Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha MT-15 atau Vixion R 155?

Memiliki motor yang gagah serta memiliki beberapa fitur menarik tentu menjadi dambaan bagi beberapa orang, khususnya laki-laki yang mana setiap harinya akan menemani mereka melewati jalanan kota. Yamaha hadir memberikan jawaban dimana mereka memproduksi motor laki-laki dengan performa yang oke, seperti halnya Yamaha MT-15 dan Vixion R 155. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua motor ini? Kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha MT-15 dan Vixion R 155. Disini aja ya.

Yamaha MT-15

Keluarga Naked Bike Yamaha mendapat satu anggota baru, yakni Yamaha MT-15. Awal Oktober 2018 Yamaha MT-15 resmi dikeluarkan. Perihal ini menjawab sudah persoalan penggemar otomotif mengenai kapan diluncurkan motor ini Sebab prototypenya sendiri sudah cukup lama dicoba.

Pada peresmian motor Yamaha MT-15 sendiri pula ikut dihadiri oleh Valentino Rossi. Butuh diketahui pula kalau peresmian motor ini setelah perhelatan MotoGP di Sirkuit Buriram. Sehingga peresmian sah motor Yamaha MT- 15 dirasa amat istimewa.

Yamaha MT-15 sendiri didatangkan buat mengambil alih Yamaha Xabre dari bagian nama. Akan tetapi motor Yamaha MT-15 terkini dikeluarkan buat pasar Thailand. Sedangkan buat Indonesia masih belum terdapat berita lanjutan buat kedatangan motor Yamaha MT-15.

Akan tetapi, kemungkinan besar motor Yamaha MT-15 bakal masuk pasar Indonesia pula, alasannya prototypenya telah dicoba percobaan di jalanan Tanah Air. Lebih jelasnya sendiri tunggu saja berita berikutnya dari Yamaha Indonesia terpaut motor Yamaha MT-15. Baca juga Pilih Mana: Honda PCX Electric atau Yamaha NMAX?

Desain Yamaha MT-15

Secara postur, MT-15 memiliki ukuran 1. 965 mm x 800 mm x 1. 065 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.335 mm serta bobot isi 133 kg. Kemudian hal yang paling banyak jadi atensi tentu saja bentuknya yang gagah, padat serta terlihat sangar. Sasis deltabox juga berikan efek kekar dengan komponen besi kotak yang terekspos amat jelas.

Bentuk batok lampu seperti topeng dengan sepasang mata yang sedang memicing, dan itu merupakan lampu DRL (Daytime Running Light) LED dengan mika yang buram. Di bawahnya terdapat lampu proyector yang sudah LED, yang jadi sumber penerangan utamanya. Jelas cahaya lampu bakal fokus. Detail proyektornya juga keren, dengan sirip-sirip buat membantu mendinginkan temperatur lampu.

Bentuk batok lampu ini secara keseluruhan terdapat unsur MT Series (MT-09 dan MT-10) yang memiliki konsep semacam topeng. Untungnya batok lampu yang keren ini enggak bakal tertutupi plat nomor nantinya, sebab Yamaha memberikan dudukan di bawah lampu utama. Ciri khas MT Series yang lain juga terlihat dari lekukan tangki serta shroud dengan kisi-kisi yang tertutup jaring- jaring kawat.

Mesin Yamaha MT-15

Setelah itu untuk mesin, Yamaha MT-15 memiliki detail yang mirip dengan R15 juga loh. Kapasitas 155 cc, SOHC, 4 katup pendingin cairan serta injeksi bahan bakar pastinya. Diameter piston dan langkahnya juga sama, 58 milimeter serta 58,7 milimeter. Maka peak power serta torsinya juga sama, tenaga puncak 19 Hp @10.000 rpm, dengan torsi 14, 7 Nm @8.500 rpm. Mesin ini telah dilengkapi dengan sistem katup VVA (Variable Valve Actuation) buat melindungi performa senantiasa stabil ditiap putaran mesin.

Fitur Yamaha MT-15

Kelengkapan motor ini terhitung pas, enggak banyak tapi cukupan serta sesuai motor-motor keluaran terkini. Misal lampu depan-belakang sudah LED, walaupun lampu seinnya masih menganut bohlam biasa. Setelah itu panel spidometer sudah full digital, yang memiliki bentuk persis R15 dengan bentuk layar negatif display.

Isi layarnya lengkap dari spidometer, takometer, trip A-B, trip fuel, konsumsi BBM rata- rata serta real time, posisi perseneling, fuel meter serta indikator VVA. Diluar itu terdapat indikator gigi netral, check engine, temperatur mesin, lampu sein, lampu jauh serta shift light yang letaknya di tengah-tengah atas spidometer.

Harga Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 cuma mempunyai satu versi, sedangkan buat harganya berkisar di angka sebesar Rp35.335.000,-

Vixion R 155

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi mengeluarkan 2 Vixion Series, ialah Yamaha All New Vixion 150 serta Yamaha Vixion R 155. Peresmian kedua motor produksi industri berlogo garpu tala itu dipublikasikan pada ajang demonstrasi otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS).

Naked bike yang akan jadi kompetitor Honda CB150R serta Suzuki GSX S-150 ini memanglah jadi salah satu produk ciptaan Yamaha yang lumayan menarik batin para penggemar otomotif di Indonesia. Alasannya, motor yang didesain dengan style sporty serta futuristik bernama Yamaha Vixion R 155 ini bakal muncul dengan bekalan detail yang lebih unggul di barisan Vixion Series. Pasti, sangat wajar sekali bila motor naked teranyar yang baru saja diluncurkan ini jadi idaman para penggemar naked bike.

