Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha Freego atau Yamaha Lexi?

Yamaha semakin memberikan produk kendaraan roda dua nya dengan kualitas dan performa yang sangat mumpuni untuk para konsumen di Indonesia. Seperti halnya Yamaha Freego dan Yamaha Lexi, kedua motor ini menjadi idaman untuk para anak muda dan juga orang dewasa. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua motor ini ? So kali ini saya akan membahas Yamaha Freego dan Yamaha Lexi. Disini aja ya..

Yamaha Freego

PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) resmi mengeluarkan skutik terbarunya yakni Yamaha FreeGo. Satu yang amat menarik bahwa walaupun baru saja dikeluarkan namun penjualannya amat besar. Apalagi, pada demonstrasi otomotif kendaraan roda 2 itu, skutik ini menduduki nilai pemasaran paling banyak disusul dengan Nmax.

Tentu saja, perihal itu ialah suatu kenyataan bila Yamaha FreeGo ini mempunyai segudang keunggulan serta kecanggihan yang tidak dapat dibantah lagi kehandalannya. Tidak sampai disitu aja, kedatangan skutik terkini ciptaan industri asal Jepang ini diklaim sanggup menggantikan Lexi yang telah dikeluarkan jauh-jauh hari sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Honda CB150R atau Yamaha Vixion?

Desain Yamaha Freego

Yamaha Freego sendiri memiliki rangka underbone dimensi 1905 x 690 x 1100 mm serta mempunyai sumbu roda 1275 mm. Buat mempermudah pengendaraan, Yamaha FreeGo ini dibuat dengan ketinggian tempat duduk 778 mm yang sesuai dengan badan kebanyakan orang Indonesia alhasil mempermudah pengemudi menjaga kesimbangan skutik dikala berhenti di lampu merah.

Selain itu, skutik terkini ciptaan Yamaha ini pula telah dilengkapi dengan bagasi 25 liter yang terletak di bawah jok sehingga mampu menampung satu unit helm Full Face Standar. Tidak sampai disitu aja, terlebih lagi skutik dengan berat 100 Kg ini pula telah dilengkapi tangki bahan bakar 4.2 liter dengan penutup model Smart Refuel di bagian depan alhasil pengisian bahan bakar lebih efisien tanpa butuh membuka jok.

Tentu saja, dengan bentuk rangka serta dimensi yang diusung detail Yamaha FreeGo itu bakal membuat skutik ini tampak begitu prima dengan bentuk bodi yang pas serta sempurna.

Mesin Yamaha Freego

Dalam soal permesinan, kali ini Yamaha FreeGo bakal membawa mesin handal dari jenis SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas kubikasi yang menggapai 125 cc. Mesin itu bakal dipadukan seiring dengan transmisi Full Automatic yang disokong kopling Single Dry Clutch. Sehingga, tidak heran bila Yamaha FreeGo ini diklaim sanggup memancarkan power up to 7.0 kW per 8000 rpm serta torsi puncak hingga pada 9.5 Nm per 5500 rpm. Dengan begitu, tidak heran bila akselerasi yang diperoleh skutik ini terhitung lumayan agresif di kelasnya.

Tidak hanya itu, tidak lupa pula kalau Yamaha FreeGo sendiri pula telah dilengkapi teknologi Blue Core ditambah dengan SMG yang memberikan suara mesin lebih lembut kala dihidupkan serta memberikan pengalaman berkendara hemat, efisien, serta berenergi. Tentu saja, berbekal mesin handal pada detail Yamaha FreeGo itu maka para pemakai bakal dimanjakan dengan penampilan yang agresif yang mengutamakan ramah lingkungan.


Fitur Freego

Perlu diketahui kalau skutik ini dibagi berdasarkan 3 varian dengan beberapa perbedaan. Yang sangat menonjol yakni fitur rem ABS. Dimana, teknologi pengereman ini cuma ada pada versi Yamaha FreeGo jenis S ABS aja yang dipastikan sanggup membuat gaya pengereman jadi lebih gampang serta maksimum dalam menahan laju motor.

Tidak hanya itu, perbedaan pula terdapat pada karakteristik smart Key System atau Keyless with Stop Start System (SSS) yang cuma ada pada model S serta S ABS aja. Di sisi lain, kick starter justru jadi fitur satu-satunya yang masih disematkan pada versi standar buat menghidupkan mesinnya.

Tidak hanya perbedaan fitur dari tiap versi, ketiganya memiliki kesamaan. Yakni sama- sama mengusung instrumen indikator full digital, Electric Power Socket sebagai pengisi daya gadget, Smart Front Refuel buat pengisian bahan bakar praktis tanpa membuka jok, serta bagasi besar berkapasitas 25 liter. Seluruh fitur- fitur yang diusung detail Yamaha FreeGo itu dipastikan akan memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Harga Yamaha Freego

Yamaha FreeGo ini bakal terbagi jadi 3 versi sesuai jenis. Buat jenis standar dihargai 19.7 juta. Sedangkan jenis S biayanya menggapai Rp 18.5 juta. Sementara itu, buat jenis paling tinggi, S ABS dipatok senilai Rp 22.5 jutaan. Semua data terpaut harga Yamaha FreeGo itu ialah harga OTR buat area DKI Jakarta aja ya guys.

