Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha Mio S atau Honda Beat?

Yamaha Mio S dan Honda Beat ini punya banyak kesamaan. Mulai dari harga yang dibandrol di kisaran Rp 14-15 jutaan, sampai dengan desain motornya yang sporty.

Keduanya juga diluncurkan dalam waktu yang cukup berdekatan, sebagai varian anyar dari keluarga Yamaha Mio. Honda Beat mendapat penyegaran dari Honda, Jika kalian bingung untuk memilih, motor mana yang lebih bagus di antara Yamaha Mio S dan Honda Beat? Simak pembahasan lebih lanjut pada artikel di bawah ini:

Yamaha Mio S

Yamaha Mio S ini merupakan sebuah pembaharuan dari motor matic Yamaha Mio yang telah dibekali dengan beberapa fitur terbaru dari Yamaha yang pastinya lebih keren dan lebih menarik. Baca juga Pilih Mana: Yamaha Mio Z atau Yamaha M3?

Yamaha Mio S sebuah motor matic terbaru dari Yamaha yang hadir dengan tampilan desain terbaru pada bodi, lampu serta fitur canggih yang semakin menunjukan karakter elegan dan berkelas.

Yamaha Mio S hadir dengan konsep terbaru mereka yaitu ”Smart and Sophisticated”, Yamaha Mio S ini akan tampil dengan gaya yang baru serta tampilan desain motor yang lebih dinamis dan disertai ukuran body motor yang lebih ramping.

Spesifikasi Mio S

Desain
Desain yang diusung pada Yamaha Mio S ini lebih mengedepankan sisi dinamis dan tampilan yang lebih simpel. Kesan tersebut pun juga tampak jelas dari beberapa bagian pada Yamaha Mio S ini, mulai dari bagian depan yang tampak sebuah headlamp yang sangat stylish dengan teknologi LED sehingga menampilkan aura modern.

Yamaha Mio S pun mengusung desain yang lebih sporty dengan stoplamp stylish yang tampil lebih modern. Dengan demikian, secara keseluruhan sisi eksterior pada spesifikasi Yamaha Mio S ini pun terlihat lebih simpel dan slim yang sangat cocok dikendarai untuk menunjang aktivitas perkotaan.

Perfoma
Yamaha Mio S ini tetap memberikan yang terbaik bagi para konsumen setia Yamaha. Hal ini dibuktikan pada sektor mesin dari motor matic ini, dimana Yamaha Mio S ini telah mengusung mesin 4 tak bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin 125cc.

Torsi maskimum yang dapat dihasilkanya ialah sebesar 9.6 N.m pada putaran mesin mencapai 5500 rpm

Tidak hanya itu saja mesin tersebut juga telah dibekali dengan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC) yang memiliki perbandingan kompresi mesin sebesar 9,5 : 1 dengan diameter bore dan stroke yang masing-masing berukuran 52,4 mm  x 57,9 mm. Alhasil motor matic terbaru dari Yamaha ini dapat mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 7.0 kW dengan putaran mesin 8000 rpm.

Spesifikasi Yamaha Mio S
Tipe Mesin Air cooled, 4-stroke, SOHC
Kapasitas 125cc
Tenaga Maksimal 7.0kW/8000rpm
Torsi Maksimal 9.6N.m/5500rpm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,2 L
Tipe Rangka Underbone

Kelebihan Yamaha Mio S

  • Body lebih ramping
    Kelebihan pertama yang langsung bisa terlihat dari Yamaha Mio S dari sisi bodynya ialah desain body dirancang lebih ramping, ditambah dengan ruang pijakan kaki dirancang jauh lebih panjang. Sehingga para pengguna akan lebih merasa nyaman saat berkendara.
  • Dilengkapi fitur yang fungsional
    Beberapa fitur andalan Yamaha Mio S tersebut diantaranya adalah fitur answer back system, sebuah fitur yang akan memberi tahukan lokasi sepeda motor ketika anda sedang lupa tempat parkir sepeda motor ini.. Fitur unggulan lainnya pada Yamaha Mio S yaitu dari sisi fitur ialah fitur lock system, sebuah fitur yang akan mempermudah pengguna ketika harus berhenti pada posisi menanjak atau menurun.
  • Penggunaan BBM yang hemat
    Kelebihan lainnya pada Yamaha Mio S ini yaitu dengan mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc ditambah dengan adanya teknologi Blue Core yang akan memberikan tenaga lebih handal namun tetap hemat bahan bakar.

