ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE?

Perusahaan xiaomi sudah menjadi terkenal dengan mempunyai banyak tipe smartphone yang memiliki spesifikasi yang baik, tidak jarang jika anak muda khususnya laki-laki memilih smartphone merek Xiaomi karena merek smartphone ini mempunyai kualitas yang baik untuk bermain game. Banyak keluaran terbaru dari merek smartphone ini, seperti Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai tipe dari Xiaomi ini. Yuk, dibaca ya.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Baca juga Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau Samsung S10?

Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan.

Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi kembali akan segera meluncurkan fitur smartphone atau flagship terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro. Fitur pintar yang satu ini disebut- sebut mempunyai banyak keunggulan yang unik dibandingkan smartphone merk yang lain pada segmen premium menengah. Redmi K20 Pro membawa ukuran layar yang cukup besar, yaitu 6.39 inci. Layarnya ini telah beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 pixel) dengan aspek perbandingan 19.5:9. Smartphone ini tidak membawa notch, sehingga layarnya terlihat lebih luas.

Tidak hanya layarnya yang besar, Redmi K20 Pro juga sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Redmi K20 Pro mempunyai karakteristik fingerprint yang ada di dalam layar. Redmi K20 Pro juga lumayan diunggulkan pada dapur pacunya. Alasannya Redmi K20 Pro ini telah membawa chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Chipset ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 640. Redmi K20 Pro sudah dibekali dengan kapasitas RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB atau 256GB. Smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android Pie.

Kamera Xiaomi Redmi K20 Pro

Redmi K20 Pro dibekali dengan setup 3 kamera yang salah satunya menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP. Untuk 2 sensor yang lain termasuk sensor 13MP ultra wide-angle dan sensor 8MP telephoto(yang terletak di paling atas). Redmi K20 Pro dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel(f atau 1.8).

Kamera ultra wide 13 megapiksel f atau 2. 4), dan kamera telephoto 8 megapiksel f atau 2.4). Smartphone ini mempunyai kemampuan untuk merekam video slow- mo hingga 960 fps. Sedangkan untuk kamera selfie pop-up beresolusi 20MP yang tentu saja mempunyai kemampuan AI untuk kecantikan.

Baterai Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro mengusung prosesor Snapdragon 855 dipadukan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB untuk model paling tinggi. Sedangkan baterai sebesar 4.000 mAh dibekali isi ulang cepat 27W, yang diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Vivo S1?

Harga Xiaomi Redmi K20 Pro

Harga yang dijual dan dipasarkan oleh produk smartphone tipe ini adalah sekitar Rp. 5.000.000. Kamu bisa membeli dan mendapatkannya di toko offline dan online.

Tampilan Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE adalah 5.97 inch. Ukuran itu termasuk ukuran layar minimalis yang didesain sebaik mungkin oleh pihak Xiaomi. Xiaomi Mi 9 SE sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan jenis layar tertanam dan mempunyai lengkungan kecil di atasnya. Layar Xiaomi Mi 9 SE juga telah dibalut dengan cantik dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 dan dilengkapi oleh fitur HDR dengan kombinasi berbagai warna yang menarik perhatian.

Kecanggihan fitur layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 9 SE ini tidak kalah dari 2 saudaranya. Perbedaan yang bisa kamu temui merupakan ukuran layar yang lebih kecil, dibanding dengan tipe biasa. Tidak hanya mempunyai bentuk bagus, teknologi lain yang dimiliki Xiaomi Mi 9 SE adalah fingerprint yang terdapat di bawah layar dengan chipset Snapdragon 712.

Kamera Xiaomi Mi 9 SE

Fungsi kamera depan pada Xiaomi Mi 9 SE pastinya dapat memberikan pengalaman selfie yang berkualitas berkat dukungan fitur Beautify. Secara umum, kamu akan memperoleh hasil foto selfie yang lebih cantik, tetapi tetap terlihat alami.

Perolehan foto yang bagus bisa didapatkan berkat teknologi AI yang sanggup menginterpretasikan kontur di wajah kamu untuk perolehan foto yang sempurna. Fitur ini pastinya tidak akan terlihat berlebihan walaupun ada dukungan Beautify sekalipun.

Baterai Xiaomi Mi 9 SE

Baterai Mi 9 SE memiliki 3.070 mAh dengan fitur fast charging. Xiaomi meniadakan port jack audio 3.5 milimeter, sehingga apabila pengguna mau menggunakan headset, maka bisa menggunakan konektor.

Xiaomi Mi 9 SE memperoleh tingkatan daya tahan mencapai 73 jam. Smartphone ini juga mensupport Qualcomm Quick Charge 4+. Perihal itu berarti bahwa kompatibel dengan pengiriman daya USB.

Harga Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE dijual dengan harga sekitar Rp 4.100.000 untuk versi dengan media penyimpanan 64 GB dan sekitar Rp 4.800.000 untuk versi 128 GB.

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE?

Xiaomi Redmi K20 Pro Xiaomi Mi 9 SE
Kelebihan - Performa yang tangguh - Layar yang luas - Desain modern dengan gradasi warna yang unik- Didukung fast charging - Kualitas kamera yang baik - Fingerprint didalam layar
Kekurangan- Fast charging hanya 18W - Tidak ada slot memori internal- Belum dilengkapi kemampuan anti air - Kamera depan belum dilengkapi LED flash

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas sudah cukup jelas mengenai spesifikasinya. Keduanya mempunyai spesifikasi yang sama-sama cukup baik. Tetapi cukup jelas dari penjelasan diatas beberapa spesifikasi yang kurang bagus terlihat dari tipe Xiaomi Mi 9 SE bahwa layarnya kurang besar. Tetapi tidak menjadi masalah karena beberapa orang tidak menjadi kan itu untuk patokan saat membeli smartphone. Soal harga keduanya dijual dengan harga yang sama saja di angka empat jutaan hampir ke angka lima. Jadi bagi kamu yang menyukai merek smartphone xiaomi, kedua tipe baru ini bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Xiaomi Mi 9 SE

VS