Yamaha Lexi

Model yang akan jadi penantang Vario 125 ini dipastikan bakal lekas ada di bermacam dealer resmi Yamaha yang tersebar di Indonesia. Walaupun saat ini belum terdapat data komplit soal detail yang bakal diusung Yamaha Lexi 125, namun saat ini sudah mulai tersebar sebagian bocoran, terutama terpaut dengan bentuk skutik garapan Yamaha itu. Di mana, motor matik yang satu ini nampak lebih minimalis dengan bawa style konsep maxi yang amat kental dengan Yamaha Series.

Tetapi, yang cukup menonjol pada Maxi Yamaha ini ialah berbentuk tameng angin kecil serta lampu kuncinya yang saat ini nampak lebih besar dan didesain menyatu dengan lampu sein. Pasti aja, dari gambaran itu membuat para penggemar otomotif di Tanah Air juga terus menjadi penasaran dengan Yamaha Lexi 125 ini.

Desain Yamaha Lexi

Headlamp dibuat dengan dimensi lebih besar berpadu dengan kedua lampu sein. Pada lampu depan itu, dilengkapi dengan teknologi lampu Hazard yang yang dapat dipakai buat memberikan peringatan dikala kondisi gawat, semacam ban bocor atau mesin mogok. Tentu saja, ini jadi keunggulan tertentu untuk Yamaha Lexi 125.


Tidak hanya itu, cover bodinya pula serupa dengan bentuk yang dibawa NMAX, alhasil menambah kesan Maxi Skuter pada skutik terkini ciptaan Yamaha ini. Di samping itu, injakan kaki juga terbuat cukup minimalis tetapi senantiasa lega untuk kaki alhasil bakal memberikan posisi riding yang lebih aman.

Sementara itu, jok dibuat standar dengan mengikuti alur konsep bodi buat memberikan kenyamanan dalam berkendara, bagus untuk pengemudi ataupun penumpang. Tidak hingga di sana aja, bahkan pada komponen belakang pada detail motor Yamaha ini juga pula saat ini terbuat lebih modern dengan stop lamp bergaya futuristik versi skutik era saat ini yang membuatnya makin menawan.

Mesin Yamaha Lexi

Lexi 125 sendiri diketahui bakal dipersenjatai dengan mesin 125 cc yang telah dilengkapi dengan teknologi Bluecore. Mesin itu diperkirakan mampu memancarkan daya maksimum 12 PS pada 7.500 rpm serta torsi puncak 12 Nm per 7.250 rpm. Meski bekalan mesin yang dibawanya dapat dibilang serupa dengan model Mio 125 tetapi disegi lain, buat hal teknologinya beda. Alasannya, mesin terkini yang hendak dibawa skutik ini mendapat fitur katup variabel (VVA). Dimana, fungsi utama VVA itu sebagai media buat melindungi performa di rentang putaran mesin yang lebih luas.

Bawaan mesin pada Yamaha Lexi 125 itu tampaknya bertambah menarik. Bukan tanpa alasan, mengenang di Indonesia sendiri dikala ini lagi belum terdapat skutik 125 cc keluaran Yamaha dengan VVA.

Sepanjang ini VVA cuma dibenamkan pada motor berkapasitas mesin 155 cc, semacam Aerox, Nmax, R15 serta Vixion. Walaupun begitu, di dunia ada sebagian produk serupa Lexi, semacam Yamaha NVX 125 di Vietnam serta Nmax 125 di Jepang. Tentu saja, perihal itu jadi salah satu kelebihan dari zona dapur pacu yang diusung detail Yamaha Lexi 125.

Fitur Yamaha Lexi

Lexi 125 ini bakal dipersenjatai dengan fitur penghemat konsumsi bahan bakar yakni stop & start system (SSS). Sistem kerjanya sendiri lumayan efisien dalam menonaktifkan mesin secara otomatis dikala skutik berhenti lebih dari 5 detik. Terlebih mesin dari Yamaha Lexi 125 ini otomatis aktif, dikala pengemudi memutar tuas gas.

Tidak hanya itu, panel indikator full digital juga pula ikut jadi salah satu fitur buat mempermudah pengemudi dalam mengenali situasi motor yang lagi dikendarainya secara lebih informatif dengan bentuk modern. Tentu saja, dengan seluruh fitur yang diusung detail Yamaha Lexi 125 itu maka tidak bingung bila skutik ini akan jadi salah satu motor yang lumayan dinanti para konsumen di Indonesia.

Harga Yamaha Lexi

Untuk harganya sendiri, Yamaha mematok harga Rp 17.000.000 sampai Rp 20.000.000,- . Harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Yamaha Freego ya guys.

Pilih Mana: Yamaha Freego atau Yamaha Lexi?

Yamaha FreegoYamaha Lexi
Kelebihan - Memiliki seri ABS (Anti-lock Brake System) - Memiliki akselerasi yang cepat dan responsif - Memiliki pencahayaan yang lebih terang- Memiliki dek yang lebar - Memiliki power outlet 12VDC - Memiliki akselerasi yang sama seperti NMAX
Kekurangan- Belum menggunakan Cruise Control - Kapasitas mesin yang kurang besar- Jok yang terlalu tinggi - Bagasi yang tidak begitu luas

Kesimpulan

Yamaha Freego dan Yamaha Lexi adalah produk Yamaha yang dibuat agar penggunanya nyaman saat membawanya. Spesifikasi dari kedua motor ini juga sangat mumpuni dan tidak kalah saing dengan merek-merek lainnya yang bertebaran di Indonesia saat ini. So mana pilihan kalian ? Dapatkan motor kamu sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha Freego vs Yamaha Lexi

VS

Leave a Reply