Kendaraan

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

Dunia otomotif Indonesia semakin berkembang seiring berkembangnya zaman. Hal ini membuat beberpa merek mobil semakin gencar memperbarui berbagai spesifikasi yang dimilikinya untuk terus bersaing dan menjadi yang terbaik di antara yang terbaik.

Xpander Cross dan Pajero Sport menjadi dua mobil keren yang memiliki persaingan cukup sengit abad ini. Untuk kamu yang memerlukan ulasan mengenai kedua mobil ini, yuk simak artikel yang sudah kami sediakan di bawah ini!

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

Xpander Cross

Xpander Cross yang baru saja dirilis ini dinilai sengaja dibuat dan dirilis demi untuk memenuhi keinginan konsumen Indonesia yang memerlukan kendaraan untuk digunakan berpetualang.  Baca Juga: Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Mitsubishi Xpander Cross ini ditawarkan dalam tiga pilihan tipe, yakni leather seat premium package A/T, A/T, dan M/T. Sementara untuk pilihan warna yang ditawarkan yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic. 

Mobil ini memiliki posisi sebagai varian tertinggi dan dianggap akan menjadi pesaing baru Toyota All New Rush, All New Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan Honda HR-V. Mitsubishi Motors terlihat sedang mencoba menciptakan model baru yang akan membuat ambisi konsumennya di seluruh dunia bergejolak.

Kelebihan Xpander Cross

  • Tenaga roda depan yang menjadi andalan
    Mitsubishi tidak menawarkan mesin baru untuk Xpander Cross, sehingga mereka masih mengandalkan 1.500 cc MIVEC DOHC yang mampu mengais tenaga 105 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 141 Nm di rpm 4.000. Tenaganya disalurkan ke roda depan dengan transmisi 4 percepatan konvensional.
  • Dimensi yang lebih baik 
    Xpander Cross ditawarkan dengan dimensi yang sama seperti Xpander varian standar yang memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm. Namun yang menarik, Cross menawarkan ground clearance mencapai 225 mm. Angka ini adalah yang tertinggi di kelas LSUV.
  • Memiliki fitur keselamatan 
    Crossover anyar Mitsubishi punya fitur Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC) dan Hill Start Assist (HSA). Sedangkan peranti pasif, beberapa di antaranya: Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

    Active Stability Control juga tersedia, untuk mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver. Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada Small MPV andalan Mitsubishi Indonesia.

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

Kekurangan Xpander Cross

  • Tidak ada fitur yang istimewa 
    Sama halnya dengan Xpander varian standar, tidak ada fitur istimewa yang ditambahkan untuk varian Crossover. Namun setidaknya ia memiliki audio dengan konektivitas ke gadget, stability control, power windows dengan pelipatan elektrik, kamera mundur, serta pengatur arah AC. Bahkan model terbaru Ultimateistimt sudah dilengkapi cruise control.
  • Harga jual yang mahal 
    Untuk kamu yang berniat membeli mobil xpander cross ini, maka kamu perlu menyiapkan uang yang sedikit lebih banyak dibanding dengan kamu yang ingin membeli toyota rush dan mobil lain yang dianggap setara dengan mobil satu ini. Hal ini dikarenakan, produsen mobil yang satu ini percaya bahwa desain dari xpander cross ini akan tetap banyak dirilis meski memiliki harga yang cukup mahal.

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

KeteranganXpander CrossPajero Sport
PerusahaanMitsubishi Mitsubishi
Kisaran Harga Rp. 260.000.000-,Rp. 450.000.000-,

Pajero Sport

All New Mitsubishi Pajero Sport versi baru yang merupakan generasi terbaru dari SUV legendaris, Mitsubishi Pajero Sport. Ketika mendengar nama Pajero Sport, kamu pasti bisa membayangkan akan sosok mobil SUV yang powerful berbalut tampilan mewah khas Mitsubishi.

Nah kali ini, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mengusung konsep desain mewah nan elegan dengan sentuhan baru yang membuatnya lebih sporty. Pastinya Mitsubishi tetap mengusung teknologi mesin yang menjamin performa tangguh dan bertenaga.

Sasaran dari New Mitsubishi Pajero Sport tetap merupakan konsumen kalangan atas yang menyukai mobil berukuran besar dengan performa mesin aduhai. Di segmen mobil SUV sendiri, nama Pajero Sport memang sudah melegenda. Dengan nama besar Pajero Sport itulah Mitsubishi mencoba menciptakan komposisi terbaik dalam All New Mitsubishi Pajero Sport ini.

Kelebihan Pajero Sport

  • Konsep pembuatan yang tidak terkalahkan
    Untuk urusan konsep, maka mobil keren yang sering dibeli sama pejabat Indonesia ini, sulit dikalahkan dengan konsep mobil sekelasnya.

    Kelebihan pertama dari Mitsubishi Pajero Sport ada pada konsep mobilnya. Konsep Pajero Sport ini adalah mobil mewah dengan tampilan elegan. Ini satu alasan kenapa banyak pejabat pakai mobil ini saat masa-masa kampanye. Desain yang mewah tetap menjadi andalan mobil berbodi besar ini. Dengan penambahan nuansa sporty menambah kesan konsep mobil yang keren.

