Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha MT 15 atau Yamaha Xabre?

Yamaha merupakan salah satu industri motor dengan kualitas yang sangat mutahir, banyak orang yang menyukai produksi dari Yamaha karena mesin dan performa yang dihasilkan sangat bagus. MT 15 dan Xabre sendiri merupakan salah satu motor yang banyak diganderungi oleh kaum milenial saat ini karena desainnya yang anak muda banget. Penasaran dengan spesifikasi dan performa yang dihasilkan dari kedua motor ini ? Kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha MT15 atau Yamaha Xabre. Disini aja ya..

Yamaha MT 15

Setelah sebelumnya terendus lewat spyshot yang tersebar di dunia maya, akhirnya Yamaha mengeluarkan motor terkini yang merupakan suksesor dari Yamaha Xabre ataupun Yamaha M-Slaz. Motor ini dipublikasikan di Thailand dengan sebutan berbeda, yaitu“ Yamaha MT-15“. Nama itu dipilih buat memperkuat indentitas Yamaha MT Series yang diketahui mempunyai konsep agresif serta modern.

Konsep Yamaha MT-15 terlihat seperti dengan Yamaha MT-09, terutama komponen headlamp yang menyamai kepala robot transformer. Yamaha juga melakukan inovasi mesin dengan memakai mesin 155cc berteknologi VVA yang tadinya digunakan Yamaha R15 serta Yamaha Vixion R. Sebagian komponen tetap dipertahankan, seperti suspensi, chassis, serta velg. Baca juga Pilih Mana: Honda CB150R atau Honda CBR150R?

Desain Yamaha MT 15

Yamaha tidak tanggung-tanggung dalam mengonsep MT-15. Terbukti dengan beraneka ragam teknologi mutahir yang disematkan padanya. Tidak hanya canggih, motor ini pula menawarkan konsep sangat keren yang terlihat berbeda dari motor yang dihargai setara harga Yamaha MT-15. Daya tarik utamanya merupakan headlamp yang menyamai kepala robot transformers.

Headlamp Yamaha MT-15 nampak gahar serta bengis. Lampunya dibagi dalam 2 cluster serta telah mengadopsi teknologi LED buat menunjukkan cahaya lebih jelas dikala berkendara di malam hari. Pada cluster atas terpasang lampu senja ataupun lampu jarak dekat. Sebaliknya cluster bawah memakai lampu LED Projector sebagai lampu utamanya.

Yamaha melindungi mesin MT-15 dengan engine cover yang didesain supaya bentuk Yamaha MT-15 semakin kuat serta berisi. Kemudian terdapat juga Shroud yang terpasang pada sisi kanan serta kiri. Shroud motor ini dibagi dalam 2 komponen, yaitu Shroud standar serta shroud kedua sebagai cover radiator. Menariknya lagi, Yamaha MT-15 telah memakai radiator bertipe Liquid Cooled, sehingga dapat melindungi temperatur mesin supaya senantiasa normal.

Mesin Yamaha MT 15

Perubahan konsep diimbangi dengan peningkatan performa lewat mesin SOHC 4 Katup berenergi 155.1cc yang menjadikan Yamaha MT-15 dapat menghasilkan daya sebesar 14.2 kW pada 10.000 rpm serta torsi puncak mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin yang digunakan merupakan mesin Yamaha R15 serta Yamaha Vixion R, maka tenaga serta torsinya sama besar.

Mesin Yamaha MT-15 semakin canggih dengan adanya teknologi Variable Valves Actuation (VVA). Teknologi VVA bekerja buat melindungi daya serta torsi maksimum di tiap putaran mesin. Tidak cuma itu, Yamaha juga membekalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang disempurnakan oleh teknologi Assist & Slipper Clutch yang sebelumnya dipunyai Yamaha R15.

Fitur Yamaha MT 15

Yamaha MT 15 memiliki fitur Assist serta Slipper Clutch yang mempunyai fungsi berbeda. Dimana untuk Assist bermanfaat memudahkan kinerja kopling, serta Slipper Clutch bermanfaat buat memperhalus perpindahan gigi, sehingga akselerasi dapat lebih cepat. Fitur Asisst & Slipper Clutch umumnya dipunyai moge yang harganya ratusan juta rupiah, tetapi saat ini kalian dapat memperolehnya di Yamaha MT-15 yang biayanya jauh lebih ekonomis.

Kamu juga bisa memantau laju kendaraan negative LDC digital yang terpasang pada bagian cockpit. Layar LCD itu bakal menunjukkan beragam data, seperti kecepatan, sisa bahan bakar, jam digital, sampai penunjuk perpindahan gigi. Tidak hanya itu, ada juga knalpot bertipe midship serta fender belakang menggantung yang dilengkapi Stop Lamp LED.

Harga Yamaha MT 15

Harga dari Yamaha MT15 sendiri dibanderol dengan harga Rp 34.950.000,- . Tentunya sesuai dengan spesifikasi yang diberikan motor ini ya guys.

Yamaha Xabre

Rancangan konsep Xabre 150 ini memang masih memakai dasar Yamaha M-Slaz. Pemakaian platform Yamaha MT Series ini sekaligus meneruskan kelihaian Yamaha dalam merancang bentuk tubuh sepeda motornya

Buat bentuk eksteriornya sendiri, memang Yamaha Xabre 150 terlihat‘ out of the box’ serta berani keluar dari pakem konsep naked bike di Indonesia kebanyakan. Diawali dari headlamp yang nampak aura street fighter yang amat kokoh dengan bentuk lampu kecil dengan sudut- sudut yang tajam. Lampu depan serta stoplamp yang disematkan di Yamaha Xabre 150 sendiri sudah berjenis LED yang nyatanya akan membagikan penerangan lebih maksimum.

