Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha Freego atau Yamaha Aerox?

Motor matic menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh kebanyakan orang, selain mudah mengoperasikannya, spesifikasi dari motor matic zaman sekarang semakin memiliki banyak varian yang tentunya membuat kita ingin memiliki kendaraan roda dua ini. Seperti halnya Yamaha Freego dan Yamaha Aerox, dua motor besutan Yamaha ini memiliki peminat yang jumlahnya tidak sedikit, penasaran dengan spesifikasi dan performa dari kedua motor ini ? Kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha Freego dan Yamaha Aerox. Stay tune ya.

Yamaha Freego

PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) resmi mengeluarkan skutik terbarunya yakni Yamaha FreeGo. Satu yang amat menarik, walaupun baru saja dirilis tetapi penjualannya amat besar. Apalagi, pada demonstrasi otomotif kendaraan roda 2 itu, skutik ini menduduki nilai pemasaran terbanyak disusul dengan Nmax.

Tentu saja, perihal itu ialah suatu kenyataan bila Yamaha FreeGo ini mempunyai segudang keunggulan serta kecanggihan yang tidak dapat dibantah lagi kehandalannya. Sehingga, sanggup menarik para pengunjung yang hadir dalam ajang demonstrasi motor itu. Tidak hingga di sana aja, kedatangan skutik terkini ciptaan industri asal Jepang ini diklaim sanggup mengambil alih Lexi yang telah dikeluarkan jauh-jauh hari sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Vespa S 125 atau Vespa Sprint 150?

Desain Yamaha Freego

Bentuk fisiknya ini patut diakui bila dikatakan nyaris seperti dengan Nmax. Dimana, ada lampu depan dengan pencahayaan LED Light yang bakal memberikan cahaya lebih jelas serta maksimal, terutama kala berkendara di malam hari. Bentuk headlamp yang diusungnya juga amat modern dengan rancangan futuristik.

Tidak cuma itu, di bagian depan dari Yamaha FreeGo ini pula telah dilengkapi dengan lampu Hazard pula. Setelah itu, di bagian dashboard ada instrumen indikator berbentuk panel full digital komplit dengan Eco Indicator yang amat informatif. Bahkan, dilengkapi juga dengan Multi Information Display( MID).

Motor ini memiliki ukuran 1905 x 690 x 1100 mm serta mempunyai sumbu roda 1275 mm. Sehingga, dengan ukuran itu maka bakal membuat bentuk bodinya sempurna buat skutik selevel 125 cc. Tidak cuma itu, buat mempermudah pengendaraan, Yamaha FreeGo ini terbuat dengan ketinggian tempat duduk 778 mm yang sesuai dengan postur tubuh pada umumnya orang Indonesia.

Tidak sampai di sana aja, apalagi Yamaha FreeGo sendiri pula telah mengangkat velg sporty 12 inci dengan balutan ban Tubeless berukuran 100/ 90–12M/C 59J buat bagian depan serta 110/90-12M/C 64L di sektor belakang. Sementara itu, buat memberikan keringanan dalam mengatur laju motor maka Yamaha sudah melengkapi skutik ini dengan rem cakram tunggal di bagian depan serta Drum Brake buat bagian belakang.

Mesin Yamaha Freego

Soal permesinan, kali ini Yamaha FreeGo bakal bawa mesin handal dari tipe SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas kubikasi yang menggapai 125cc. Mesin itu bakal dipadukan berbarengan dengan transmisi Full Automatic yang disokong kopling Single Dry Clutch. Alhasil, tidak heran bila Yamaha FreeGo ini diklaim sanggup memancarkan power up to 7.0 kW per 8000 rpm serta torsi puncak hingga pada 9.5 Nm per 5500 rpm. Dengan sedemikian itu, tidak heran bila akselerasi yang diperoleh skutik ini terhitung lumayan agresif di kelasnya.

Tidak lupa pula kalau Yamaha FreeGo sendiri pula telah dilengkapi teknologi Blue Core ditambah dengan SMG yang memberikan suara mesin lebih lembut kala dihidupkan serta memberikan pengalaman berkendara hemat, efisien, serta berenergi.Tentu saja, berbekal mesin handal pada detail Yamaha FreeGo itu maka para konsumen bakal dimanjakan dengan penampilan yang agresif yang mengutamakan ramah lingkungan.

