ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9?

Perusahaan elektronik sudah banyak mengeluarkan elektronik jenis smartphone atau handphone dengan kualitas dan spesifikasi yang baik. Seperti merek smartphone atau perusahaan Xiaomi. Perusahaan elektronik tersebut sudah merilis banyak tipe smartphone dan terjual laris di seluruh dunia. Salah satu tipe smartphone dari merek Xiaomi ini yang baru saja dirilis dan dijual di awal tahun 2019 adalah Xiaomi Redmi K20 Pro dan Xiaomi Mi 9. Keduanya banyak menjadi sasaran atau incaran oleh kalangan anak muda. Disini saya akan menjelaskan mengenai spesifikasi dari kedua tipe merek smartphone Xiaomi ini.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung Galaxy S10?

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi kembali akan segera meluncurkan fitur smartphone atau flagship terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro. Fitur pintar yang satu ini disebut- sebut mempunyai banyak keunggulan yang unik dibandingkan smartphone merk yang lain pada segmen premium menengah. Redmi K20 Pro membawa ukuran layar yang cukup besar, yaitu 6.39 inci. Layarnya ini telah beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 pixel) dengan aspek perbandingan 19.5:9.

Smartphone ini tidak membawa notch, sehingga layarnya terlihat lebih luas. Tidak hanya layarnya yang besar, Redmi K20 Pro juga sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Redmi K20 Pro mempunyai karakteristik fingerprint yang ada di dalam layar. Redmi K20 Pro juga lumayan diunggulkan pada dapur pacunya.

Alasannya Redmi K20 Pro ini telah membawa chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Chipset ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 640. Redmi K20 Pro sudah dibekali dengan kapasitas RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB atau 256GB. Smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android Pie.

Kamera Xiaomi Redmi K20 Pro

Redmi K20 Pro dibekali dengan setup 3 kamera yang salah satunya menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP. Untuk 2 sensor yang lain termasuk sensor 13MP ultra wide- angle dan sensor 8MP telephoto(yang terletak di paling atas). Redmi K20 Pro dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel(f atau 1.8),.

Kamera ultra wide 13 megapiksel f atau 2. 4), dan kamera telephoto 8 megapiksel f atau 2.4). Smartphone ini mempunyai kemampuan untuk merekam video slow- mo hingga 960 fps. Sedangkan untuk kamera selfie pop-up beresolusi 20MP yang tentu saja mempunyai kemampuan AI untuk kecantikan.

Baterai Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro mengusung prosesor Snapdragon 855 dipadukan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB untuk model paling tinggi. Sedangkan baterai sebesar 4.000 mAh dibekali isi ulang cepat 27W, yang diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Lihat juga:  Pilih Mana: SanDisk atau Kingston?

Harga Xiaomi Redmi K20 Pro

Harga yang dijual dan dipasarkan oleh produk smartphone tipe ini adalah sekitar Rp. 5.000.000. Kamu bisa membeli dan mendapatkannya di toko offline dan online.

Tampilan Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 rilis dengan tampilan elegan dan warna gradasi Lavender Violet dan Ocean Blue. Makin epic, Xiaomi Mi 9 juga membawa efek hologram yang dibuat dengan menggunakan nano-level laser engraving dan dual layer nano coating. Dari potretnya yang beredar, Xiaomi Mi 9 memiliki warna shimmer yang colorful dengan lekukan berbentuk S pada bagian belakang bodi smartphone ini.

Pada bagian depannya, Xiaomi Mi 9 menggunakan layar 6.39 inci Samsung AMOLED display dengan rasio 90.7 persen berkat hadirnya poni water drop pada perangkat ini.Xiaomi Mi 9 juga sudah didukung dengan High Brightness Mode(HBM) yang mampu mengoptimalkan kontras dan warna yang ditampilkan saat berada di luar ruangan.

Kamera Xiaomi Mi 9

Kamera menjadi salah satu fitur unggulan Xiaomi Mi 9 kali ini. Perangkat ini dirilis dengan menggunakan kamera dari Sony IMX 586 beresolusi 48 MP dengan lensa tele dan lensa ultra wide. Sony IMX 586 yang digunakan Xiaomi Mi 9 ini serupa dengan yang digunakan oleh Honor pada Honor View 20. Makin keren, Xiaomi Mi 9 juga sudah mendukung 960 fps super slow motion untuk video.

Selain itu, fitur super night scene mode pada Xiaomi Mi 9 juga unggul untuk mendukung fotografi dengan cahaya yang minim. Tiga kamera utama yang digunakan oleh Xiaomi Mi 9 antara lain beresolusi 48 MP, 16 MP, dan 12 MP. Mengenai kamera depan, Xiaomi Mi 9 menggunakan kamera berkekuatan 12 MP. Setiap kamera Xiaomi Mi 9 sudah dibalut sempurna dengan sapphire glass.

Baterai Xiaomi Mi 9

Menggunakan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang disebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 70 persen dan 60 menit untuk mengisi penuh. Menggunakan Qualcomm Snapdragon 855, Xiaomi Mi 9 sudah menggunakan kabel USB Type-C.

Harga Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 dengan varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dibanderol dengan harga 2.999 yuan atau sekitar Rp 6.200.000. Sedangkan untuk RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dibanderol dengan 3.299 yuan atau sekitar Rp 6.800.000.

Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9?

Xiaomi Redmi K20 Pro Xiaomi Mi 9
Kelebihan - Layar super AMOLED - Fingerprint ada didalam laya - Kualitas kamera depan dan belankang yang sangat bagus- Daya tahan baterai yang bagus - Kualitas kamera yang mumpuni - Desain yang mewah
Kekurangan- Fast charging hanya 18W - Tidak ada slot memori internal - Tidak ada audio jack 3.5 mm - Tidak tahan debu dan air

Kesimupulan

Bagi kamu yang menyukai smartphone dengan merek Xiaomi, Xiaomi Redmi K20 Pro dan Xiaomi Mi 9 mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Untuk spesifikasi yang sudah dijelaskan dan tidak perlu kamu ragukan lagi. Untuk harga memang keduanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Tetapi sesuai dengan spesifikasi yang kamu dapatkan. Kamu bisa mendapatkan tipe ini di toko offline dan juga online.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Xiaomi Mi 9

VS

Leave a Reply