Aplikasi

Pilih Mana: Yahoo atau Gmail?

Internet berkembang sangat pesat dan cepat. Hampir semua orang menggunakan internet, karena internet merupakan sumber informasi. Seperti yang telah Anda ketahui, banyak sekali penyedia layanan email, jadi pilih mana: yahoo atau gmail? Keduanya adalah layanan email populer di seluruh dunia. Masing-masing layanan email gratis tersebut memiliki perbedaan sekalipun sama-sama dapat digunakan untuk menerima dan mengirim surat elektronik. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Zaman dimana komunikasi adalah kunci yang memicu setiap fungsi penting dari dunia, layanan email pasti telah mengambil posisi depan di antara banyak mode komunikasi yang ada di dunia saat ini. Email dipilih karena pengguna dapat berkomunikasi dengan lebih mudah, instant dan praktis dengan hanya memanfaatkan koneksi internet. Apalagi saat ini banyak penyedia email gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Secara umum fungsi dan fitur keduanya tidak jauh berbeda. Jika Anda memiliki akun yahoo maka Anda bisa menikmati semua fasilitas yang ada di yahoo dengan lebih mudah dan praktis, begitu juga dengan gmail.

Tentang Yahoo

Yahoo didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo yang merupakan lulusan dari Stanford pada bulan Januari 1994. Yahoo adalah layanan web mail yang juga terkait dengan layanan lainnya dan akun lain seperti flickr, del.icio.us, yahoo messenger dan portal web berbasis yahoo lainnya di California, Amerika Serikat dan memulai layanan web mail pada tanggal 8 Oktober 1997, dengan Linux dengan nama yahoo mail. Versi antarmuka Ajax perusahaan yang diadopsi dari Oddpost dan klasik antarmuka email yahoo, keduanya merupakan dua versi yang ada di yahoo.

Menurut Merdeka.com, yahoo mulai berbenah, yahoo dikabarkan sedang membenahi fiturnya agar pengguna layanan ini tidak beralih pada akun gmail milik Google.

Tentang Gmail

Gmail adalah sebuah layanan web email milik Google yang dianggap sebagai raksasa di dunia luas web di seluruh dunia. Hal tersebut terletak di Mountain View, California dan didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Namun, segmen web email Google dimulai pada 1 April 2004 dengan nama gmail. Gmail juga akan tetap menjadi web mail pertama dengan teknik Pemrograman Ajax untuk antarmuka berorientasi pencarian, pengguna gmail juga dapat memanfaatkan akun mereka untuk mendapatkan akses ke layanan lain seperti youtube, picasa, google documents, dan lainnya.

Beberapa point yang berbeda antara yahoo dan gmail:

1. Tampilan Homepage
Tampilan homepage pada yahoo cenderung lebih ramai dan berantakan dimana begitu banyak informasi seperti berita, update media sosial dan lain sebagainya berada dalam homepage tersebut. Lain halnya dengan tampilan homepage dari gmail yang cukup sederhana dan responsive, tidak hanya itu email masuk terpisah di tab yang berbeda. Anda juga bisa membuat gmail terlihat lebih atraktif seperti membuat background images, tema dan lain sebagainya.

2. Kapasitas Penyimpanan
Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan yahoo cukup besar hingga 1 TB atau 1.000 GB sejak tahun 2008. Yahoo mail sangat cocok digunakan untuk akun atau keperluan dimana jumlah email masuk cukup banyak seperti untuk akun email Facebook. Seperti yang Anda ketahui setiap notifikasi dari akun Facebook cukup banyak dan dalam setting default setiap notifikasi akan dikirim ke email Anda. Sedangkan gmail memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas dan lebih kecil dibanding yahoo. Total penyimpanannya sebesar 17 GB, dimana 2 GB merupakan bonus sistem keamanan akun. Baca Juga Pilih Mana: Twitter atau Facebook?

Lihat juga:  Pilih Mana: Uber atau Grab?

3. Kecepatan
Bila dilihat dari segi kecepatan, yahoo terkadang agak lambat saat mengakses dan menggunakannya (meski kenceng koneksi), bahkan terkadang Anda perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada email masuk yang baru atau tidak. Akan tetapi sebenarnya Anda bisa mengatasinya dengan mengubah ke tampilan klasik dengan menghilangkan semua fitur tampilan grafis yang berat. Caranya yaitu dengan login ke yahoo mail lalu setting – version mail – basic – save.

Sedangkan pada gmail harus diakui jauh lebih cepat, bahkan untuk login, seolah-olah gmail melesat tanpa hambatan. Selain itu juga, kecepatan gmail dalam menerima email juga terbilang cukup cepat. Jika Anda terus masuk dan berada di halaman akun, Anda tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada email masuk atau tidak. Bagi Anda yang koneksi internetnya tidak stabil atau sering nge-net di warnet, Anda bisa merasakan sendiri perbandingan kecepatan keduanya.

4. Keamanan
Yahoo mail telah mengantisipasi keamanannya sejak lama, bahkan pihak yahoo telah mewajibkan pengguna mengisi email optional dan pertanyaan rahasia untuk memberikan perlindungan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi pemilik akun. Jika kita umpan balik lagi kebelakang, seperti informasi yang didapatkan banyak pihak yang menyarankan Google untuk menggunakan versi aman protokol untuk melindungi gmail. Jika data yang tidak terlindungi ini dapat menjadi peluang bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri identitas yang ada pada akun gmail Anda. Sedangkan gmail menyediakan perlindungan email spam yang lebih baik daripada Yahoo. Dengan demikian, dalam hal keamanan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

5. Spam
Faktor lain yang membedakan keduanya terlihat dari yahoo yang cukup lemah berkaitan dengan kemampuan penyaringan dan terkadang mengirim spam ke kotak masuk sementara surat yang sah akan berakhir di folder spam. Berbeda pada gmail yang memiliki kecenderungan untuk mengirim spam mail langsung ke folder spam tanpa mengirimkannya ke kotak masuk.

6. Fitur yang ditawarkan
Fitur Forwarding email dan akses POP (protokol yang memungkinkan pengguna menggunakan klien email yang berbeda seperti Outlook atau Thunderbird untuk mengambil dan mengirim email) ke pengguna mereka secara gratis merupakan fitur yang ditawarkan bagi pengguna gmail. Sedangkan pada yahoo, pengguna diharuskan mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang seperti gmail tawarkan.

YahooGmail
- Email, berita, update media sosial dan lain sebagainya berada dalam satu tampilan- Email dan tab lainnya tidak tergabung dalam satu tampilan
- Kapasitas penyimpanan 1 TB atau 1.000 GB- Kapasitas penyimpanannya sebesar 17 GB, plus 2 GB sebagai keamanan
- Keamanan pengguna terjaga dan aman- Memberikan perlindungan email spam

Kesimpulan

Pada intinya Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail yang berfungsi sebagai sarana mengirim dan menerima pesan melalui jaringan internet yang mudah dan praktis karena hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk sampai ke tujuan. Secara garis besar dapat kami simpulkan ika Anda tidak begitu membutuhkan kapasitas penyimpanan email yang besar maka gmail dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Akan tetapi jika Anda memerlukan akun email untuk menerima beberapa email masuk dan tidak mengizinkan Anda untuk menghapusnya setiap hari maka Anda bisa menggunakan email dari yahoo. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yahoo vs Gmail

VS

Leave a Reply