  • Bodi dan Desain yang keren
    Kelebihan kedua dari Pajero Sport terletak pada bodi dan desainnya. Seperti yang sudah disinggung diatas, mobil ini memiliki bodi besar. Tidak hanya besar, bodi mobil ini juga cukup garang dikelasnya. Memadukan bodi besar dan tipe SUV, Pajero Sport termasuk unik.

    Bodinya yang keren pastikan masuk bengkel yang tepat ya. Kalau sampai asal asalan memilih bengkel mobil. Tanggung sendiri akibatnya ya.

    Selain itu, Mitsubishi Pajero Sport juga menang soal warna bodinya. Pajero Sport hadir dalam beberapa warna yang tentu memikat mata.

    Siapa sih yang bisa bilang tidak sama benda-benda yang berkilau dan menggoda mata? Dengan penambahan aksen chrome, membuat mobil ini semakin menarik perhatian. Warna dan sentuhan chromenya yang cantik membuat mobil terlihat fresh.

  • Performa mesin dan fitur canggih yang mantap
    Kelebihan lain dari Mitsubishi Pajero Sport, tentu saja, adalah performa mesinnya. Mesin dari Pajero Sport dicocokkan dengan masing-masing tipe dari mobilnya. Untuk tipe Dakar, dipasang mesin jenis DOHC 2,5L High Power. Untuk tipe Exceed, GLS, GLX, mesinnya adalah DOHC 2L Standard.

    Dan untuk jenis V6, sudah dibekali mesin 3.0L SOHC MIVEC. Untuk torsinya sendiri, performanya, sudah boleh dikatakan mumpuni dan sangat tangguh. Pada kecepatan maksimum, kelima tipe ini mampu mengeluarkan torsi maksimumnya. Torsi maksimum dari lima tipe ini adalah 6.250rpm pada 4.000rpm.

    Untuk kamu yang kurang mengerti dengan urusan otomotif. Intinya mobil yang satu ini untuk kebut-kebutan tidak bisa dipandang sebelah mata. Nah karena itu jangan sampai masuk bengkel mobil yang salah ya.

    Pajero Spot juga tentunya memiliki fitur-fitur pada mobil ini meliputi fitur keamanan dan fitur hiburan. Pada kabin dalam, sudah dibekali dengan MID yang berpanel canggih. Ada electric sunroof yang mampu memberikan penumpang ekstra udara segar.

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

Kekurangan Pajero Sport

  • Masalah pada steering shaft 
    Kelemahan dari Mitsubishi Pajero Sport ada pada steering shaft. Steering shaft pada Pajero Sport termasuk cepat haus dan rusak. Steering shaft ini juga memakan waktu cukup lama dalam penggantiannya. Jadi, kamu harus menunggu dengan waktu yang lumayan lama bila steering shaft-nya rusak.
  • Rotor disc yang mudah bergetar
    Kelemahan selanjutnya pada Mitsubishi Pajero Sport terletak pada rotor disc-nya. Rotor disc bagian depan mobil ini termasuk gampang sekali bergetar. Getaran pada rotor disc depan seringkali terasa hingga bagian stir. Kalau sudah terlalu sering bergetar, rotor disc harus segera diganti.
  • Shock breaker yang mudah rusak
    Kelemahan terakhir yang kami ulas dari Pajero Sport ada pada shock breaker. Memangnya ada apa dengan bagian shock breaker dari mobil ini? Shock breaker bagian belakang mobil ini cenderung mudah mengalami kerusakan. Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksa apakah ada oli melumer. 

Pilih Mana: Xpander Cross vs Pajero Sport

Xpander CrossPajero Sport
Kelebihan- Tenaga roda depan yang menjadi andalan - Dimensi yang lebih baik  - Memiliki fitur keselamatan  - Konsep pembuatan yang tidak terkalahkan - Bodi dan Desain yang keren - Performa mesin dan fitur canggih yang mantap
Kekurangan- Tidak ada fitur yang istimewa  - Harga jual yang mahal  - Masalah pada steering shaft  - Rotor disc yang mudah bergetar - Shock breaker yang mudah rusak 

Kesimpulan

Kedua mobil yang dibahas di atas, pajero sport dan xpander cross memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Selain itu, cukup dikatakan bahwa kedua mobil ini memiliki kelas harga yang berbeda. Untuk kamu yang memang memiliki budget cukup besar dan menginginkan mobil yang keren dengan performa tangguh, maka pajero sport tentu sudah pasti akan jadi pilihan yang cocok untukmu.

Sedangkan bagi kamu yang ingin memiliki mobil dengan kualias hampir setara dengan pajero sport namun dengan rentang harga yang sedikit lebih murah maka kamu tentu akan lebih cocok jika memilih Xpander Cross. Belilah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xpander Cross vs Pajero Sport

VS

Leave a Reply