Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha Mio Z atau Yamaha M3?

Yamaha dari dulu sampai sekarang selalu mengedepankan kenyamanan dan spesifikasi yang canggih pada produk motornya. Seperti halnya Yamaha Mio Z dan Yamaha M3 yang menjadi andalan untuk beberapa orang khususnya anak muda.

Yamaha Mio Z dan Yamaha M3 memiliki desain yang cukup modern dan beberapa fitur yang canggih sehingga memberikan kenyamanan bagi para pemakainya untuk menyusuri jalanan kota.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai detail dari Yamaha Mio Z dan Yamaha M3 agar bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilih motor andalan kamu. Disini aja ya guys!

Yamaha Mio Z

Pada tanggal 30 Maret 2016 yang lalu, Sirkuit Sentul menjadi saksi bisu kehadiran Yamaha Mio Z secara resmi di Indonesia. Dengan kehadiran motor ini akhirnya lengkap sudah varian skuter matik dari Yamaha disamping yang kita tahu yaitu Yamaha Mio M3, Yamaha NMAX, All New Yamaha Soul GT, New Yamaha Fino 125 Blue Core serta Yamaha Aerox.

Yamaha Mio Z adalah motor kelas matik 125 cc yang dibekali dengan teknologi Blue Core. Yamaha Mio Z ini bisa dibilang kembaran dari Yamaha Mio M3. Perbedaannya cuma terdapat pada desain bagasi Yamaha Mio Z lebih lapang dan ukuran bannya saja.

Desain Yamaha Mio Z

Dari depan, Yamaha Mio Z dibekali headlamp yang terlihat lebih modern dan tajam dengan gaya konsep M-Shape Headlamp. Kemudian pada bagian samping, Yamaha Mio Z didesain dengan bentuk yang begitu ramping dan memperlihatkan kesan stylish.

Untuk urusan striping, bisa dikatakan terlihat bagus dengan konsep grafis minimalis namun senantiasa menampilkan kesan elegan. Lanjut pada sektor jok dan handle seatnya memakai M Style yang menampilkan aura futuristik dan modern.

Kemudian, pada segmen buritannya, Yamaha Mio Z ini mempunyai bodi belakang bergaya Smokey Tail Lamp yakni lampu belakang dengan konsep ‘racy’ lengkap dengan akses smoke yang mempunyai karakter tegas. Baca juga Pilih Mana: Honda Beat atau Yamaha Mio?

Mesin Yamaha Mio Z

Mesin yang dipakai pada skuter matik ini merupakan mesin dengan sistem transmisi otomatis bertipe V-Belt Automatic dengan rasio kompresi pembakaran yang dinilai lumayan tinggi, yakni 9,5:1. Selain itu, tipe kopling yang dipakai oleh Yamaha Mio Z ini berjenis Dry, Centrifugal Automatic.

Dengan berbekal tipe mesin Air Cooled 4-Stroke SOHC, mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,0 kW pada putaran 8.000 rpm serta torsi maksimal 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm lengkap dengan sistem pelumasan Wet Sump yang akan menambah dorongan motor matic ini lebih bertenaga dan lincah.

Di samping itu, detail Yamaha Mio Z ini mengandalkan sistem pengapian TCI dan dengan sistem pembakaran Fuel Injection akan menjadikan bahan bakar lebih hemat dan efisien.

Fitur Yamaha Mio Z

  1. Eco Indikator
    Memastikan pengemudi bisa mengendalikan Yamaha Mio Z ini dengan lebih efisien agar hemat dalam konsumsi BBM sebesar 50% bila dibanding dengan matic Yamaha keluaran 2008.
  2. Multifunction key dan Smart lock
    Multifunction key mempunyai 3 fungsi, yakni kunci stang, kunci kontak, dan kunci kunci untuk membuka bagasi. Kemudian, fungsi dari smart lock system menjadikan Yamaha Mio Z ini lebih gampang saat mengunci rem di jalanan menanjak secara otomatis dengan mengklik fitur ini dari jari pengemudi.
  3. Smart side stand switch
    Fitur itu akan menjadikan lebih aman ketika memarkirkan Yamaha Mio Z ini karena bisa langsung mematikan mesin motor pada waktu standar samping diturunkan.

