Pilih Mana: Yamaha FreeGo 125 atau Honda Vario 125?

Loading...

Bermotor merupakan aktivitas yang mengasyikkan ditambah lagi dengan kualitas motor yang tentunya sangat mumpuni untuk kita bawa kejalanan. Motor matic menjadi salah satu motor yang paling banyak diminati untuk menemani kita berkeliling kota. Yamaha FreeGo 125 dan Vario 125 sendiri merupakan motor dengan begitu banyak peminatnya dan tentunya bakal cocok banget buat kaum milenial. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua motor ini ? So kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha FreeGo 125 dan Honda Vario 125. Stay tune ya..

Yamaha FreeGo 125

PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) mengeluarkan salah satu skutik terbaiknya yakni Yamaha FreeGo. Satu yang menarik bahwa saat baru saja dikeluarkan tetapi penjualannya amat besar.

Apalagi, pada demonstrasi otomotif kendaraan roda 2 tersebut, skutik ini menduduki nilai pemasaran paling banyak disusul dengan Nmax. Tentu saja, perihal itu ialah suatu kenyataan bila Yamaha FreeGo ini mempunyai segudang keunggulan serta kecanggihan yang tidak dapat dibantah lagi kehandalannya. Baca juga Pilih Mana: Yamaha NMAX 155 atau Honda PCX 150?

Desain Yamaha FreeGo 125

Yamaha FreeGo mengangkat rangka Underbone serta mempunyai ukuran yang amat ideal, yakni 1905 x 690 x 1100 mm serta mempunyai sumbu roda 1275 mm. Dengan ukuran itu membuat bentuk bodinya sempurna buat skutik selevel 125 cc.

Buat mempermudah pengendaraan, Yamaha FreeGo ini dibikin dengan ketinggian tempat duduk 778 mm yang sesuai dengan postur badan orang Indonesia pada umumnya, alhasil mempermudah pengemudi melindungi kesimbangan skutik dikala berhenti di lampu merah.

Skutik baru buatan Yamaha ini pula telah dilengkapi dengan bagasi 25 liter yang terletak di dasar jok alhasil mampu menampung satu unit helm Full Face Standar.

Skutik dengan berat 100 Kilogram ini juga telah dilengkapi tangki bahan bakar 4.2 liter dengan penutup model Smart Refuel di bagian depan alhasil pengisian bahan bakar lebih efisien tanpa perlu membuka jok. Tentu saja, dengan rangka serta dimensi yang diusung Yamaha FreeGo itu bakal membuat skutik ini tampak begitu prima dengan bentuk bodi yang pas serta sempurna.

Mesin Yamaha FreeGo 125

Yamaha FreeGo bakal membawa mesin handal dari tipe SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas kubikasi yang mencapai 125 cc. Mesin itu bakal dipadukan beriringan dengan transmisi Full Automatic yang disokong kopling Single Dry Clutch. Alhasil, tidak heran bila Yamaha FreeGo ini diklaim sanggup menyemburkan power up to 7.0 kW per 8000 rpm serta torsi puncak hingga pada 9.5 Nm per 5500 rpm.

Dengan begitu, tidak heran bila akselerasi yang diperoleh skutik ini terhitung lumayan agresif di kelasnya. Tidak hanya itu, tidak lupa pula kalau Yamaha FreeGo sendiri pula telah dilengkapi teknologi Blue Core ditambah dengan SMG yang memberikan suara mesin lebih lembut kala dihidupkan serta memberikan pengalaman berkendara hemat, efisien, serta berenergi.

Tentu saja, berbekal mesin handal pada detail Yamaha FreeGo itu maka para konsumen akan dimanjakan dengan penampilan yang agresif dan mengedepankan ramah lingkungan.

Fitur Yamaha FreeGo 125

Sebelumnya, perlu diketahui kembali kalau skutik ini dibagi berdasarkan 3 varian dengan sebagian perbedaan. Yang paling dominan ialah fitur rem ABS. Dimana, teknologi pengereman ini cuma ada pada versi Yamaha FreeGo jenis S ABS aja yang dipastikan sanggup membuat gaya pengereman jadi lebih gampang serta maksimum dalam menahan laju motor.

Tidak hanya itu, perbedaan pula terdapat pada fitur smart Key System ataupun Keyless with Stop Start System (SSS) yang cuma ada pada model S serta S ABS aja. Di segi lain, kick starter malah menjadi fitur salah satunya yang sedang disematkan pada versi standar buat menghidupkan mesinnya.

Tidak hanya perbedaan fitur dari tiap versi, ketiganya memiliki kesamaan. Yakni sama- sama mengangkat instrumen indikator full digital, Electric Power Socket sebagai pengisi daya gadget, Smart Front Refuel buat pengisian bahan bakar efisien tanpa membuka jok, serta bagasi besar berkapasitas 25 liter. Seluruh fitur-fitur yang diusung detail Yamaha FreeGo itu dipastikan akan memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Loading...

Harga Yamaha FreeGo 125

Yamaha FreeGo ini dibagi jadi 3 versi sesuai jenis. Buat jenis standar dihargai Rp 19.7 juta. Sedangkan jenis S harganya mencapai Rp 18.5 juta. Sementara itu, buat jenis paling tinggi, yakni S ABS dipatok senilai Rp 22.5 jutaan.

Honda Vario 125

Vario sendiri merupakan produksi AHM yang mana dibuat untuk bersaing di pasar otomotif, khususnya di bagian skuter matik nasional. Tidak hanya itu, satu perihal yang lumayan menarik kalau Honda Vario 125 kali ini muncul dengan konsep yang lebih eksklusif serta berjiwa muda. Alhasil, tidak kalah dengan skutik bermutu yang saat ini segmentasinya tengah naik daun.

