Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 4 atau Xiaomi Redmi 4X?

Xiaomi selalu merilis dan mengeluarkan produknya sehingga membuat persaingan smartphone semakin kompetitif. Dua smartphone dari Xiaomi yang dapat menjadi pilihan Anda yaitu Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X. Manakah smartphone yang lebih mumpuni? Xiaomi Redmi Note 4 atau Xiaomi Redmi 4X?

Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X merupakan dua smartphone yang kerap dibandingkan karena memiliki banyak kemiripan. Meskipun begitu, dua smartphone ini juga memiliki banyak perbedaan seperti harga yang ditawarkan, performa, tampilan dan sebagainya. Agar lebih jelas, Anda bisa mengetahui perbedaan antara keduanya pada artikel berikut.

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4 merupakan salah saru produk Xiaomi yang dirilis pada Januari 2017. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 5,5 inci dan bodi alumunium dan Front Glass sehingga memiliki tampilan yang menarik. Dikutip dari Liputan6.com Redmi Note 4 ini juga merupakan salah satu smartphone yang akan kebagianpembaruan MIUI 10 dari Xiaomi.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi Note 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Layar Lebih Lebar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 adalah memiliki layar dengan ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4X. Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 5,5 inci sedangkan Xiaomi Redmi 4X memiliki lebar layar dengan ukuran 5 inci. Dengan demikian dapat kita lihat bahwa kedua smartphone ini memiliki lebar layar yang berbeda.

  • Performa Lebih Mumpuni

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 adalah memiliki performa yang lebih mumpuni daripada Xiaomi Redmi 4X. Xiaomi Redmi Note 4 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB. Sedangkan Redmi Note 4 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB.

  • Memiliki Kerapatan Layar Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 adalah memiliki layar dengan kerapatan yang lebih baik dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4X. Smartphone ini memiliki layar dengan kerapatan 401ppi sedangkan Xiaomi Redmi 4X memiliki layar dengan kerapatan sebesar 294ppi.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada Xiaomi Redmi 4X. Namun selisih harga dari kedua smartphone ini tidak terlalu jauh berbeda. Kedua smartphone ini memiliki selisih harga hanya sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah saja.

  • Baterai Kurang Hemat

Meskipun Xiaomi Redmi Note 4 memiliki kapasitas yang sama dengan Xiaomi Redmi 4X tapi baterai yang dimiliki oleh smartphone ini lebih cepat habis dan kurang hemat dalam hal pemakaian. Dengan demikian, dapat kita lihat bahwa meskipun memiliki kapasitas baterai yang sama, tapi daya tahan baterai kedua smartphone ini berbeda.

  • Baterai Non-Removable

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 adalah memiliki baterai yang tertanam pada perangkatnya. Sayangnya, masih banyak orang yang menyukai hal ini karena Anda tidak bisa melakukan apa-apa jika smartphone tersebut mengalami lag.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4
- Layar lebih lebar- Harga lebih mahal
- Performa lebih mumpuni- Baterai kurang hemat
- Memiliki kerapatan layar lebih baik- Baterai non-removable
Lihat juga:  9 Smartphone Gaming Terbaik 2020

Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X merupakan salah satu smartphone yang diluncurkan Xiaomi untuk kalangan mengengah ke bawah karena memiliki harga yang cukup terjangkau. Smartphone ini diluncurkan pada bulan Mei 2017.Kami juga telah membahas mengenai Samsung J2 vs Xiaomi Redmi 4X pada artikel sebelumnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4X

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 4X yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi 4X adalah memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4. Namun, perbedaan atau selisih harga kedua smartphone tersebut terbilang tidak terlalu besar, yakni sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah saja.

  • Memiliki Desain Full Metal

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah telah memiliki desain full metal. Hal ini membuat Xiaomi Redmi 4X terlihat sangat menarik. Selain itu, Xiaomi Redmi 4x juga telah dilapisi dengan kaca 2.5D yang semakin membuat smartphone ini memiliki tampilan yang lebih menarik.

  • Telah Didukung Fast Charging

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah telah didukung fast charging. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4.100 mAh dan telah didukung fast charging maka kemampuan baterai yang dimiliki oleh smartphone ini telah baik.

Kekurangan Xiaomi Redmi 4X

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 4X yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Depan Belum LED Flash

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah pada kamera depannya belum dilengkapi dengan LED Flash. Saat ini banyak smartphone yang telah mengusung LED Flash pada kamera depan untuk mendukung aktivitas selfie, namun Anda tidak bisa mendapatkan hal ini pada Xiaomi Redmi 4X.

  • Resolusi Layar Belum Full HD

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah resolusi layar yang dimiliki oleh smartphone ini belum Full HD. Karena itulah gambar yang dihasilkan atau tampilan yang dihasilkan belum terlalu maksimal.

  • Performa Belum Mumpuni

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki performa yang belum mumpuni. Xiaomi Redmi 4X memiliki Chipset Snapdragon 435, CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505. Performa ini belum bisa mengalahkan Xiaomi Redmi Note 4.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4XKekurangan Xiaomi Redmi 4X
- Harga lebih terjangkau- Kamera depan belum LED flash
- Memiliki desain full metal- Resolusi layar belum full HD
- Telah didukung fast charging- Performa belum mumpuni

Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 4 atau Xiaomi Redmi 4X?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Xiaomi Redmi Note 4Xiaomi Redmi 4X
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Performa lebih mumpuni- Performa kurang mumpuni
- Kerapatan layar lebih baik- Kerapatan layar kurang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X, dapat kita ketahui bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh berbeda, Anda sebaiknya memilih Xiaomi Redmi Note 4 yang memiliki performa lebih mumpuni dan memiliki lebih banyak keunggulan lainnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi Note 4 vs Xiaomi Redmi 4X

VS

Leave a Reply