Kelebihan Yamaha Mio Z

  • Kapasitas mesin gahar
    Memakai tipe mesin Air Cooled 4 Stroke yang memiliki besaran Volume Mesin sebesar 125 cc dengan takaran 52.4 mm x 57.9 mm. Terlebih kapasitas mesin itu sudah memakai sistem transmisi otomatis bertipe V–Belt Automatic dengan Rasio Kompresi Pembakaran sebesar 9,5:1.
  • Sistem pengapian merk TCI
    Yamaha Mio Z ini sudah memakai Sistem pengapian merk TCI dengan sistem pembakaran memakai Fuel Injection yang akan memberikan tingkat hemat dan irit bahan bakar motor yang sudah baik.
  • Desain bodi menarik
    Yamaha Mio Z sudah dibuat dengan desain bodi yang simpel, stylish dan ramping sehingga Motor Yamaha Mio Z ini akan amat mudah saat dipakai untuk bermanuver di jalanan kota besar yang rawan macet dan memiliki volume kendaraan yang padat merayap setiap harinya.

Kekurangan Yamaha Mio Z

  • Harga mahal
    Kelemahan Motor Mio Z pertama yaitu memiliki harga motor Yamaha Mio Z yang lebih mahal bila dibanding dengan harga Yamaha Mio M3, padahal bila diamati dari detail serta fitur-fitur yang ditawarkannya tidak begitu jauh berbeda antara Yamaha Mio Z dengan Yamaha Mio M3 ini.
  • Belum memakai LED
    Saat ini banyak motor matic menggunakan lampu LED untuk penerangan saat menyusuri jalanan. Hal inilah yang belum disematkan oleh Yamaha Mio Z, sehingga menjadi kekurangan yang cukup menjadi pertimbangan para calon pembeli.
  • Desain mirip dengan Honda Vario 110 cc
    Memiliki tampilan depan bodi yang sekilas mirip dengan desain bodi depan motor Honda Vario 110 cc, cuma saja bagian ke belakang dan sampingnya sudah terlihat elegan dan stylish.
Spesifikasi Yamaha Mio ZKeterangan
Tipe Mesin Satu silinder, 4 tak, berpendingin udara, SOHC
Kapasitas 125cc
Tenaga Maksimal 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimal 9,6 Nm / 5500 rpm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.2 liter
Tipe Rangka Underbone
Harga Rp 15.100.000,- per Oktober 2019

Yamaha M3

Diproduksi di penghujung tahun 2014, Yamaha Mio M3 125 Blue Core membawa banyak perubahan untuk pelanggan supaya dapat bersaing dengan kompetitornya.

Sesuai namanya, skutik ini memang lahir dengan mesin baru yang dinamakan teknologi Blue Core menggeser teknologi YMJET FI yang lebih dulu dipakai di generasi Mio sebelumnya.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core mempunyai konsep yang universal, yakni cocok untuk semua kalangan, dengan tampilan yang simple, trendy dan tentunya semakin sporty. Melalui desain yang baru ini diharapkan oleh Yamaha bisa kembali mendominasi pasar motor skutik yang saat ini memang tidak seramai pasar motor sport mereka.

Desain Yamaha M3

Desain lampu depan atau headlamp pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang saat ini terlihat lebih modern, meskipun belum berteknologi LED. Desain fisik Mio M3 125 generasi baru ini sendiri terhitung cukup keren dengan model M-Shape Headlamp yang mulai jadi tren headlamp Mio M3 series.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mazda Mpv atau Honda Odyssey?

Berpindah ke body samping, Yamaha Mio M3 125 Blue Core didesain dengan tingkat kenyamanan cukup tinggi dengan body yang begitu ramping dan pas, serta dipadukan sayap yang mempunyai layer sehingga membuat motor matik Yamaha yang satu ini terlihat lebih sporty serta stylish.

Alhasil, bila dilihat dari desain yang disuguhkan oleh Yamaha Mio M3 125 Blue Core, motor ini sesuai dipakai untuk semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan dengan segala klasifikasi umur.

Lalu untuk sektor buritannya, Yamaha Mio M3 125 Blue Core mempunyai body belakang yang bertema Smokey Tail Lamp, yaitu lampu belakang berdesain ‘racy’ dengan aksen smoke yang berkarakter tegas.

Mesin Yamaha M3

Mesin pada motor ini akan sanggup menghasilkan daya maksimum mencapai 7.0 Kw/8000 rpm dan torsi maksimal mencapai 9.6 Nm/5500 rpm. Kelebihan mesinnya, berat mesin berteknologi Blue Core pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini cuma mencapai 32,6 kg yang terasa paling enteng di kelasnya.

