Pilih Mana: Xpander atau Rush?

Loading...

Kehadiran Mitsubishi Xpander memang sudah menyita perhatian banyak orang. Bahkan dua Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah musuh bagi Xpander. Meskipun tidak sekelas dan tergolong dibanderol dengan harga yang lebih murah, Rush dan Terios masih memiliki punya potensi besar mencuri konsumen potensial Xpander, terutama Rush. Namun apabila kita bandingkan diantara persaingan Xpander dan Rush. Lantas bagus mana Xpander vs Rush?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Xpander dan Rush
– Kelebihan & kekurangan Xpander dan Rush

Xpander
Dilansir dari Viva.co.id, pembuat Mitsubishi Xpander membekali mobil dengan dua pilihan jarak terendah dari tanah. Mobil ini memiliki ground clearance hanya 205 mm.

Kelebihan Xpander yang bisa Anda ketahui:

1. Adanya Tilt & Telescopic
Untuk mendukung kenyamanan, Xpander memiliki pengaturan kemudi empat arah alias Tilt & Telescopic. Dengan cara ini, Anda dapat mengatur posisi kemudi maju mundur atau naik dan turun. Di Rush, hanya bisa naik dan turun saja.

2. Mesin lebih baik
Xpander memiliki mesin 1.500 cc 4-silinder dengan hatchback Colt yang sama, sementara Rush menggunakan mesin 1.500 cc 4-silinder dari Avanza, mesin 2NR. Tenaga keduanya 104 PS pada 6.000 rpm, tetapi torsi Xpander 141 Nm pada 4.000 rpm sementara torsi Rush 136 Nm pada 4.200 rpm. Sehingga membuat mobil Xpander terasa lebih baik saat dibawa melaju.

Loading...

Kekurangan Xpander yang bisa Anda ketahui:
Rush dan Xpander memiliki perbedaan jauh ketika berbicara pemilihan material, karena ketika Xpander menggunakan plastik dan jahitan palsu. Rush memakai kulit sintetis yang lembut dan jahitan asli dalam tipe TRD Sportivo, tetapi masih ada jahitan palsu di sektor lain juga. Selain itu, Rush telah mendukung AC digital dengan mode auto, Xpander hanya memiliki AC biasa tanpa layar tampilan. Xpander juga minim fitur keamanan karena hanya memiliki 2 airbag, sedangkan TRD Sportivo Rush adalah 6 airbag.

Rush
Rush merupakan mobil berstatus SUV yang memiliki ground clearance mencapai 220 mm. Tidak heran apabila mobil ini tergolong aman melewati berbagai kondisi jalanan, khususnya jalanan Indonesia yang cenderung tidak mulus.

Kelebihan Rush yang bisa Anda ketahui:

1. Mencakup semua varian
Fitur mengemudi dan keamanan, keduanya memiliki rem ABS dan Hill Start Assist. Rush tidak memiliki EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan Brake Assist seperti Xpander. Namun Toyota membekalinya dengan Vehicle Stability Control yang mumpuni untuk menjaga stabilitas mobil saat bermanuver. Dan itu berlaku untuk semua jenis Rush, tidak seperti Xpander yang lagi hanya tersedia di varian teratas.

Kekurangan Rush yang bisa Anda ketahui:
Mobil Toyota Rush dipatok di kisaran harga mulai dari Rp 239,9 – 261,3 jutaan. Sedangkan harga Mitsubishi Xpander dibanderol mulai dari Rp 197,1 – Rp 253,4 jutaan. Jika dilihat dari uraian di atas maka dapat disimpulkan harga Toyota Rush cenderung lebih muhal.

Pilih Mana: Xpander atau Rush?

XpanderRush
Lampu utama– Berteknologi LED– Masih halogen
Eksterior– Terlihat modis dan montok– Lebih modern dan kontemporer
Segi harga– Lebih terjangkau– Cenderung lebih mahal
Penggerak roda– Mengandalkan penggerak roda belakang – Mengandalkan penggerak roda depan
Dimensi bodi– 4.475 mm, lebar 1.750 mm serta tinggi 1.700 mm– 4.435 milimeter, lebar 1.685 mm dan tinggi 1.705 mm

Kesimpulan
Dari beberapa kelebihan dan kekurangan, keduanya memang menyasar ke segmen mobil keluarga. Memang patut diakui hadrinya Mitsubishi Xpander merupakan sebuah terobosan di kelas MPV bawah, baik dalam bentuk maupun fitur (terkhusus untuk varian teratasnya). Begitu juga Rush. Desain sebelumnya tidak banyak berubah, membuat model baru ini menghirup udara segar bagi mereka yang menginginkannya. Meskipun platform tetap sama dengan Rush lama (dan Terios), namun tetap saja Rush lebih menggoda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xpander vs Rush

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *