Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha MT-15 atau Yamaha Xabre?

Yamaha memiliki banyak motivasi untuk mengeluarkan produk kendaraan roda dua dengan mutu dan kualitas yang sangat mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota, apalagi kota yang kerap macet. Tentunya motor juga harus memiliki mesin dan spesifikasi yang gesit agar nyaman untuk dibawa. Seperti halnya Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre, kedua motor ini dikenal gesit dan berenergi. Penasaran dengan detail lebih lanjut dengan kedua motor ini? Langsung aja kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre. Stay tune ya.

Yamaha MT-15

Keluarga Naked Bike Yamaha mendapat satu anggota baru, yakni Yamaha MT- 15. Awal Oktober 2018 Yamaha MT- 15 resmi dirilis. Perihal ini menjawab sudah pertanyaan penggila otomotif mengenai kapan diluncurkan motor ini. Sebab prototypenya sendiri sudah cukup lama diuji.

Pada peresmian motor Yamaha MT-15 sendiri juga ikut dihadiri oleh Valentino Rossi. Perlu diketahui pula kalau peresmian motor ini setelah perhelatan MotoGP di Sirkuit Buriram. Alhasil peluncuran resmi motor Yamaha MT-15 dirasa amat istimewa.

Yamaha MT-15 sendiri didatangkan buat menggantikan Yamaha Xabre dari bagian nama. Akan tetapi motor Yamaha MT-15 terkini dirilis buat pasar Thailand. Sedangkan buat Indonesia masih belum terdapat berita lanjutan buat kehadiran motor Yamaha MT-15. Baca juga Pilih Mana: Vespa GTS 300 atau Vespa GTS Super 300?

Desain Yamaha MT-15

Sebagai pengganti Yamaha Xabre, motor Yamaha MT-15 tidak kalah garang buat hal desainnya. Pasalnya motor Yamaha MT-15 memakai konsep dengan tema Dark Side of Japan. Sehingga opsi warna yang ditawarkan amat eksklusif.

Dari segi tampilannya sendiri amat jauh berbeda dengan Yamaha Xabre. Perihal ini terlihat pada lampu depan motor Yamaha MT-15 yang nampak lebih gahar yang dibagi 2, yakni lampu kanan dan kiri, dan lampu yang terletak di bawah sisi tengah.

Tidak hanya itu, motor Yamaha MT-15 sudah memakai lampu LED yang dipanggil Kumadori. Opini yang terdapat dari lampu ini adalah modern serta futuristik. Kesan modern ini nyatanya masih ditopang dengan kesan klasik, yakni terletak pada konsep lampu sein. Konsep desain lampu sein pada motor Yamaha MT-15 merupakan tabung tradisional pada komponen depan serta belakang.

Mesin Yamaha MT-15

Konsep desain motor Yamaha MT-15 terkesan gahar, tetapi bagaimana dengan mesinnya? Bila mesin tidak memiliki penampilan yang istimewa, tentu cukup mengecewakan motor baru Yamaha MT-15 ini. Terlebih berkedudukan sebagai pengganti Yamaha Xabre.

Terletak di keluarga MT pastinya motor Yamaha MT-15 bakal memiliki karakteristik khas mesin MT yang populer dengan torsi melimpah. Tidak hanya itu, butuh diketahui pula kalau motor Yamaha MT-15 ini memakai mesin yang sama dengan All New R15.

Motor Yamaha MT-15 memakai mesin 155 cc, 1-piston 4-katup. Dari mesin jenis ini, motor Yamaha MT-15 dapat menciptakan daya sebesar 19 Hp pada 8.900 rpm dengan torsi puncak menggapai 14.7 Nm pada 7.000 rpm.

Motor baru dari Yamaha ini pula dilengkapi dengan sistem intelligent nozzle yang bermanfaat buat menstimulasi adrenalin para bikers. Bukan cuma itu, dengan terdapatnya assist & slipper clutch, motor Yamaha MT-15 bakal terasa lembut saat dikendarai, terlebih dikala memindahkan gigi.

Fitur Yamaha MT-15

Salah satu fitur andalan Yamaha MT-15 merupakan speedometer full digital yang dilengkapi Shift Timing Light buat memudahkan pengemudi memperoleh performa maksimal dikala melakukan perpindahan gigi. Konsep speedometernya nampak serupa dengan yang dipunyai Yamaha R15. Beragam data berkendara bakal ditampilkan pada panel digital itu, semacam odometer, trip meter, sisa bahan bakar, serta gear position.

Fitur motor bermesin 155cc ini memanglah lumayan komplit. Seperti yang telah kita ketahui, Yamaha MT-15 sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur itu mempunyai 2 guna berbeda. Dimana buat Assist bermanfaat buat meringankan kopling serta Slipper Clutch buat memperhalus perpindahan gigi. Kemudian terdapat juga karakteristik lampu Hazard sebagai ciri dalam keadaan darurat kala berkendara.

Harga Yamaha MT-15

Buat harganya sendiri, Yamaha MT 15 dipatok seharga Rp 34.500.000,- .Tentunya cocok banget buat kamu para kaum milenial untuk membawa motor ini ke jalanan kota.

Yamaha Xabre

Nyaris selama sepekan terakhir, berita mengenai Yamaha Xabre 150 menemukan atensi yang cukup besar dari penggemar otomotif roda 2 di Tanah Air. Informasi bakal segera adanya keluarga terkini Yamaha MT Series itu terus menjadi gempar kala di Thailand sana Xabre 150 sudah lebih dahulu nongol dengan nama Yamaha M-Slaz.