Mesin yang menggawangi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini mampu berpacu secara responsif pada setiap putaran mesinnya berkat hasil dari kombinasi desain jalur aliran udara model baru dan throttle body berukuran 24 mm dan injektor 4 lubang.

Walaupun mempunyai rasio kompresi yang cukup tinggi, Yamaha mengklaim jika Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini mempunyai pembakaran 50% lebih hemat dan peningkatan performa signifikan dibanding dengan model generasi awal Mio yang kala itu masih memakai mesin karburator.

Selain efisien dalam peningkatan proses pembakaran, mesin Yamaha Blue Core ini dalam bekerja meminimalisir daya gesek dan termasuk mempunyai ketahanan yang bagus berkat komponen DiAsil Cylinder serta Forged Piston yang telah teruji.

Fitur Yamaha M3

  1. Eco Indicator
    Eco Indicator pada Yamaha Blue Core ini terletak di bagian kiri atas sehingga memastikan pengemudi dapat mengendalikan motor lebih efisien supaya irit dalam konsumsi BBM.
  2. Smart lock system
    Fungsi smart lock system membuatnya mudah saat mengunci rem di jalan menanjak atau menurun dengan otomatis dengan mengklik fitur ini dengan jari pengemudi.
  3. Smart side stand switch
    Fitur lain yang ada pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core yaitu Smart Side Stand Switch yang akan membuatnya lebih aman ketika memarkirkan motor karena bisa langsung mematikan mesin ketika standar samping diturunkan.

Kelebihan Yamaha M3

  • Tampilan stylish dan berkarakter
    Kelebihan Yamaha Mio M3 125 pertama yang akan kita jelaskan pada kamu yakni desain motor yang begitu stylish dan berkarakter. Dengan wajah motor yang stylish dan futuristik tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi setiap pengendaranya.
  • Sangat stabil
    Stabilnya motor saat melakukan akselerasi tidak lepas dari pemakaian rangka berjenis Underbone yang dipadukan dengan tipe suspensi yang begitu baik sehingga memberikan handling yang sempurna.
  • Gesit dan lincah
    Motor ini gesit dan lincah berkat dimensi motor yang tidak begitu besar namun juga tidak kecil. Belum lagi kemasan body yang aerodinamis tentu akan menambah kemudahan pengguna pada saat melakukan zig zag atau manuver di berbagai karakter jalanan termasuk jalanan perkotaan yang terkenal macet serta padat.

Kekurangan Yamaha M3

  • Posisi kemudi kurang nyaman
    Posisi kurang nyaman khususnya pada motor ini saat dipakai untuk perjalanan jauh. Dengan posisi tempat duduk dengan stang yang cukup jauh, membuat pengemudi akan cepat capek khususnya pada bagian tangannya.
  • Desain headlamp kurang inovatif
    Banyak yang menilai desain lampu pada motor ini sama halnya dengan kompetitornya sehingga banyak yang menilai headlamp pada motor ini kurang inovatif.
  • Jok kurang nyaman
    Kekurangan Motor Yamaha Mio M3 yang lainnya adalah jok kurang nyaman. Perihal ini disebabkan ukuran jok yang tidak begitu luas, ditambah lagi dengan bentuk jok yang terlalu datar membuat pengemudi atau penumpang merasa kurang nyaman khususnya pada saat melakukan perjalanan jauh.
Spesifikasi Yamaha M3Keterangan
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC, berpendingin udara
Kapasitas 125cc
Tenaga Maksimal 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimal 9,6 Nm / 5500 rpm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.2 liter
Tipe Rangka Underbone
Harga Rp 14.550.000,- per Oktober 2019

Pilih Mana: Yamaha Mio Z atau Yamaha M3?

Yamaha Mio ZYamaha M3
Kelebihan - Kapasitas mesin gahar - Sistem pengapian merk TCI - Desain bodi menarik - Tampilan stylish dan berkarakter - Gesit dan lincah - Sangat stabil
Kekurangan - Harga mahal - Belum memakai LED - Desain mirip dengan Honda Vario 110 cc - Posisi kemudi kurang nyaman - Desain headlamp kurang inovatif - Jok kurang nyaman

Kesimpulan

Setelah kita ulas lebih dalam mengenai Yamaha Mio Z dan Yamaha M3 diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini tentu sangat mumpuni untuk kamu bawa ke jalanan. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan motor andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha Mio Z vs Yamaha M3

VS

Leave a Reply