KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Yakult atau Vitagen?

Susu fermentasi adalah metode pengolahan susu yang telah digunakan sejak lama oleh masyarakat di seluruh dunia. Proses ini menggunakan bakteri atau ragi tertentu yang ditambahkan ke susu segar, yang menyebabkan perubahan kimiawi dalam susu.  Baca Juga: Pilih Mana: Yakult atau Cimory?

Hasil akhir dari proses ini adalah susu yang lebih kaya akan nutrisi dan lebih tahan lama dibandingkan dengan susu segar. Susu fermentasi dikenal dengan berbagai jenis seperti yogurt, kefir, dan produk lainnya. Melalui proses fermentasi, susu mengalami perubahan kimiawi yang menghasilkan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, susu fermentasi juga mengandung vitamin, mineral dan enzim yang dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan jika dibandingkan dengan susu segar. Namun, proses fermentasi juga dapat menyebabkan perubahan rasa yang mungkin tidak disukai oleh semua orang.

Hasil susu fermentasi yang paling terkenal dan sering dikonsumsi adalah Yakult dan Vitagen. Kedua susu fermentasi ini berperan penting dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan Yakult dan Vitagen. Simak penjelasannya.

Tentang Yakult

Yakult adalah produk susu fermentasi yang dikembangkan oleh Dr. Minoru Shirota di Jepang pada tahun 1935. Produk ini dibuat dari susu yang difermentasikan dengan bakteri Lactobacillus casei Shirota yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Yakult dikenal dengan rasanya yang manis dan asam yang unik, serta dapat digunakan sebagai minuman sehat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yakult juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Yakult tersedia dalam berbagai varian rasa seperti original, strawberry, dan green tea.

Kelebihan Yakult

Yakult telah dikenal puluhan tahun oleh konsumennya, Yakult juga memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan susu fermentasi lainnya. Berikut penjelasannya.

1.  Mengandung Bakteri Probiotik

Yakult mengandung bakteri Lactobacillus casei Shirota yang dikenal sebagai bakteri probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

2.  Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yakult dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah seperti diare, sembelit, dan infeksi saluran pencernaan. Karena kandungan dari bakteri probiotiknya.

3.  Memperkuat Kekebalan Tubuh

Yakult dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, dengan banyaknya bakteri baik ini akan membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan Yakult

Meski sudah dipercaya sebagai susu fermentasi yang memberikan efek baik bagi tubuh, Yakult masih memiliki beberapa kekurangan pada produknya. Simak penjelasannya.

1.  Harga Cukup Mahal

Yakult cenderung lebih mahal dibandingkan dengan susu biasa yang tersedia di pasaran. Namun, harga ini tergolong masuk akal karena manfaat yang diberikan untuk tubuh sangatlah banyak.

2.  Memicu Alergi

Yakult memiliki kandungan yang membuat beberapa orang mungkin tidak cocok dengan produk ini. Terlebih lagi jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dan memiliki reaksi alergi.

Tentang Vitagen

Vitagen adalah produk susu fermentasi yang dikembangkan oleh syarikat Vitagen Sdn Bhd di Malaysia. Produk ini dibuat dari susu yang difermentasikan dengan bakteri probiotik Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. 

Lihat juga:  Pilih Mana: Bodrex atau Panadol?

Vitagen dikenal sebagai minuman yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Produk ini diperkaya dengan vitamin B dan C, kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitagen tersedia dalam berbagai varian rasa seperti original, coklat, dan strawberry.

Kelebihan Vitagen

Tak ingin kalah dengan Yakult, minuman susu fermentasi dari Malaysia ini juga dilengkapi dengan berbagai kelebihan yang tak kalah menarik daripada Yakult. Berikut penjelasannya.

1.  Memiliki Vitamin dan Mineral yang Tinggi

Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu mencegah berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Vitagen diperkaya dengan vitamin B dan C, Kalsium dan Fosfor yang dibutuhkan tubuh.

2.  Mengandung Bakteri Probiotik

Vitagen mengandung bakteri probiotik Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium yang dikenal sebagai bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan seperti usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.  Menjaga Kesehatan Pencernaan

Karena kandungan bakteri probiotiknya, Vitagen dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah seperti diare dan sembelit. Bakteri ini juga dapat mencegah infeksi saluran pencernaan.

Kekurangan Vitagen

Secara keseluruhan, Vitagen adalah minuman yang kaya akan bakteri probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, Vitagen juga memiliki beberapa kekurangan pada produknya.

1.  Jarang Ditemui

Vitagen tergolong sulit untuk ditemui di berbagai toko atau minimarket. Hal ini juga dapat disebabkan oleh Vitagen kurang diketahui oleh masyarakat Indonesia.

2.  Rasa yang Terlalu Asam

Rasa asam dari Vitagen mungkin tidak disukai oleh beberapa orang, yang mungkin menyebabkan orang enggan untuk mengkonsumsi produk ini.

Pilih Mana: Yakult atau Vitagen?

Keterangan Yakult Vitagen
Kelebihan - Mengandung Bakteri Probiotik - Menjaga Kesehatan Pencernaan - Memperkuat Kekebalan Tubuh- Memiliki Vitamin dan Mineral yang Tinggi - Mengandung Bakteri Probiotik - Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kekurangan - Harga Cukup Mahal - Memicu Alergi- Jarang Ditemui - Rasa yang Terlalu Asam
Beli Disini Klik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Yakult dan Vitagen adalah kedua produk ini merupakan minuman susu fermentasi yang diperkaya dengan bakteri probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. 

Kedua produk ini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Yakult dan Vitagen diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap laktosa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi produk ini jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yakult atau Vitagen

VS