Walaupun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum memberikan penjelasan resmi mengenai kedatangan Xabre 150, tetapi banyak yang beranggapan kalau sosok M-Slaz Thailand-lah yang nanti bakal diboyong ke Indonesia dengan sebutan Xabre 150.

Kehebohan soal Yamaha Xabre 150 juga semakin menjadi- jadi ketika netizen Thailand serta sebagian sumber di situ sukses mendokumentasikan sosok utuh M-Slaz yang dipercayai sebagai Xabre 150 versi Thailand. Sebagian spyshot yang tersebar membuktikan kalau Yamaha Xabre 150 bakal mengangkat rancangan naked street fighter dengan konsep bodi yang lebih agresif.

Desain Yamaha Xabre

Buat tampilan eksteriornya sendiri, memang Yamaha Xabre 150 tampak‘ out of the box’ serta berani keluar dari pakem konsep naked bike di Indonesia kebanyakan. Diawali dari headlamp yang terlihat aura street fighter yang amat kuat dengan bentuk lampu kecil dengan sudut-sudut yang tajam.

Lampu depan serta stoplamp yang disematkan di Yamaha Xabre 150 sendiri sudah berjenis LED yang pastinya akan membagikan penerangan lebih maksimal. Beralih buat bagian tangkinya, juga didesain dengan bentuk yang gambot serta terbuat menjulang tinggi ke atas seperti motor liar jalanan.

Pada tangki Xabre 150 itu menganut model kondom dengan penutup bensin terbuat rata sehingga nampak lebih berisi. Keliaran Yamaha Xabre 150 ditambah dengan konsep shroud muskular yang dibuat memanjang ke depan. Lalu beranjak pada sektor jok, buat yang satu ini masih menempel aura Yamaha R-15 dengan bentuk jok terbuat terpisah serta lancip ke belakang.

Mesin Yamaha Xabre

Xabre 150 mengangkat mesin 4 langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup. Buat pendingin mesinnya, Xabre 150 memercayakan sistem pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin yang tertancap pada Yamaha Xabre 150 ini sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 12, 0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, serta torsi pucuk mencapai 14, 3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm.

Daya yang diperoleh oleh mesin Xabre ini sesungguhnya masih seimbang dengan power yang dipunyai Yamaha YZF-R15, sebab memang dasar mesinnya masih sama. Demikian juga bentuk transmisinya, Yamaha Xabre 150 manganut bentuk transmisi 6 percepatan bukan 5 percepatan seperti Yamaha Vixion walaupun buat dasar mesinnya adalah sama. Buat pasokan bahan bakarnya, Xabre 150 memakai pasokan bahan bakar berjenis Fuel Injection yang nyatanya membuat motor ini lebih efisien bahan bakar serta ramah lingkungan.

Patut diketahui pula buat detail mesin yang terdapat pada Yamaha Xabre 150, melihat detail yang terdapat pada motor mempunyai analogi kompresi lumayan besar yaitu 10, 4:1. Jadi dengan kompresi itu, ditentukan kamu harus memakai BBM tipe Pertamax ataupun bahan bakar minimal 91 oktan untuk melindungi performa motor lebih maksimum.

Fitur Yamaha Xabre

Biasanya fitur standar seperti LED Lamp, banana swing arm, atau speedometer full digital telah disematkan di Yamaha Xabre 150 ini. Buat tangki bahan bakarnya sendiri telah mendukung buat dibawa berkendara jarak jauh dengan kapasitas tangki dapat diisi sampai 10,2 liter.

Setelah itu yang jadi fitur menarik yang lain yaitu pada Xabre 150 sudah disematkannya fitur MT- Switch yang merupakan fitur yang lazim dibawa oleh Yamaha MT- Series. Dengan fitur mutahir yang terdapat pada Yamaha Xabre 150 ini Bro serta Sis dapat menghidupkan motor tanpa kunci.

Walaupun buat fitur ini masih simpang siur namun dari sebagian bocoran, Xabre 150 pula bakal dibekali fitur serupa mengenang pada konsol switchgear di stang motor ini terlihat tidak terdapat tombol start listrik.

Dari seluruh ulasan detail Yamaha Xabre 150 tadi, dapat ditarik kesimpulan kalau kali ini Yamaha memperkenalkan rancangan motor naked gaya dengan kombinasi teknologi besar serta konsep futuristik yang pastinya keren banget.

Harga Yamaha Xabre

Harga Yamaha Xabre 150 dipatok pada harga berkisar Rp 28.900.000,-, alias Rp 29 jutaan.

Pilih Mana: Yamaha MT-15 atau Yamaha Xabre?

Yamaha MT-15Yamaha Xabre
Kelebihan - Memiliki desain yang gagah - Memiliki suspensi depan up-side down - Memiliki performa mesin yang baik- Spedometer full digital - Memiliki mesin berpendingin cair - Memiliki suspensi teleskopik upside-down
Kekurangan- Jok kecil - Belum dilengkapi fitur VVA- Harga mahal - Ukuran tangki yang kecil

Kesimpulan

Yamaha sangat memikirkan pelanggannya dengan menyiapkan spesifikasi yang sangat bermanfaat untuk dibawa ke jalanan. Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre menjadi motor idaman dan banyak digemari oleh kaum milenial, dan jika kamu menginginkan motor dari Yamaha ini dengan harga yang lebih ekonomis maka Yamaha Xabre lah jawabannya. Tentukan pilihan motor mu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MT-15 vs Yamaha Xabre

VS

Leave a Reply