Kesehatan

Pilih mana: Yakult vs Yoghurt ?

Yakult dan Yoghurt merupakan minuman yang mengandung bakteri baik untuk tubuh kita. Dengan harga yang terjangkau dan mudah di dapat di supermarket terdekat.

Tentu dari kedua minuman fermentasi ini memiliki banyak perbedaan mulai dari tampilan, rasa, dan komposisi lainnya yang terdapat dari masing-masing minuman fermentasi ini. 

Yakult memiliki rasa yang manis, asam, dan segar dengan bentuk tampilan lebih cair dari yoghurt. Yakult yang hanya mengandung satu jenis strain bakteri yaitu Lactobacillus casei Shirota yang menjamin Yakult mengandung probiotik, sehingga membuat bakteri baik bisa bertahan hidup di usus kita.

Sedangkan yoghurt memiliki rasa yang asam dengan tampilan yang kental (walaupun ada beberapa yoghurt yang cair seperti minuman, namun tetap memiliki tampilan lebih kental daripada yakult), serta memiliki aroma khas asam laktat. Yoghurt yang memiliki kandungan berupa kumpulan bakteri asam laktat yang sangat beragam.

Mulai dari berbagai jenis Lactobacillus dan masih banyak lagi.Yoghurt yang belum tentu mengandung probiotik yaitu bakteri hidup saat kita konsumsi, sehingga tidak semua strain bakteri pada yoghurt akan bisa bertahan hidup di usus kita.

Tidak hanya itu, ternyata Yakult dan Yoghurt memiliki banyak kandungan dengan banyak pilihan rasa yang ditawarkan sehingga nikmati oleh siapapun. Artikel kali ini akan membantu kamu untuk memilih dari kedua minuman fermentasi yang baik untuk dikonsumsi untuk tubuh.Yuk simak penjelasan dari kedua minuman fermentasi ini.

Yakult 

Yakult adalah minuman probiotik yang diolah dari bahan susu dan gula yang sudah difermentasi mengandung bakteri baik Lactobacillus casei shirota strain. Lactobacillus casei shirota strain 6,5 miliar dalam setiap botol Yakult yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat menghambat perkembangan bakteri jahat penyebab infeksi usus. Bakteri yang bisa hidup secara alami dalam usus manusia. 

Lactobacillus casei shirota strain yang bisa membantu serta mengobati gangguan pencernaan seperti, diare, infeksi bakteri Helicobacter pylori, dan peradangan pada usus. 

Minuman yang satu ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dengan merk ‘Jahurto’ yang berarti yoghurt. Yakult juga bisa diminum oleh kalangan anak-anak bahkan orang dewasa, tapi tidak untuk orang yang mengalami penyakit diabetes. Untuk cara penyimpanannya, yakult disimpan di tempat yang bersuhu di bawah 10° C.

Yakult memiliki tampilan lebih cair daripada yoghurt, yang dimana tidak memiliki varian rasa yang banyak namun rasanya tetap enak saat kamu konsumsi. Yakult juga dapat dikonsumsi dari kalangan anak-anak, orang dewasa, dan orang yang lebih tua dengan takaran minum 1-2 botol/hari.

Kelebihan Yakult 

  • Dapat menyehatkan usus

Minuman yang satu ini dapat di minum setiap hari yang bertujuan untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat mengusir dan memukul semua bakteri jahat yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.

  • Mengatasi penyakit maag

Yakult yang dipercaya dapat mengatasi penyakit maag secara alami. Hal ini dikarenakan adanya bakteri baik pada minuman yang dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tidak hanya itu ternyata yakult juga dapat mencegah penyakit pada lambung.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bakteri baik yang ada pada minuman Yakult yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja pada sistem kekebalan tubuh. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang akan membantu untuk melawan bakteri jahat atau virus-virus yang nantinya bisa menginfeksi tubuh.

Kekurangan Yakult

  • Dapat menyebabkan alergi

Ternyata minuman yakult juga bisa membuat alergi. Alergi ini terjadi karena ada beberapa kasus yang menyebabkan itu terjadi. Ada beberapa kemungkinan terjadi pada orang-orang tertentu yang mempunyai intoleransi atau alergi pada beberapa jenis bahan yang menjadi komposisi yakult. 