Fitur Yamaha Freego

Sebelumnya, butuh diketahui kembali kalau skutik ini dibagi berdasarkan 3 versi dengan sebagian perbedaan. Yang sangat menonjol yakni fitur rem ABS. Dimana, teknologi pengereman ini cuma ada pada versi Yamaha FreeGo jenis S ABS saja yang ditentukan sanggup membuat gaya pengereman jadi lebih gampang serta maksimum dalam menahan laju motor. Tidak hanya itu, perbedaan pula terdapat pada fitur smart Key System ataupun Keyless with Stop Start System (SSS) yang cuma ada pada model S serta S ABS aja.

Di bagian lain, kick starter justru jadi fitur satu-satunya yang masih disematkan pada versi standar buat menghidupkan mesinnya. Tidak hanya perbedaan fitur dari tiap versi, ketiganya memiliki kesamaan. Yakni sama-sama mengangkat instrumen indikator full digital, Electric Power Socket sebagai pengisi daya gadget, Smart Front Refuel buat pengisian bahan bakar efisien tanpa membuka jok, serta muatan besar berkapasitas 25 liter. Seluruh fitur-fitur yang diusung detail Yamaha FreeGo itu dipastikan akan membagikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Harga Yamaha Freego

Buat jenis standar dibanderol 19.7 juta. Sebaliknya jenis S harganya menggapai Rp 18.5. Sementara itu, buat jenis paling tinggi, yakni S ABS dipatok senilai Rp 22.5 jutaan. Semua data terpaut harga Yamaha FreeGo itu merupakan harga OTR buat area DKI Jakarta saja.

Yamaha Aerox

Yamaha rupanya cukup cepat buat melakukan penyegaran pada Yamaha Aerox 155 VVA. Bagaimana tidak, pasalnya belum mencapai satu tahun dari peluncurannya, Yamaha telah menawarkan pembaruan pada bentuk luar motor berjudul Yamaha Aerox 155 VVA ini. Bukan tanpa alasan, pemasaran motor ini yang masih kalah dibandingkan dengan sebagian rivalnya, memanglah memforsir Yamaha buat melaksanakan seluruh hal buat menarik atensi para calon penggunanya.

Detail mesinnya yang serupa dengan Yamaha NMAX rupanya membuat Yamaha Aerox 155 VVA ini masih kalah dengan motor premium NMAX yang jauh lebih laku. Di mana, mesinnya yang berkapasitas 155 cc memang membuatnya bisa menciptakan daya yang terhitung lumayan powerfull. Tentu perihal ini jadi suatu hal yang pantas dipikirkan untuk para calon pelanggan Yamaha Aerox 155 VVA itu.

Desain Yamaha Aerox

Secara keseluruhan, bentuk konsep yang dipunyai skuter matik menengah Yamaha ini memanglah amat menarik. Alasannya, bila kita melihat dari depan, nampak suatu head lamp berteknologi LED lamp yang terpasang manis serta meruncing ke atas sehingga menunjukkan kesan sporty serta tajam yang amat jelas pada Yamaha Aerox 155 VVA ini.

Di bagian lain, dengan ditopang headlamp yang memakai teknologi LED itu maka penerangan pada motor ini lebih sempurna, terutama kala dikendarai di jalur yang hening serta sedikit lampu penerangan. Tiba pada bodi samping, kita dapat melihat sebagian lekukan jelas serta tajam dengan corak khas “X” alhasil memberikan opini yang begitu gagah serta aerodinamis.

Yamaha Aerox 155 VVA ini mempunyai panjang 1.990 mm, lebar 700 mm, serta ketinggian 1.125 dan mempunyai berat sampai 116 Kg dengan jarak sumbu rodanya menggapai 1.350 mm. Secara keseluruhan, kelihatannya format bentuk tubuh dari skutik ini terhitung lumayan besar serta bongsor. Di bagian lain, Yamaha Aerox 155 VVA ini pula mempunyai ukuran ketinggian jok ataupun tempat duduk yang tidak sangat besar, yakni 790 mm alhasil dinilai sesuai dengan bentuk badan orang Indonesia.

Yamaha Aerox 155 VVA ini, dilengkapi dengan ban depan berdimensi 110/80-14M/C 53P. Sedangkan buat ban belakang mempunyai ukuran 140/70-14M/C 62P. Bila kita melihat pada rodanya, kelihatannya roda ataupun dimensi velg yang diusung Yamaha Aerox 155 VVA ini lebih besar dibanding Yamaha NMAX yang mengenakan ban berukuran 13 inci.