Desain Honda Vario 125

Honda Vario 125 ini nampak lebih tangguh serta lebih kekar sebab sudah menerapkan velg 14 inci serta ban tipe tubeless yang berukuran lumayan besar yaitu berdimensi 80/ 90 pada bagian depannya serta 90/ 90 pada bagian belakangnya membuat skutik ini terasa stabil dalam maju di jalanan umum.

Perlu diketahui kalau tipe ban tubeless tanpa memakai ban dalam yang dipakai itu pula membuat daya tahan karet bundar dari skutik ini lebih kokoh serta handal dalam mengalami rintangan dijalan sebab ban tipe ini tidak gampang bocor serta tahan lama.

Memiliki catatan durasi tempuh 12,5 detik untuk jarak 0-200 m dan bisa mencapai maksimum speed 98 km/jam. Tidak cuma itu aja, terlebih lagi skutik ini juga telah dilengkapi fitur ISS dimana dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS) yang tersematkan pada Honda Vario 125 sehingga bisa menciptakan konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya ialah 51,7 km/liter dengan tata cara ECE R40.

Sebaliknya, buat powernya sendiri, skutik ini sanggup menciptakan tenaga maksimum mencapai 8,3 kW pada 8.500 RPM dengan torsi maksimum 10.8 Nm pada 5.500 RPM dirasa telah lumayan baik serta profesional.

Mesin Honda Vario 125

Mesin yang diusung skutik baru produksi Honda itu diklaim mempunyai catatan durasi tempuh 12,5 detik untuk jarak 0-200 m serta bisa mencapai maksimum speed 98 kilometer/ jam. Tidak cuma itu aja, terlebih lagi skutik ini juga telah dilengkapi fitur ISS dimana dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS) yang tersematkan pada Honda Vario 125 alhasil bisa menciptakan konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya yakni 51,7 km/liter dengan metode ECE R40.

Sebaliknya, buat powernya sendiri, skutik ini sanggup menciptakan daya maksimum menggapai 8,3 kW pada 8.500 RPM dengan torsi maksimum 10.8 Nm pada 5.500 RPM dirasa telah lumayan baik serta profesional.

Fitur Honda Vario 125

Fitur Answer Back System yang mutahir di mana pemilik bisa mengetahui posisi motor dikala lupa menaruh di suatu tempat. Fitur itu bakal bekerja dengan menekan tombol pada kunci Honda Vario 125 ini lalu skutik ini bakal memberikan jawaban suara serta lampu sein yang menyala.

Kedua yaitu fitur Ignition Key dengan pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key) yang membuat sistem penguncian lebih aman dalam menghindari terjadinya perampokan. Serta buat membuka jok Honda Vario 125 ini juga cuma butuh menekan tombol seat supaya bisa terbuka.

Fitur teknologi eSP unggulan Honda yang bakal meminimalisir terbentuknya gesekan piston sehingga bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia. Juga fitur ACD starter yang mempermudah buat menghidupkan mesin Honda Vario 125 ini dengan suara lembut serta lebih aman didengar.

Serta fitur unggulan lain pada Honda Vario 125 ialah Idling Stop System (ISS) yang mampu menekan konsumsi bahan bakar jadi lebih irit sebab fitur ini bakal otomatis bekerja pada saat skutik ini berhenti dengan mematikan mesin sesudah 3 detik setelah berhenti serta bakal kembali hidup sehabis pengemudi menarik tuas gas skutik ini.

Yang terakhir ada fitur pengereman handal yakni Combi Brake System (CBS) yang memberikan keringanan pengereman Honda Vario 125 sebab sistem ini bakal menyeimbangkan pengereman pada kedua ban sehingga bisa lebih gampang berhenti ataupun meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.

Harga Honda Vario 125

Honda Vario 125 ini bakal muncul dengan 5 opsi warna yakni Advance Black serta Advance White Blue buat jenis versi CBS dengan harga (on the road Jakarta) Rp 19.100.000,-. Sementara itu, di sisi lain buat jenis CBS ISS muncul dengan 3 opsi warna yang lain yakni Advance Black, Advance White Red serta Advance Red dengan harga (on the road Jakarta) Rp 19.900.000,-

Pilih Mana: Yamaha FreeGo 125 atau Vario 125?

Yamaha FreeGo 125Vario 125
Kelebihan - Cukup untuk menyimpan helm full face didalam joknya - Dengan ukuran ban depan 100/90 dan belakang 110/90 diameter 12″ memudahkan ketika dibawa menikung - Menyalakan mesin dengan electric starter sangat mudah dan tidak berisik- Desain mewah dan bagasi luas - Mesinnya menggunakan kapasitas 124,8 cc yang sanggup memuntahkan torsi puncak 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,28 PS pada 8.500 rpm - Lampu depan LED hemat daya untuk pencahayaan lebih baik di malam hari.
Kekurangan- Segi desain biasa saja - Getaran mesin ketika idle di stang cukup terasa- Suspensi belakang keras - Jok kurang empuk

Kesimpulan

Motor yang nyaman tentunya motor dengan banyak fitur didalamnya, Yamaha FreeGo 125 dan Vario 125 sendiri tentu memilikinya. Namun jika kamu ingin fitur dengan banyak manfaat maka Vario 125 bakal cocok banget buat nemenin hari-hari kamu. Tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing ya guys. Semoga Bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha FreeGo 125 vs Vario 125

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *