ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Vivo V15 Pro?

Pemilihan untuk membeli smartphone tidak jarang pertama kali yang menjadi patokan adalah kualitas kamera, benar? Ya, dengan kamera yang bagus akan membuat orang yang memilih smartphone hingga membelinya akan merasa puas untuk berfoto, kebutuhan sosial media dan lain sebagainya. Selain kamera untuk game juga menjadi patokan karena banyak orang sekarang anak laki-laki muda bermain game online di smartphone. Hingga perusahaan elektronik berlomba-lomba mengeluarkan smartphone dengan berbagai tipe dan spesifikasi yang baik. Seperti merek Xiaomi dan Vivo, tipe dari kedua tersebut yang baru saja dirilis dan dijual awal tahun 2019 adalah Xiaomi Redmi K20 Pro dan Vivo V15 Pro. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai kedua tipe tersebut.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung GAlaxy A70? 

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi kembali akan segera meluncurkan fitur smartphone atau flagship terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro. Fitur pintar yang satu ini disebut- sebut mempunyai banyak keunggulan yang unik dibandingkan smartphone merk yang lain pada segmen premium menengah. Redmi K20 Pro membawa ukuran layar yang cukup besar, yaitu 6.39 inci. Layarnya ini telah beresolusi Full HD+(2340 x 1080 pixel) dengan aspek perbandingan 19.5:9. Smartphone ini tidak membawa notch, sehingga layarnya terlihat lebih luas.

Tidak hanya layarnya yang besar, Redmi K20 Pro juga sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Redmi K20 Pro mempunyai karakteristik fingerprint yang ada di dalam layar. Redmi K20 Pro juga lumayan diunggulkan pada dapur pacunya. Alasannya Redmi K20 Pro ini telah membawa chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Chipset ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 640. Redmi K20 Pro sudah dibekali dengan kapasitas RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB atau 256GB. Smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android Pie.

Kamera Xiaomi Redmi K20 Pro

Redmi K20 Pro dibekali dengan setup 3 kamera yang salah satunya menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP. Untuk 2 sensor yang lain termasuk sensor 13MP ultra wide- angle dan sensor 8MP telephoto(yang terletak di paling atas). Redmi K20 Pro dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel(f atau 1.8), kamera ultra wide 13 megapiksel f atau 2. 4), dan kamera telephoto 8 megapiksel f atau 2.4). Smartphone ini mempunyai kemampuan untuk merekam video slow- mo hingga 960 fps. Sedangkan untuk kamera selfie pop-up beresolusi 20MP yang tentu saja mempunyai kemampuan AI untuk kecantikan.

Baterai Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro mengusung prosesor Snapdragon 855 dipadukan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB untuk model paling tinggi. Sedangkan baterai sebesar 4.000 mAh dibekali isi ulang cepat 27W, yang diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Harga Xiaomi Redmi K20 Pro

Harga yang dijual dan dipasarkan oleh produk smartphone tipe ini adalah sekitar Rp. 5.000.000. Kamu bisa membeli dan mendapatkannya di toko offline dan online.

Vivo

Vivo sendiri pertama kali masuk pasar global di Asia Tenggara dan India pada tahun 2014. Diposisikan sebagai produk yang relatif premium di China, Kiprah Vivo di jagat handphone dunia akhirnya mulai benar- benar mengusik vendor raksasa pada kuartal awal 2015, dimana nama Vivo berhasil merangsek masuk ke 10 besar vendor smartphone dunia dengan market share 2.7%.

Vivo merupakan produsen smartphone global dengan sarana produksi dan pusat R & D di China(Dongguan, Shenzhen, Nanjing, Beijing, Hangzhou dan Chongqing), India, Indonesia dan Amerika Serikat(San Diego). Sepanjang bertahun-tahun, Vivo sudah meningkatkan pasar smartphone, dengan kehadiran di China, India dan Asia Tenggara(Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Filipina). Pada 2017, Vivo akan memperluas ke daerah- daerah seperti Hong Kong, Macau, Taiwan, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Timur Tengah.

Namun perihal itu tidak kemudian membuat Vivo Puas. Berbekal regu research and development mumpuni yang berada di Shenzhen serta Nanjing yang berjumlah 1.600 personil per Januari 2016, Vivo akhirnya kian mempertegas posisi dengan masuk jajaran 5 besar dunia pada Q1 2016.