Desain Yamaha Xabre

Terlihat kalau bentuk tubuh Xabre 150 memanglah bongsor khas motor street fighter masa kini. Begitu juga sepeda motor yang bersegmen street fighter, Xabre 150 pula mempunyai dimensi yang nampak besar. Secara fisik, Xabre 150 mempunyai dimensi keseluruhan 795 x 1,955 x 1,065 mm.

Buat ukuran orang Indonesia, dimensi ini memanglah rada bongsor. Namun buat bobotnya sendiri, mengingat motor ini memakai mesin yang kecil, maka dipastikan berat Yamaha Xabre 150 tidak bakal seberat moge. Betul, buat berat bersihnya, Xabre 150 cuma mempunyai berat seberat 135 kilogram aja, itu juga sudah termasuk berat bbm dan juga oli.

Kemudian buat ground clearance, Yamaha Xabre 150 mempunyai ground clearance setinggi 164 mm serta seat height berukuran 805 mm. Dengan berat dan dimensi yang dipunyainya, dipastikan Xabre 150 bakal terasa aman serta asik buat dibawa bermanuver ataupun berakselerasi di jalan raya.

Terlebih buat kamu yang mempunyai hobi tur pastinya tidak bakal menemui banyak hambatan sebab detail Yamaha Xabre 150 memanglah telah dipersiapkan sedemikian rupa supaya senantiasa aman dikala dikendarai.

Mesin Yamaha Xabre

Xabre 150 mengangkat mesin 4 langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup. Buat pendingin mesinnya, Xabre 150 memercayakan sistem pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin yang tertancap pada Yamaha Xabre 150 ini sanggup mengeluarkan daya maksimal sebesar 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, serta torsi puncak mencapai 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm.

Daya yang diperoleh oleh mesin Xabre ini sesungguhnya masih seimbang dengan power yang dipunyai Yamaha YZF-R15, sebab memang dasar mesinnya masih sama. Demikian juga bentuk transmisinya, Yamaha Xabre 150 manganut bentuk transmisi 6 percepatan bukan 5 percepatan seperti Yamaha Vixion walaupun buat dasar mesinnya sama.

Buat pasokan bahan bakarnya, Xabre 150 memakai pasokan bahan bakar berjenis Fuel Injection yang pastinya membuat motor ini lebih efisien bahan bakar serta ramah area.

Patut diketahui pula buat detail mesin yang terdapat pada Yamaha Xabre 150, melihat detail yang terdapat pada motor mempunyai perbandingan kompresi lumayan besar yaitu 10,4:1. Jadi dengan kompresi itu, dipastikan Bro serta Sis harus memakai BBM tipe Pertamax ataupun bahan bakar minimal 91 oktan untuk melindungi performa motor lebih maksimum.

Fitur Yamaha Xabre

Umumnya fitur standar semacam LED Lamp, banana swing arm, ataupun speedometer full digital telah disematkan di Yamaha Xabre 150 ini. Buat tangki bahan bakarnya sendiri telah mendukung buat dibawa berkendara jarak jauh dengan kapasitas tangki yang dapat diisi sampai 10,2 liter.

Kemudian yang jadi fitur menarik lainnya yakni pada Xabre 150 sudah disematkannya fitur MT-Switch yang merupakan fitur yang lazim dibawa oleh Yamaha MT-Series. Dengan fitur mutahir yang terdapat pada Yamaha Xabre 150 ini kamu dapat menghidupkan motor tanpa kunci.

Xabre 150 dibekali fitur serupa mengingat pada konsol switchgear di stang motor ini nampak tidak terdapat tombol start listrik. Dari seluruh ulasan detail Yamaha Xabre 150 tadi, dapat ditarik kesimpulan kalau kali ini Yamaha memperkenalkan konsep motor naked style dengan kombinasi teknologi besar serta konsep futuristik yang pastinya keren banget.

Harga Yamaha Xabre

Yamaha Xabre 150 dipatok pada kisaran Rp 28.900. 000,-, alias Rp 29 jutaan. Harga itu memang bisa dibilang terpaut jauh dengan harga Yamaha MT 15 tadi.

Pilih Mana: Yamaha MT 15 atau Yamaha Xabre?

Yamaha MT 15Yamaha Xabre
Kelebihan - Panel meter yang sudah full digital - Penggunaan lampu berteknologi diode - Memiliki fitur Variable Valve Actuation (VVA)- Dibekali Lampu LED - Desain Tangguh - Posisi Riding yang Nyaman
Kekurangan- Belum memiliki fitur keyless - Kapasitas tangki yang kecil- Jok Belakang Kecil - Terlalu Tinggi untuk beberapa Orang

Kesimpulan

Mau Yamaha MT 15 atau Yamaha Xabre, sama sama motor dengan kualitas yang baik pada kelasnya. Motor ini cocok banget buat kamu pakai di jalanan kota apalagi sekarang kota sudah seringkali terkena macet. Motor ini juga cocok banget buat dipakai kaum milenial. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MT 15 vs Yamaha Xabre

VS

 

Leave a Reply