

Baterai Realme X

Handphone ini mempunyai kapasitas baterai 3.765 mAh yang sebenarnya masih lebih kecil. Tetapi secara umum kapasitas itu cukup untuk mendukung penggunaan handphone yang moderat, apalagi mempertimbangkan desain kamera yang lebih tinggi.

Harga Realme X

Harga yang dijual dari tipe merek Realme ini yaitu Realme X adalah sekitar Rp. 3.000.000.

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Realme X?

Xiaomi Redmi K20 Pro Realme X
Kelebihan - Baterai yang besar - Kualitas kamera yang bagus - Desain yang mewah dan elegan- Desain yang elegan - Baterai yang tahan lama - Fingerprint under display
Kekurangan- Tidak ada slot memori eksternal - Fast charging hanya 18w- Tidak ada kamera ultra wide - Bodi masih berbahan plastik

Kesimpulan

Xiaomi Redmi K20 Pro dan Realme X memiliki spesifikasi yang sudah cukup bagus, namun di beberapa spesifikasi memiliki perbedaan. Karena keduanya itu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sperti kapasitas baterai Xiaomi Redmi K20 Pro memiliki kapasitas baterai yang besar dibanding dengan Realme X. soal kamera dan lainnya memiliki spesifikasi yang sama-sama bagus. Soal harga Realme X lebih murah dibanding dengan Xiaomi Redmi K20 Pro. Jadi antara kedua ini mana yang lebih kamu suka? Sesuaikan dengan selera kamu ya, tentukan pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Realme X

VS

Leave a Reply