Menargetkan pada anak-anak muda yang aktif dan trendi, Vivo mencampurkan eksterior produk, audio berkelas dan pengalaman pengguna yang cepat dan halus. Ditambah dengan dukungan teknologi fast charging 25 watt yang dapat memberikan daya hingga 100% pada perangkat, tanpa menunggu lama, Galaxy A70 dapat kembali dimanfaatkan untuk menjadi partner andalan dalam membuat konten live.

Tampilan Vivo V15 Pro

Vivo membekali fitur ini dengan teknologi layar yang memberikan kenyamanan untuk semua aktivitas. Adalah Ultimate Screen dimana teknologi ini menghilangkan poni pada layar handphone yang membuat tampilan layar Vivo V15 Pro nampak sangat luas. Perangkat ini memiliki dimensi layar berukuran 6.39 inci dengan resolusi full HD+ dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi super AMOLED untuk memberikan kenyamanan visual yang tidak hanya memberikan kualitas yang sangat bagus namun juga memberikan perlindungan mata saat menggunakan perangkatnya.

Layar yang tertanam ini juga mempunyai susunan bezel pada setiap bagian sisi dan atas yang sangat tipis dengan ketebalan yang mencapai 1.75mm serta 2, 22mm. Tidak hanya itu, berkah susunan bezel yang amat pipih ini membagikan rasio layar- ke- bodi mencapai 91.64% dan aspek rasio sebesar 19.5: 9. Dipilihnya teknologi layar Super AMOLED pada perangkat ini guna memberikan tampilan visual yang prima.

Perihal ini dikarenakan layar Super AMOLED sudah dibekali dengan material luminer E2 dan gamut warna DCI- P3 sebesar 100%, sehingga mampu menghasilkan kontras dan saturasi warna sangat tinggi dengan tingkatan konsumsi daya yang lebih rendah. Apiknya lagi, layar yang tertanam sudah dibekali dengan fitur perlindungan mata dan memberikan opsi saat digunakan pada waktu tertentu.

Kamera Vivo V15 Pro

Vivo V15 Membela dibekali dengan 3 kamera belakang. Kamera utama beresolusi 48 megapiksel dengan menggunakan sensor berukuran 1 atau 2.25 inci dengan bukaan lensa f atau 1.8. Sensor tersebut mempunyai 48 juta piksel fisik yang masing-masing berukuran 0.8 mikron. Kamera kedua memiliki sensor 8 megapiksel(lensa ultra-wide 120 derajat, f atau 2.4).

Sementara untuk kamera ketiga mempunyai sensor 5 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor untuk penerapan efek bokeh. Kamera belakang Vivo turut dibekali dengan fitur AI Super Night Mode dan AI Super Wide-Angle untuk mempercantik hasil jepretan.

Baterai Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro juga dirilis dengan memakai baterai berkapasitas 3.700 mAh yang sudah dilengkapi dengan sistem pengisian daya dual engine dari Vivo. Fitur ini diklaim sanggup mengisi daya sampai 24 persen hanya dalam waktu 15 menit..

Harga Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro sendiri hadir dengan versi warna merah dan biru dan kini sudah dapat dibeli di beberapa toko mitra Vivo, baik offline maupun online, dengan banderol harga Rp. 5.699.000.

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Vivo V15 Pro?

Xiaomi Redmi K20 Pro Vivo V15 Pro
Kelebihan - Desain yang mewah - Kualitas kamera depan dan belankang yang sangat bagus - Keamanan fingerprint didalam layar- Daya tahan baterai yang bagus - Pengsisian baterai yang cepat - Layar yang jernih dan super AMOLED
Kekurangan- Harga termasuk mahal - Tidak ada slot memori internal - Bodi berbahan plastik - Tidak tahan air dan debu

Kesimpulan

Jika kamu menyukai smartphone Xiaomi dan ingin mencari keluaran terbaru dari merek ini, maka untuk tipe Xiaomi Redmi K20 Pro bisa menjadi pilihan kamu. Begitu juga jika kamu menyukai smartphone Vivo, untuk keluaran terbarunya tipe Vivo V15 Pro bisa menjadi pilihan kamu. Keduanya memiliki spesifikasi yang cukup baik, dan harga yang dijual juga hampir sama termasuk harga yang cukup tinggi. Jadi untuk kamu bisa disesuaikan dengan selera kamu saja.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Xiaomi Redmi K20 Pro

VS

Leave a Reply