  • Tidak nyaman pada bagian pencernaan

Efek samping yang terjadi saat mengkonsumsi minuman yakult ditemukan pada gejala perut kembung. Gejala perut kembung terjadi karena bakteri LcS pada tubuh orang-orang yang mengakibatkan peningkatan gas, namun hal ini bersifat hanya sementara.

  • Dapat menyebabkan sakit kepala
Lihat juga:  Pilih Mana: Paramex atau Bodrex?

Ada beberapa orang tertentu yang merasakan efek samping sakit kepala setelah mengkonsumsi yakult. Hal ini disebabkan, pada makanan yang kaya probiotik seperti yogurt serta juga yakult mengandung amina biogenik.

Yoghurt

Yoghurt juga sering dieja dengan yogourt atau yoghourt ini berasal dari bahasa Turki yaitu yoğurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Dengan komposisi susu sapi, termasuk kacang kedelai, dan gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang dapat berperan dalam protein susu. Protein susu yang dapat menghasilkan tekstur seperti gel serta memiliki aroma yang sangat unik pada yoghurt.

Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin bisa membantu pencernaan menjadi lebih lancar dari sebelumnya, karena yoghurt memiliki banyak sekali probiotik yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Probiotik sendiri merupakan bakteri hidup saat kita mengkonsumsi yoghurt. Namun, tidak semua strain bakteri pada yoghurt bisa bertahan hidup di usus kita.

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang memiliki banyak kandungan didalamnya mulai dari protein, karbohidrat, lemak, probiotik, serta vitamin dan mineral. Yoghurt yang memiliki varian rasa yang sangat beragam, mulai dari rasa alami,rasa vanilla, rasa buah,dan juga rasa coklat yang menjadi rasa yang paling populer.

Kelebihan Yoghurt 

  • Dapat membantu melancarkan sistem pencernaan

yoghurt yang mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang membantu dan menyingkirkan bakteri jahat penyebab dari infeksi di usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Menjaga kesehatan tulang

Yoghurt mengandung vitamin D dan kombinasi kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih sehingga, mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta gigi.

  • Memperkuat sistem imun

Dengan mengkonsumsi 400 gram yoghurt setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk melawan bakteri dan infeksi. Dengan mineral dan gizi yang berperan penting di dalam yoghurt sehingga dapat membantu meningkatkan produksi sel T yang merupakan salah satu sel darah putih di dalam tubuh kita.

  • Membantu menurunkan berat badan 

Yoghurt yang bisa menjadi cemilan saat menurunkan berat badan atau diet. Dengan memiliki kandungan probiotik, kalsiumnya, dan protein dapat memicu produksi hormon anti lapar sehingga kamu cepat kenyang setelah mengkonsumsi  yogurt.

  • Menggantikan energi setelah berolahraga

Kombinasi protein dan karbohidrat yang terdapat pada yoghurt dapat menggantikan energi yang telah terkuras selama kamu berolahraga. Dengan mengkonsumsi yoghurt maka proses dehidrasi dalam tubuh seketika akan kembali lebih cepat.

Kekurangan Yoghurt 

  • Penyebab diare

Penyebab diare terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi yoghurt secara berlebihan, dimana kondisi tubuh kita tidak mampu mencerna laktosa tersebut. Fermentasi pada penderita diare yang telah berlangsung lebih dari dua hari atau yang memiliki gangguan lain pada daerah perut.

Pilih mana: Yakult vs Yoghurt ?

Keterangan Yakult Yoghurt
Kelebihan - Dapat menyehatkan usus - Mengatasi penyakit maag- Dapat membantu melancarkan sistem pencernaan - Memperkuat sistem imun
Kekurangan - Dapat menyebabkan alergi - Tidak nyaman pada bagian pencernaan- Penyebab diare - Dapat menyebabkan alergi

Kesimpulan 

Yakult dan Yoghurt merupakan minuman yang kaya akan manfaat. Perbedaan dari keduanya mulai dari segi rasa, varian rasa, serta ukuran kemasan yang kecil. Namun tetap tidak mengkonsumsi keduanya secara berlebihan agar tidak terjadi alergi atau bahkan sakit perut. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan minuman sehat untuk kamu konsumsi setiap hari agar kesehatanmu tetap terjaga. Sekian artikel mengenai minuman fermentasi, Semoga bermanfaat ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yakult vs Yoghurt

VS

Leave a Reply