Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha atau Honda?

Seperti yang kita lihat di jalan, sudah sangat banyak pengendara sepeda motor di Indonesia saat ini. Motor menjadi salah satu kendaraan yang dipilih masyarakat Indonesia karena kegesitan dan kelincahannya, sekaligus kendaraan yang dapat terbebas dari yang namanya ‘macet’. Saat ini di Indonesia sendiri ada dua merek motor yang paling banyak digunakan masyarakat yakni Yamaha dan Honda. Lantas sebenarnya bagus mana Yamaha atau Honda?

Yamaha

Sepeda motor Yamaha diproduksi oleh perusahaan YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) yang merakit di Indonesia namun komponen didatangkan langsung dari Jepang. Perusahaan YIMM beroperasi di Indonesia sejak tahun 1969. Baca juga Pilih Mana: Yamaha MT 15 atau Yamaha Xabre?

Kelebihan Yamaha yang bisa Anda ketahui:

1. Rem jauh lebih pakem
Menurut beberapa sumber yang kami ambil, rem motor Yamaha jauh lebih pakem dibandingkan rem pada motor Honda. Apalagi untuk rem roda depan Yamaha. Akan tetapi hal ini ternyata berdampak pada rem roda belakang yang akan cepat rusak pada komponen komstirnya.

2. Resale Value yang menjanjikan
Orang Indonesia biasanya identik menjual barang jika membutuhkan uang. Nah disini kepopuleran yang dimiliki motor Yamaha sudah pasti dapat dipastikan motor-motor Yamaha memiliki nilai resale value yang menjanjikan dibandingkan nilai resale value pada motor Honda.

Kekurangan Yamaha yang bisa Anda ketahui:

1. Cenderung boros bahan bakar
Dengan karakter mesin yang agresif diputaran bawah, sehingga membuat Yamaha cenderung memiliki image motor yang kencang. Power yang lebih besar ini membuat konsumsi BBM untuk motor Yamaha cenderung boros ketimbang konsumsi BBM motor Honda.

2. Suspensi sedikit keras
Suspensi yang ada pada motor Yamaha terasa agak sedikit keras dan tidak seempuk suspensi yang dimiliki motor Honda. Suspensi yang sedikit keras ini akan membuat pengendaranya tidak nyaman saat melaju di jalan yang tidak halus atau tidak rata.

Honda

Dikutip dari Wikipedia.org, sepeda motor Honda diproduksi oleh PT Astra Honda Motor yang merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki hak sebagai Agen Tunggal Pemenang Merek (ATPM).

Kelebihan Honda yang bisa Anda ketahui:

1. Terkenal irit bahan bakar
Salah satu kelebihan motor Honda ialah terkenal irit bahan bakar. Sebagian besar masyarakat bahkan percaya bahwa motor Honda sangat irit bahan bakar, tidak heran bila banyak masyarakat mengincar dan menunggu produk-produk terbaru buatan Honda.

2. Memiliki suspensi yang empuk
Suspensi yang empuk pada motor Honda, membuat pengendara tetap merasa nyaman di atas kendaraan walaupun melewati jalanan yang tidak halus atau bergelombang. Ini juga menjadi kelebihan motor Honda yang tidak dimiliki motor lain termasuk Yamaha.

Kekurangan Honda yang bisa Anda ketahui:

1. Rem tidak terlalu pakem
Rem yang digunakan pengendara motor Honda terasa tidak terlalu pakem seperti halnya rem Yamaha. Namun, kekurangan ini tidak terlalu menjadi hal yang nyata karena Honda menghadirkan berbagai fitur canggih untuk motor keluaran Honda terbarunya.

2. Harga jual bekas rendah
Umumnya harga jual bekas motor Honda tergolong rendah, sekalipun Honda memiliki nama yang populer di dunia otomotif. Harga ini membuat pemilik motor Honda harus berfikir dua kali untuk menjual motor Honda kesayangannya.

Pilih Mana: Yamaha atau Honda?

YamahaHonda
Suspensi– Sedikit agak keras– Nyaman dan empuk
Konsumsi bahan bakar– Tergolong boros– Lebih berat
Karakter mesin– Cenderung lebih agresif diputaran bawah– Kurang responsif diputaran bawah namun mantap diputaran atas

Kesimpulan

Terlepas dari berbagai poin di atas, untuk masalah desain semua sesuai selera Anda. Namun baik Yamaha maupun Honda keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mendapatkan suspensi empuk dan bahan bakar irit maka Honda pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha vs Honda

VS

Leave a Reply