KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Motor merupakan kendaraan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tentunya saat ini sudah banyak sekali beredar motor yang memiliki spesifikasi dan performa yang mutakhir, salah satunya seperti Yamaha MT-15 dan Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200.

Yamaha MT-15 dan Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200 merupakan motor kelas menengah yang cocok banget buat kamu yang menginginkan kesan garang saat berkendara di jalanan kota.

Penasaran dengan detail kedua motor ini? Yuk simak langsung artikel kali ini agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan saat memilih motor andalan kamu. Stay tune guys!

Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Yamaha MT-15

Satu lagi produk baru dari Yamaha yang kini sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai media, yaitu Yamaha MT-15 yang merupakan seri terbaru dari keluarga Street Fighter yang telah diresmikan di Thailand melalui suatu acara bertajuk Thailand Motor Expo 2015 yang lalu.

Yamaha MT-15 hadir dengan mengusung konsep naked street fighter yang membuatnya terlihat sangat kokoh dan bergaya. Bahkan dikatakan meski hadir di akhir tahun 2015 yang notabennya menjadi tahun pertarungan industri otomotif dunia, nyatanya kendaraan terbaru dari Yamaha ini tetap akan ditawarkan sebagai pelengkap Yamaha di segmen pasar menengah dengan harga Yamaha MT-15 yang masih tergolong terjangkau. Baca juga Pilih Mana: Yamaha Mio S atau Honda Beat?

Desain Yamaha MT-15

Yamaha tak tanggung-tanggung dalam mengonsep MT-15. Terbukti dengan beragam teknologi mutakhir yang disematkan padanya. Selain mutakhir, motor ini juga menawarkan desain sangat keren yang terlihat berbeda dari motor yang dibanderol sebanding harga Yamaha MT-15. Daya tarik utamanya yaitu headlamp yang menyerupai kepala robot transformers.

Headlamp Yamaha MT-15 terlihat gahar dan sangar. Lampunya terbagi dalam 2 cluster dan telah mengadopsi teknologi LED untuk menampilkan cahaya lebih terang saat berkendara di malam hari.

Pada cluster atas terpasang lampu senja atau lampu jarak dekat. Sedangkan cluster bawah memakai lampu LED Projector sebagai lampu utamanya.

Mesin Yamaha MT-15

Motor ini mengusung mesin SOHC 4 Katup bertenaga 155.1cc yang menjadikan Yamaha MT-15 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 14.2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin yang digunakan merupakan mesin Yamaha R15 dan Yamaha Vixion R, maka tenaga dan torsinya sama besar.

Mesin Yamaha MT-15 semakin mutakhir dengan hadirnya teknologi Variable Valves Actuation (VVA). Teknologi VVA bertugas untuk menjaga tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Tidak cuma itu, Yamaha juga membekalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang disempurnakan oleh teknologi Assist & Slipper Clutch yang sebelumnya dipunyai Yamaha R15.

Kelebihan Yamaha MT-15

  • Memiliki desain yang garang
    Desain yang garang merupakan kelebihan yang cukup membuat para calon pembeli menjadi ingin segera memiliki motor ini. Dengan konsep kepala transformer, motor besutan Yamaha ini banyak digemari oleh anak muda sampai orang dewasa sekalipun.
  • Memiliki fitur yang mutakhir
    Salah satunya Variable Valve Actuation (VVA), yang memastikan keluaran torsi merata di setiap putaran mesin. Untuk membantu perpindahan gigi yang lebih halus dan responsif, tertanam Assist and Slipper Clutch pada kopling.
  • Sudah memakai sistem USD
    Sistem peredaman MT-15 mempercayakan pada upside down (USD). Perihal ini memberikan keuntungan pada pengendalian yang semakin stabil. Lantaran USD mempunyai karakteristik lebih rigid. Di samping itu, tampilannya ikut meningkat serta terkesan sporty.

Kekurangan Yamaha MT-15

  • Harga yang mahal
    Memiliki desain keren, mesin mutakhir dan fitur yang mumpuni membuat harga yang diusung oleh Yamaha MT-15 jadi semakin tinggi. Hal ini cukup disayangkan mengingat para kompetitornya memiliki harga yang lebih murah.
  • Tidak mengusung fitur keyless
    Fitur keyless juga tidak terlihat pada MT-15. Padahal perangkat ini sangat memudahkan konsumennya, sekaligus meningkatkan sektor keamanan. Mengingat harganya yang cukup mahal, fitur ini rasanya sayang jika masih belum terpasang di dalamnya.
  • Ukuran tangki hanya 10 liter
    Dan ini merupakan kekurangan yang cukup menjadi perbandingan, yaitu ukuran tangki yang hanya 10 liter. Saat ini para kompetitor Yamaha MT-15 seperti Honda CBR 150 dan Suzuki 150 sudah memiliki ukurang tangki yang lebih besar. Tentunya ini menjadi pembahasan yang cukup penting bagi Yamaha untuk MT-15.

Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Di era globalisasi ini Bajaj mencoba peruntungan dengan mengekspansi produk-produk motornya ke belahan dunia lain yang salah satunya Indonesia ini. Kali ini Selera.id akan memperkenalkan Bajaj Pulsar 200NS, yakni si bongsor dari negeri Bollywood yang memiliki tenaga handal dengan gaya konsep bodynya yang terlihat begitu gagah khas motor naked.

Selain itu, Bajaj Pulsar 200NS ini diketahui juga merupakan salah satu varian sport model naked bike yang cukup mampu mengguncang pasar motor Tanah Air serta membuat was-was para pesaing.

Pasalnya, jika dilihat dari segi desain Bajaj Pulsar 200NS ini mempunyai desain agresif yang begitu gagah dan sanggup memberikan kenyamanan si pengemudi dalam berkendara secara proporsional dengan karakter konsumen Indonesia.

Desain Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Sebagai motor yang menyasar pada segmen naked bike, tentu Bajaj sudah membekali motor besutannya ini dengan tampilan desain yang gagah dan modern.

Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Perihal itu dapat dilihat dari beberapa sisi pada bodinya di mana pada sektor depan terlihat headlamp (Low/High Beam-watts) berteknologi H4 Bulb 55/60 W Bulb lengkap dengan 2 pilot lamps yang didesain menyerupai bentuk “V” sehingga kesan garang juga makin terpancar.

Motor ini juga dibekali suatu tangki bahan bakar yang lumayan besar dengan kapasitas 12 liter di mana lengkap dengan lekukan tegas disertai stiker berdesain meruncing.

Mesin Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Motor ini akan mengandalkan mesin yang handal dan gahar dengan kapasitas tinggi. Perihal itu terbukti dengan disematkannya tipe mesin SOHC 4 langkah dengan silinder tunggal dan mempunyai kapasitas kubikasi 199.5cc pada Bajaj Pulsar 200NS dan dibekali sistem pendinginan cair.

Mesin yang diusung oleh motor itu diklaim mampu menyemburkan daya maksimum sampai 23.52 Ps perputaran 9.500 rpm dan sanggup mencapai torsi maksimal pada titik 18.3 Nm perputaran 8.000 rpm.

Daya yang dihasilkan mesin Bajaj Pulsar 200NS itu akan disalurkan lewat sistem transmisi 6 percepatan. Selain itu, pada sektor dapur pacu motor ini juga akan dilengkapi dengan sistem pembakaran Fuel Injection Turkey Specific yang akan membuat spesifikasi Bajaj Pulsar 200NS ini menjadi hemat bahan bakar dan pastinya ramah lingkungan.

Kelebihan Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

  • Teknologi tiga busi
    Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS merupakan motor pertama di dunia yang memakai 3 buah busi dalam satu ruang pembakaran. Pemakaian 3 busi ini dipakai untuk meningkatkan performa dan keiritan bahan bakar dan gas buang yang lebih ramah lingkungan.
  • 4 Valves (4 buah katup)
    Pemakaian 4 buah klep dalam satu silinder memberikan asupan angin dan percepatan gas buang yang lebih baik dibanding mesin dengan 2 katup saja.
  • Pendingin radiator
    Mesin berperforma tinggi tentu saja mempunyai tingkat pengapian yang lebih besar dan panas mesin yang lebih besar dibanding dengan motor sekelasnya. Untuk menghindari terjadinya overheating, Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS diberikan sistem pendinginan liquid cooled yang sanggup menjaga suhu mesin selalu dalam keadaan prima.

Kekurangan Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

  • Suara klakson yang kecil
    Suara klakson yang dimiliki motor ini dirasa masih sangat kecil suaranya, sehingga kurang terdengar saat kita ingin menggunakannya di jalanan. Kekurangan ini menjadi kekurangan yang cukup berarti untuk Pulsar NS 200 ini.
  • Windshield terlalu kecil
    Hal ini sebenarnya bukan menjadi kekurangan yang signifikan, namun dirasa kurang nyaman jika motor memiliki windshield yang kecil sehingga tidak bisa melindungi bagian depan motor.
  • Kipas radiator lemah
    Kipas radiator lemah sehingga terkadang bikin overheat. Jadi beberapa referensi mengatakan bahwa lemahnya putaran kipas ini, terjadi karena kurang lancarnya kinerja brush di dalamnya.
Spesifikasi Yamaha MT-15Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200
TipeLiquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA Liquid-cooled, 4-stroke Single
Kapasitas155.1cc 200cc
Tenaga maksimum 14,2 kw/10.000 rpm 7 kw/9.500 rpm
Torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm 18 Nm/8.000 rpm
Sistem bahan bakar Fuel injection Carburettor
Harga per November 2019Rp 34.950.000,- Rp 23.300.000,-

Pilih Mana: Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Yamaha MT-15Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200
Kelebihan- Memiliki desain yang garang - Memiliki fitur yang mutakhir - Sudah memakai sistem USD - Teknologi tiga busi - 4 Valves (4 buah katup) - Pendingin radiator
Kekurangan- Harga yang mahal - Tidak mengusung fitur keyless - Ukuran tangki hanya 10 liter - Suara klakson yang kecil - Windshield terlalu kecil - Kipas radiator lemah

Kesimpulan

Setelah kita bahas Yamaha MT-15 dan Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200 tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini tentunya memiliki keunikannya masing-masing. Buat kamu yang menyukai kesan garang dan gagah, Selera.id akan rekomendasikan Yamaha MT-15 untuk kamu. Tentukan pilihan motor kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

VS

Leave a Reply