Mesin Yamaha Aerox

Mesin Yamaha Aerox diklaim sanggup menciptakan daya yang amat gahar buat kategori skutik, yakni sanggup menggapai daya maksimal sampai 14,8 Hp pada putaran 8.000 rpm serta sanggup mencapai puncak torsi sampai 14,4 Nm pada putaran ke 6.000. Daya yang begitu besar pada Yamaha Aerox 155 VVA itu tentu juga tidak lepas dari disematkannya suatu teknologi mesin yang bernama Variabel Valve Actuation (VVA) di mana teknologi ini diklaim bakal membuat penampilan mesin lebih berenergi.

Kemudian, daya gahar yang diperoleh mesin itu bakal disalurkan lewat suatu transmisi V-Belt Automatic yang sedia mendorong skutik ini dengan daya yang kokoh. Tidak cuma itu aja, detail Yamaha Aerox 155 VVA ini juga pula bakal dibenamkan suatu teknologi yang bernama Blue Core di mana teknologi ini bakal membuat motor matik ini lebih hemat bahan bakar, efisien dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Dengan mengenali sektor mesin yang diusung skutik besutan Yamaha itu maka dapat disimpulkan kalau sektor dapur pacu dari detail Yamaha Aerox 155 VVA cc ini terhitung berenergi gahar serta powerfull tetapi senantiasa hemat bahan bakar serta tentunya ramah lingkungan.

Fitur Yamaha Aerox

Yamaha Aerox ini bakal menjadi skutik pertama di Tanah Air yang bakal memercayakan sistem penguncian Keyless sehingga tidak diperlukan anak kunci kala menghidupkan motor ini. Di sisi lain, Yamaha Aerox 155 VVA ini pula dilengkapi dengan fitur Stop & Start System yang amat bermanfaat dalam menekan pemakaian bahan bakar pada dikala motor berhenti.

Tidak cuma itu aja, fitur lain juga pula ikut disematkan yakni Smart Motor Generator yang bakal menghasilkan suara mesin terdengar lebih halus pada saat dihidupkan di awal. Terdapat satu lagi fitur menarik yang jadi andalan Yamaha Aerox 155 VVA, ialah Electronic Power Socket yang dapat dipakai buat mengisi ulang smartphone kala berkendara. Di samping itu, sistem keyless Yamaha Aerox 155 VVA pula dilengkapi immobilizer serta Answer Back System yang buatnya terasa lebih mutahir serta memudahkan konsumennya mencari posisi motor kala berada diparkiran.

Tidak sampai di sana aja, buat mendukung keamanan maka Yamaha Aerox 155 VVA ini pun juga bakal dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System) yang akan jadi salah satu fitur yang diandalkan Yamaha Aerox buat bersaing dengan Honda Vario 150 eSP. Teknologi itu bakal memaksimalkan sistem pengereman serta menghindari penguncian roda kala mengerem secara tiba-tiba.

Sayangnya fitur ABS cuma ada pada roda depan mengenang untuk roda belakang masih mengenakan rem tromol. Meski begitu, Yamaha menjanjikan kalau detail Yamaha Aerox 155 VVA itu diisi dengan bermacam pertimbangan matang.

Harga Yamaha Aerox

Harga Yamaha Aerox 155 VVA versi standar dihargai dengan angka Rp 22,85 juta. Sedangkan buat versi S version Yamaha menaikkan harganya jadi Rp 27,2 juta. Sementara itu buat versi R Version tidak mendapatkan penyegaran sehingga harga jual dari Yamaha Aerox 155 VVA R Version ini tetap berada pada angka Rp 22,5 juta.

Pilih Mana: Yamaha Freego atau Yamaha Aerox?

Yamaha Freego Yamaha Aerox
Kelebihan - Memiliki fitur smart key - Memiliki ruang bagasi dengan diameter 25 liter - Memiliki smart front refeul- Mesin bertenaga dan responsif - Akselerasi sangat mumpuni - Memiliki speedometer digital
Kekurangan- Tidak memiliki kompartemen depan - Memiliki respons akselerasi yang cenderung lebih lambat- Tempat penyimpanan bagian depan minim - Jok belakang kurang nyaman

Kesimpulan

Yamaha tentunya selalu memikirkan spesifikasi dan performa dari motor besutan mereka agar konsumen senantiasa tetap memilih Yamaha untuk menemani mereka dalam melakukan perjalanan di kota atau semacamnya. Yamaha Freego dan Yamah Aerox sendiri adalah salah satu pilihan yang cocok banget buat kamu yang ingin memiliki motor dengan spesifikasi yang mumpuni. Jadi yang mana pilihan kamu ? Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha Freego vs Yamaha Aerox

VS

Leave a Reply