Kamera

Pilih Mana: Xiaomi Yi atau B-Pro?

Salah satu cara mengabadikan momen adalah dengan cara memfoto atau merekam momen tersebut. Untuk bisa mendukung aktivitas tersebut, banyak jenis kamera yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu Xiami Yi dan B-Pro. Manakah kamera yang memiliki kamera yang cocok untuk kebutuhan Anda? Xiaomi Yi atau B-Pro?

Xiaomi Yi dan B-Pro merupakan dua jenis kamera yang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengambil foto dan video. Kedua kamera ini juga kerap dibandingkan karena dianggap memiliki kemampuan yang hampir sama. Meskipun begitu, keduanya memiliki banyak perbedaan, mulai dari resolusi kamera, fitur yang dimiliki dan sebagainya. Baca juga Pilih Mana: Fujifilm X-A3 atau X-A5?

Xiaomi Yi

Xiaomi Yi merupakan produk kamera yang dirilis oleh Xiaomi. Xiaomi Yi memiliki ukuran 60.4 x 42 x 21.2 mm. Xiaomi Yi telah mendukung fitur quick charge sehingga lebih cepat dalam mengisi daya baterai.

Kelebihan Xiaomi Yi

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Yi yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Resolusi Hingga 16 MP

Salah satu kelebihan Xiaomi Yi adalah memiliki resolusi yang sangat tinggi yakni hingga 16 MP. Ini merupakan resolusi yang paling tinggi di kelasnya. Dibandingkan dengan B-Pro jelas resolusi xiaomi Yi lebih tinggi dan lebih baik. Sebab B-Pro hanya memiliki resolusi sebesar 12 MP.

  • Dapat Menggunakan Mic Eksternal

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Yi adalah dapat menggunakan mic eksternal. Dengan adanya dukungan seperti ini, aktivitas Anda dalam merekam video akan menghasilkan suara yang lebih jelas dan bersih sebab didukung dengan penggunaan mic eksternal.

  • Kualitas Video Bening dan Tajam

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Yi adalah memiliki kualitas video yang bening dan tajam. Hal ini dikarena resolusi yang dimiliki oleh Xiaomi Yi telah tinggi, maka kualitas video dan foto yang dihasilkan juga menjadi lebih baik, bening dan lebih tajam.

Kekurangan Xiaomi Yi

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Yi yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Terdapat LCD

Salah satu kekurangan Xiaomi adalah tidak memiliki LCD untuk melihat foto yang kita ambil. Karena hal ini, Anda tidak bisa mereview foto yang dihasilkan apakah sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau belum.

  • Tidak Ada Garansi Resmi

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Yi adalah tidak ada garansi resmi. Saat Anda membeli perangkat ini, Anda tidak akan mendapatkan garansi resmi. Karena hal ini, Anda hanya bisa menggunakan garansi yang diberikan oleh gallery atau toko tempat Anda membeli perangkat tersebut.

  • Manual Book Menggunakan Bahasa Mandarin

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Yi adalah memiliki manual book dalam bahasa Mandarin. Hal ini tentu menjadi persoalan bagi banyak orang karena tidak bisa menggunakan bahasa Mandarin. Karena itulah, manual book yang diberikan tersebut menjadi tidak berguna atau tidak bebrmanfaat.

Kelebihan Xiaomi YiKekurangan Xiaomi Yi
- Memiliki resolusi hingga 16 MP- Tidak terdapat LCD 
- Dapat menggunakan mic eksternal- Tidak ada garansi resmi
- Kualitas video bening dan tajam- Manual book menggunakan bahasa Mandarin

B-Pro

B-Pro merupakan salah satu produk yang dirilis dan dikeluarkan oleh brand Brica. B-Pro ini banyak diminati karena Anda akan mendapatkan waterproof dan mounting ketika membeli perangkat tersebut.

Kelebihan B-Pro

Berikut beberapa kelebihan B-Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Telah Memiliki LCD

Salah satu kelebihan B-Pro adalah telah memiliki LCD. Dengan adanya LCD ini, Anda dapat dengan mudah melakukan preview foto atau gambar yang telah Anda ambil. Dengan adanya LCD ini, Anda bisa melihat apakah foto yang diambil sesuai dengan keinginan Anda. Apabila tidak sesuai, Anda dapat mengambil ulang gambar tersebut.

  • Telah Include Mounting dan Waterproof

Kelebihan lain yang dimiliki oleh B-Pro adalah telah terdapat WP (waterproff) dan mounting yang terdapat dalam dus saat Anda melakukan pembelian pada perangkat ini. Hal ini tentu lebih baik sebab saat Anda membeli Xiaomi Yi, Anda tidak akan mendapatkan mounting dan waterproof. Anda harus melakukan pembelian secara terpisah.

  • Waterproof Mampu Bertahan Hingga 40 Meter

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh B-Pro adalah waterproof yang include pada perangkat ini mampu bertahan hingga kedalaman 40 meter permukaan laut. Dengan kedalaman yang dapat dicapai ini, Anda bisa melakukan ekslorasi laut secara mendalam lagi.

Kekurangan B-Pro

Berikut beberapa kekurangan B-Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Pengaturan Khusus

Salah satu kekurangan B-Pro adalah membutuhkan pengaturan khusus apabila digunakan untuk foto low light. B-Pro tidak bisa secara otomatis sesuai dengan foto low light, karena hal tersebut Anda perlu melakukan pengaturan khusus untuk aktivitas ini.

  • Belum Bisa Menggunakan Mic Eksternal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh B-Pro adalah belum bisa menggunakan mic eksternal. Karena belum bisa menggunakan mic eksternal, ada kemampuan video yang direkam memiliki suara yang kurang jelas. Karena itu, Anda harus membesarkan suara secara manual saat melakukan recording.

  • Resolusi Hanya Mencapai 12 MP

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh B-Pro adalah memiliki resolusi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Xiaomi Yi. Resolusi kamera yang dimiliki oleh B-Pro adalah 12 MP, sedangkan resolusi yang dimiliki oleh Xiaomi Yi adalah sebesar 16 MP. Resolusi perangkat ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap foto atau video yang dihasilkan.

Kelebihan B-ProKekurangan B-Pro
- Telah memiliki LCD - Membutuhkan pengaturan khusus
- Telah include mounting dan waterproof- Belum bisa menggunakan mic eksternal
- Waterproof mampu bertahan hingga 40 meter- Resolusi hanya mencapai 12 MP

Pilih Mana: Xiaomi Yi atau B-Pro?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xiaomi Yi dan B-Pro. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Xiaomi Yi B-Pro
- Resolusi 16 MP- Resolusi 12 MP
- Bisa menggunakan mic eksternal- Tidak bisa menggunakan mic eksternal
- Tidak include mounting dan waterproof- Telah include mounting dan waterproof

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Yi dan B-Pro di atas, dapat kita ketahui bahwa Xiaomi Yi memiliki resolusi kamera yang lebih besar jika dibandingkan dengan B-Pro. Namun Xiaomi Yi belum dilengkapi dengan waterproof dan mounting saat membeli perangkat tersebut. Sedangkan jika Anda membeli B-Pro komponen tersebut telah include saat pembelian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Yi vs B-Pro

VS

Leave a Reply