Kekurangan Yamaha Mio S

  • Velg rentan pecah dan bengkok
    Kekurangan Yamaha Mio S pertama yaitu velg masih rentan bengkok bahkan pecah ketika terlalu sering terkena lubang jalan, sehingga para pengguna sepeda motor yamaha mio s ini harus lebih berhati–hati ketika sedang berkendara.
  • Suara mesin berisik saat top speed
    Kekurangan Yamaha Mio S selanjutnya terdapat pada suara mesinnya yang terlalu bersisik ketika kecepatan tinggi, kekurangan Yamaha Mio S yang satu ini mungkin sudah menjadi salah satu kekurangan yamaha mio secara keseluruhan. Karena memang hampir semua mesin motor Yamaha Mio memiliki permasalah seperti itu.
  • Harga jual kembali turun
    Sedangkan untuk kekurangan Yamaha Mio S berikutnya yaitu harga jual kembalinya yang terlalu turun, hal tersebut mungkin dikarenakan oleh para peminat motor yamaha matic yang sekarang ini sudah mulai turun dan beralih kepada kompetitornya. Sehingga hal tersebut membuat harga jual kembali motor Yamaha menjadi turun.

Honda Beat

Honda Beat hadir dengan mengusung pembaruan pada bagian desainnya, dan penambahan fitur baru yang membuatnya semakin canggih dibandingkan generasi sebelumnya. Fitur yang sangat menonjol adalah hadirnya fitur ECO Indicator yang berguna untuk mengoptimalkan gaya berkendara agar semakin irit. Tidak hanya itu saja, motor matic ini juga menawarkan perubahan desain yang membuatnya terlihat semakin sporty.

Seperti yang terjadi belum lama ini bahwa pabrikan otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini telah merilis sebuah skuter matik yang dibekali teknologi canggih, yaitu Honda BeAT eSP.

Honda Beat eSP ini datang dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu Enhanced Smart Power yang diklaim dapat lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain itu, yang menjadi daya tarik tersendiri dari Honda Beat eSP ini yaitu bahwa motor matic ini berbeda dari generasi sebelumnya di mana Honda Beat eSP ini telah dibekali dengan bermacam fitur-fitur canggih dengan fungsionalitas tinggi yang siap memberikan kenyamanan kepada pengemudinya.

Lihat juga:  Pilih Mana: KIA Picanto atau Hyundai I10?

Spesifikasi Honda Beat

Desain
Honda Beat eSP hadir dengan balutan desain baru yang terlihat lebih segar dan memiliki desain lebih ramping yang menambah kesan sporty tampilan luarnya. Tidak hanya itu saja, motor matic ini juga menawarkan garis bodi lebih tegas dengan berbagai pilihan warna striping yang lebih menarik dibandingkan Honda Beat generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk dimensinya, motor matic ini memiliki bodi berukuran panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan ketinggian 1.068 mm. Honda Beat juga menawarkan desain headlamp baru yang menggabungkan lampu sein dengan lampu utama. Untuk lampu sein-nya berada diatas dan dibuat dengan bentuk meruncing yang terlihat sangat sporty.

Performa
Honda BeAT eSP tersebut dengan mesin tipe SOHC berpendingin udara 4 langkah dengan kapasitas mesin hingga 110 cc dan mengusung teknologi eSP. Mesin tersebut akan mampu menghasilkan tenaga sebesar 8.68 Ps setiap sampai pada putaran ke 7.500 rpm.

