Kendaraan

Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Mobil merupkan barang yang kini menjamur di pasaran. Ada semakin banyak produsen otomotif yang kini mengeluarkan lagi produk andalannya. Xpander Cross dan Rush dalah dua merek mobil yang di awal tahun ini sudah berhasil menyorot perhatian banyak orang karena memiliki kemampuan yang diklaim gahar dan desain yang elegan.

Kedua mobil ini sendiri bukan merek baru yang ada di pasaran, sebelumnya, Xpander Cross sudah pernah dirilis dengan nama jual xpander tanpa tambahan kata cross. Sedangkan rush, memang memiliki nama yang sama sejak awal perilisannya. Kamu yang masih bingung memilih satu di antara kedua produk ini, yuk simak ulasan yang sudah kami buat di bawah!

Pilih Mana Xpander Cross vs Rush

Xpander Cross

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merupakan produsen otomotif yang sudah sangat terkenal di Indonesia. MMKSI ini akhirnya meluncurkan varian baru Xpander bergaya SUV, yang diberi nama Xpander Cross.

Xpander Cross ini dinilai sengaja dibuat dan dirilis demi untuk memenuhi keinginan konsumen Indonesia akan kendaraan yang cocok digunakan untuk berpetualang.

Mitsubishi Xpander Cross ini ditawarkan dalam tiga pilihan tipe, yakni leather seat premium package A/T, A/T, dan M/T. Sementara untuk pilihan warna yang ditawarkan yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic. Baca Juga: Pilih Mana: Wuling Cortez atau Mitsubishi Xpander?

Mobil ini memiliki posisi sebagai varian tertinggi dan dianggap akan menjadi pesaing baru Toyota All New Rush, All New Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan Honda HR-V. Mitsubishi Motors terlihat sedang mencoba menciptakan model baru yang akan membuat ambisi konsumennya di seluruh dunia bergejolak.

Untuk desainnya sendiri, jika dilihat secara kasat mata, SUV Crossover ini desainnya tak berbeda jauh dengan Xpander yang sebelumnya sudah dirilis. Namun, tentunya Xpander Cross ini memiliki beberapa kelebihannya tersendiri dibanding dengan pendahulunya.

Kelebihan Xpander Cross

  • Tenaga roda depan yang menjadi andalan
    Mitsubishi tidak menawarkan mesin baru untuk Xpander Cross, sehingga mereka masih mengandalkan 1.500 cc MIVEC DOHC yang mampu mengais tenaga 105 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 141 Nm di rpm 4.000. Tenaganya disalurkan ke roda depan dengan transmisi 4 percepatan konvensional.
  • Dimensi yang lebih baik 
    Xpander Cross ditawarkan dengan dimensi yang sama seperti Xpander varian standar yang memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm. Namun yang menarik, Cross menawarkan ground clearance mencapai 225 mm. Angka ini adalah yang tertinggi di kelas LSUV.
  • Memiliki fitur keselamatan 
    Crossover anyar Mitsubishi punya fitur Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC) dan Hill Start Assist (HSA). Sedangkan peranti pasif, beberapa di antaranya: Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

    Active Stability Control juga tersedia, untuk mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver. Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada Small MPV andalan Mitsubishi Indonesia.

Pilih Mana Xpander Cross vs Rush

Kekurangan Xpander Cross

  • Tidak ada fitur yang istimewa 
    Sama halnya dengan Xpander varian standar, tidak ada fitur istimewa yang ditambahkan untuk varian Crossover. Namun setidaknya ia memiliki audio dengan konektivitas ke gadget, stability control, power windows dengan pelipatan elektrik, kamera mundur, serta pengatur arah AC. Bahkan model terbaru Ultimateistimt sudah dilengkapi cruise control.
  • Harga jual yang jauh lebih mahal 
    Untuk kamu yang berniat membeli mobil xpander cross ini, maka kamu perlu menyiapkan uang yang sedikit lebih banyak dibanding dengan kamu yang ingin membeli toyota rush. Hal ini dikarenakan, produsen mobil yang satu ini percaya bahwa desain dari xpander cross ini akan tetap banyak dirilis meski memiliki harga yang cukup mahal.

Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Spesifikasi Xpander CrossRush
Tipe mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve2NR Dual VVT-i DOHC 1,5 liter naturally aspirated
Kapasitas mesin 1.499 cc1,5 liter
Harga per Januari 2020Rp. 268.000.000-, Rp. 250.000.000-,

Rush

Sejak pertama kali diproduksi pada tahun 2006, Toyota Rush mengusung desain sporty dan dinamis, ditambah dimensi mobil yang tinggi dan besar membuat SUV Rush generasi pertama ini terlihat gagah.

Kini semua grade Toyota Rush tersedia dalam 7-seater untuk akomodasi penumpang. Konfigurasi bangku dan ruang di bagasi, baris ke-2 dapat dilipat dengan mudah menggunakan one touch tumble, sedangkan baris ke ke-3 dapat dilipat dengan konfigurasi 50-50.

All New Rush kali ini mengusung mesin 1,5 liter Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 ps dan 136 Nm. Karakter mesin terbaru Toyota itu lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar dengan tenaga yang memadai.

Pasar Toyota Rush di Indonesia sendiri terbilang cukup populer. Secara keseluruhan, penjualan Toyota Rush dari Desember 2006 hingga Oktober 2017 mencapai lebih dari 250.000 unit.

Kelebihan Rush

  • Gerak roda belakang yang handal
    Sedangkan Toyota Rush dipersenjatai mesin yang juga berkubikasi 1.500 cc, namuan bertenaga 104 ps dengan torsi maksimal 139 Nm. Rush mengandalkan gerak roda belakang, meskipun masih juga menggunakan transmisi otomatik 4 percepatan konvensional.
  • Fitur yang lebih lengkap dan mewah 
    Dalam hal ini, Rush terasa lebih lengkap dan mewah. Audio dengan konektivitas gadget, serta ada stability control dan power windows dengan pelipatan elektrik seperti Xpander. Namun ia terasa lebih modern. Sudah ada auto light, auto wiper, serta kamera mundurnya dibantu parking sensor. Lantas AC juga sudah digital walaupun sayangnya belum dilengkapi pengatur arah hembusan seperti Xpander.
  • Harga jual yang lebih murah 
    Jika dibandingkan dengan arga jual dari Xpander Cross, harga jual dari toyota rush ini akan jauh lebih murah mengingat rush merupakan pendahulu dari xpander. Untuk kamu yang memiliki pas-pasan, mungkin rush akan cocok untuk kamu jadikan pilihan.

Pilih Mana Xpander Cross vs Rush

Kekurangan Rush

  • Dimensi yang lebih kecil 
    Sementara Rush punya panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm. Kemudian memiliki ground clearance 220 mm, yang berarti lebih rendah 5 mm ketimbang Xpander Cross.
  • Fitur pengaturan AC yang kalah saing 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa secara umum nilai untuk fitur yang dimiliki Rush lebih banyak dan modern ketimbang Xpander. Namun, rush memang kalah harus mengakui kekalahannya dalam hal pengaturan hembusan AC dan cruise control.

Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Xpander CrossRush
Kelebihan- Tenaga roda depan yang menjadi andalan - Dimensi yang lebih baik  - Memiliki fitur keselamatan - Gerak roda belakang yang handal  - Fitur yang lebih lengkap dan mewah  - Harga jual yang lebih murah 
Kekurangan- Tidak ada fitur yang istimewa  - Harga jual yang jauh lebih mahal   - Dimensi yang lebih kecil  - Fitur pengaturan AC yang kalah saing 

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan yang sudah ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua kendaraan yang sedang hits dan selalu diperbandingkan ini memiliki spesifikasi yang gahar dan cukup mumpuni. Berdasarkan hasil beberapa pengguna, jika disuruh memilih satu di antara kedua mobil keren ini, maka mereka lebih banyak memilih Xpander Cross dibandingkan dengan Rush.

Untuk kamu yang menginginkan mobil yang berpenampilan keren dan memiliki dimensi yang lebih besar maka kamu pasti juga akan lebih menyukai xpander cross, namun jika kamu memiliki budget yang lebih tipis, maka kamu bisa membeli rush yang tidak kalah keren daripada xpander cross. Belilah yang paling sesuai kebutuhan dan kemampuan, ya, semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xpander Cross vs Rush

VS

 

Leave a Reply