Smartphone

Pilih Mana: Xioami Mi A1 atau Redmi 5 Plus?

Xiaomi merupakan brand smartphone yang saat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Selain memiliki harga yang terbilang terjangkau, Xiaomi juga memiliki banyak produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Dua produk Xiaomi yang saat ini banyak diminati yaitu Xiaomi Mi A1 dan Redmi 5 Plus. Manakah smartphone yang cocok untuk Anda? Xiaomi Mi A1 atau Redmi 5 Plus?

Meskipun sama-sama besutan Xiaomi, Xiaomi A1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki banyak perbedaan yang harus Anda diketahui. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari harga, fitur, dan spesifikasi lainnya. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini hingga selesai. Baca juga Pilih Mana: Redmi Note 5 atau Zenfone Max Pro M1?

Xiomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 merupakan salah satu produk Xiaomi yang dirilis pada September 2017. Smartphone ini memiliki dual kamera yang sangat baik sehingga banyak digandrungi oleh kalangan yang menyukai aktivitas berfoto.

Kelebihan Xiaomi Mi A1

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Mi A1 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kamera yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan Xiaomi Mi A1 adalah memiliki kamera dengan kualitas dan resolusi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki dual kamera utama dengan kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto.

  • Telah Dilengkapi Gorilla Glass

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A1 adalah telah dilengkapi dengan gorilla glass. Dengan demikian, permukaan smartphone ini lebih tahan terhadap goresan dan lebih sulit untuk pecah jika permukaannya terkena benda tajam atau keras.

  • Update Sistem Operasi Tepat Waktu

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A1 adalah update sistem operasi perangkat ini tepat waktu. Dengan demikian Anda tidak akan tertinggal dalam memperbarui sistem operasi pada perangkat yang Anda gunakan.

Kekurangan Xiaomi Mi A1

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Mi A1 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Xiaomi Mi A1 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Selisih harga antara kedua smartphone ini berkisar Rp. 300 hingga Rp. 500 ribuan. Jika Anda menginginkan smartphone dengan harga yang lebih terjangkau, Anda kurang tepat menjadikan Xiaomi Mi A1 sebagai pilihan.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A1 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil daripada Xiaomi Redmi 5 Plus. Xiaomi Mi A1 memiliki baterai dengan kapasitas 3.080 mAh sedangkan xiaomi Redmi 5 Plus telah memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

  • Kualitas Layar Masih Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A1 adalah memiliki kualitas layar yang masih terbatas. Xiaomi Mi A1 memiliki layar dengan lebar 5,5 inci dengan resolusi full HD (1.920 x 1.080 piksel). Dengan demikian dapat kita lihat bahwa lebar layar dan kualitasnya masih rendah daripada Xiaomi Redmi 5 Plus.

Kelebihan Xiaomi Mi A1Kekurangan Xiaomi Mi A1
- Memiliki kamera yang lebih baik- Harga lebih mahal
- Telah dilengkapi gorilla glass- Kapasitas baterai lebih kecil
- Update sistem operasi tepat waktu- Kualitas layar masih terbatas

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan salah satu produk yang dirilis pada februari 2018. Smartphone ini telah dilindungi dengan corning gorilla glass sehingga tidak mudah tergores apabila permukaan layarnya terkena benda tajam.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar yang Futuristik dan Menarik

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiomi Redmi 5 Plus adalah memiliki tampilan layar yang lebih futuristik dan menarik. Xiomi Redmi 5 Plus telah menggunakan layar penuh dengan ukuran 5.99 inci. Selain itu, Xiaomi Redmi 5 Plus juga telah memiliki resolusi full HD + (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, aspect ratio 18 : 9, dan memenuhi bagian depannya.

  • Memiliki Kapasitas Baterai yang Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1. Xiaomi Redmi 5 plus memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 4.000 mAh . Sedangkan xiaomi Mi A1 memiliki baterai dengan kapasitas 3.080.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1. Selisih harga antara dua smartphone ini mencapai Rp.300 hingga Rp.500 ribu.

Kekurangan Xiomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Resolusi Kamera Lebih Kecil

Salah satu kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki resolusi kamera yang lebih kecil dan kurang mumpuni daripada Xiaomi Mi A1. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan kamera utama dengan resolusi 12 MP. Sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki dual kamera utama dengan kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto.

  • Memiliki Desain yang Terlalu Biasa

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki desain yang terlalu biasa. Jika dilihat dari segi desainnya, smartphone ini memiliki bentuk yang sama dengan seri sebelumnya namun dengan layar yang lebih memanjang. Namun layarnya lebih futuristik dan menarik.

  • Tidak Memiliki Dual Kamera

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah belum memiliki dual kamera seperti Xiaomi Mi A1. Kamera belakangnya didukung dengan kamera dengan resolusi 12 MP dan memiliki fitur dual-LED flash.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 PlusKekurangan Xiomi Redmi 5 Plus
- Memiliki layar yang futuristik dan menarik- Resolusi kamera lebih kecil
- Memiliki kapasitas baterai lebih besar- Memiliki desain yang terlalu biasa
- Harga lebih terjangkau- Tidak memiliki dual kamera

Pilih Mana: Xiaomi Mi A1 atau Redmi 5 Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xiaomi Mi A1 dan Redmi 5 Plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Xioami Mi A1Redmi 5 Plus
- Memiliki dual kamera- Tidak memiliki dual kamera
- Kapasitas baterai lebih kecil- Kapasitas baterai lebih besar
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Mi A1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus di atas, dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Mi A1 lebih unggul jika dilihat dari kamera yang dimiliki. Tapi jika dilihat dari harga dan kapasitas baterai, maka Xiaomi Redmi 5 Plus lebih unggul.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xioami Mi A1 vs Redmi 5 Plus

VS

Leave a Reply