Desain Vixion R 155

Dari bentuk pada sektor depan saja sudah terlihat begitu agresif di mana Yamaha Vixion R 155 ini mengusung headlamp berteknologi LED dengan bentuk yang cukup menarik serta memikat, seperti membentuk huruf “V”. Sehingga, tidak hanya sanggup membagikan pencahayaan yang cukup terang, tentu aja bentuknya bakal semakin garang serta gagah. Apalagi, lampu Hazard juga pula ikut disematkan pada Yamaha Vixion R 155 ini buat berikan tanda darurat kala terjadi musibah pada pengemudinya.

Tidak hanya itu, dari segi dimensi pun juga dinilai telah cocok di mana Yamaha Vixion R 155 bakal mengangkat format dengan panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, ketinggian 1.025 mm serta mempunyai jarak sumbu roda 1.320 mm. Dimensi format yang sedemikian itu ideal itu bakal sanggup membagikan keseimbangan yang pas serta posisi berkendara yang nyaman.

Motor ini pula mempunyai velg yang disampul ban jenis Tubeless berukuran 90/80-17M/C di bagian depan serta ban berukuran 130/70-17M/C pada bagian belakang. Tidak cukup sampai di sana aja, detail Yamaha Vixion R 155 ini juga pula bakal dibekali pengereman Disc Brake pada bagian depan maupun belakang yang dinilai cukup handal.

Mesin Vixion R 155

Yamaha Vixion R 155 ini bakal memercayakan mesin berkapasitas 155.1 cc dengan tipe SOHC 4 katup serta 4 langkah. Mesin yang dibawa naked bike ini bakal sanggup menciptakan daya yang begitu powerfull di mana sanggup menggapai batasan titik maksimum sampai 19.3 Hp (14.2 Kw) tiap putaran ke 10.000 rpm serta sanggup menggapai titik puncak torsi sampai 14.7 Nm. Maka, bakal sangat wajar bila Yamaha Vixion R 155 ini sanggup maju begitu pesat serta super kencang.

Di bagian lain, yang lumayan menarik kalau sektor dapur pacu yang diusung motor naked ini bakal dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang sedia melindungi daya serta torsi maksimal serta menyeluruh pada tiap putaran mesin. Alhasil, penampilan yang dihasilkannya juga bakal senantiasa normal. Di samping itu, tidak ketinggalan pula pada Yamaha Vixion R 155 sistem pendingin Liquid Cooled juga tersematkan pada ruang olah pacunya buat melindungi temperatur supaya senantiasa sejuk serta stabil.

Selain itu, sistem bahan bakar Fuel Injection juga pula ikut disematkan pada jantung pacunya alhasil bakal membuat konsumsi materi bakar jadi lebih hemat serta efisien dengan perbandingan kompresi 11.6:1. Alhasil, tidak hanya sanggup memberikan performa yang powerfull, detail Yamaha Vixion R 155 pada zona dapur pacunya ini juga pula akan menjadikannya sebagai naked bike ramah lingkungan.

Fitur Vixion R 155

Fitur yang pertama buat mendukung keamanan maka naked bike ciptaan Yamaha ini telah dibekali rem cakram yang cukup handal dalam mengatur laju dari motor. Tidak hanya itu, untuk semakin menaikkan kesempurnaan motor, Yamaha Vixion R 155 juga pula bakal dilengkapi juga dengan teknologi DiASIL Cylinder serta Forgen Piston di mana kedua fitur ini bakal sanggup mendukung daya tahan mesin jadi lebih awet, kuat, serta enteng. Apalagi, pada bagian belakang juga bakal dilengkapi spakbor (mud guard) berdesain gantung yang dapat dilepas sewaktu-waktu.

Tidak cuma itu, jalur kabel pada Yamaha Vixion R 155 juga dapat dipakai buat mendukung USB Charger sebagai alat buat mengisi energi baterai pada smartphone. Alhasil, bisa juga dianggap fitur yang bakal dibekalkan Yamaha pada motor ini tergolong cukup sangat lengkap serta membuatnya pantas menyandang julukan “LIVE THE LEGEND”.

Harga Vixion R 155

Yamaha Vixion R 155 ini akan tembus di angka Rp 30 jutaan mengingat detail serta fitur yang diusungnya berada di atas setingkat Vixion Standar.

Pilih Mana: Yamaha MT-15 atau Vixion R 155?

Yamaha MT-15Vixion R 155
Kelebihan - Memiliki suspensi teleskopik upside-down - Mesin berpendingin cair - Full digital speedometer- Sudah dilengkapi lampu hazard - Speedometer full digital - Memiliki teknologi VVA
Kekurangan- Harganya cukup mahal - Belum dibekali fitur keyless- Jok yang tinggi - Bantingan suspensi keras

Kesimpulan

Yamaha MT-15 atau Vixion R 155 menjadi motor yang diidam-idamkan oleh kebanyakan laki-laki khususnya para kaum milenial, mengingat spesifikasi dan performa yang diberikan oleh kedua motor besutan Yamaha ini. Tentukan motormu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MT-15 vs Vixion R 155

VS

Leave a Reply