Honda BeAT eSP ini mampu mencapai maksimum torsi hingga 9.01 Nm pada putaran ke 6.500 rpm

Kemudian, kekuatan yang dihasilkan dari semburan mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis yang berteknologi V-Matic. Dengan adanya teknologi eSP maka Honda BeAT eSP ini akan sangat menjadi lebih irit bahan bakar.

Spesifikasi Yamaha Mio S
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Kapasitas 110 cc
Tenaga Maksimal 6.38 kW @7.500 rpm
Torsi Maksimal 9.01 Nm @6.500 rpm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 L
Tipe Rangka Back Bone

Kelebihan Honda Beat

  • Performa mesin handal
    Dibekali dengan tipe mesin 4 tak SOHC berpendingin udara yg memiliki kapasitas 110 cc menjadikan salah satu dari kelebihan honda beat eSP dan mesin motor honda tersebut mampu memberikan daya maksimal mencapai 7.500 rpm serta mampu memberikan torsi maksimal mencapai 6.500 rpm. Sehingga dapat dipastikan jika Honda Beat ini akan melaju cukup kencang dijalan.
  • Lincah dan gesit
    Dengan dimensi 1.856 x 666 x 1.068 mm, Honda Beat eSP ini bisa dapat di katakan sebagai motor matic yang paling ramping saat ini di Indonesia. Sehingga dengan bodi yang ramping tersebut, membuat motor ini sangat gesit dan lincah.
  • Penggunaan bahan bakar yang irit
    Honda Beat dilengkapi dengan sistem bahan bakar PGM-FI yang menjadikan konsumsi bahan bakar motor Honda Beat eSP ini menjadi lebih irit, sehingga para pengguna dapat menyisihkan budget bahan bakar yang tersisa untuk keperluan yang lainnya.

Kekurangan Honda Beat

  • Material body tipis
    Kekurangan lainnya yang terdapat pada Honda Beat eSP ialah pada matrial bodi, dimana bahan yang digunakan untuk membuat bodi motor Honda Beat eSP ini sangat tipis. Sehingga bodi motor matic ini akan lebih mudah retak atau bahkan pecah ketika berbenturan dengan sesuatu.
  • Ukuran bagasi kecil
    Ukuran bagasi yang kecil. pengemudi tidak bisa menaruh barang bawaan dengan jumlah yang banyak pada bagasi motor. Oleh karena itu jika ingin membawa barang bawaan dengan jumlah yang banyak, anda perlu menambahkan box di bagian belakang.
  • Ruang pijak terlalu sempit
    Kekurangan Honda Beat eSP yang lainnya yaitu ruang pijak yang terlalu sempit sehingga pengemudi tidak terlalu bebas memposisikan kaki kakinya jika mengendarai motor ini jarak jauh. Hal ini dikarenakan motor ini cocok dikendarai oleh ukuran tubuh yang kecil.

Pilih Mana: Yamaha Mio S atau Honda Beat?

Yamaha Mio S Honda Beat
Kelebihan - Body lebih ramping - Dilengkapi fitur yang fungsional - Penggunaan BBM yang hemat - Performa mesin handal - Lincah dan gesit - Penggunaan bahan bakar yang irit
Kekurangan - Velg rentan pecah dan bengkok - Suara mesin berisik saat top speed - Harga jual kembali turun - Material body tipis - Ukuran bagasi kecil - Ruang pijak terlalu sempit

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai kedua motor matic Yamaha Mio S dan Honda Beat pada artikel di atas dan dapat kita ambil kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Namun, keduanya mempunyai kesamaan dari sisi kelebihannya yaitu konsumsi bahan bakar yang irit. Oleh sebab itu, dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera kalian berdasarkan spesifikasi keduanya ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha Mio S vs Honda Beat

VS

Leave a Reply