Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha MT15 atau Yamaha R15 V3?

Kendaraan roda dua tentunya alat transportasi yang sekarang sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki, betapa tidak saat ini juga manusia membutuhkan sarana untuk menemani mereka menuju kesuatu tempat dengan waktu yang singkat. Yamaha menjadi jawaban atas kebutuhan manusia untuk itu semua, seperti salah satu produk mereka yaitu Yamaha MT15 dan Yamaha R15 V3. Penasaran dengan spesifikasi dan performa dari kedua motor ini ? So kali ini saya akan bahas mengenai Yamaha MT15 dan Yamaha R15 V3. Disini aja ya..

Yamaha MT15

Yamaha MT15 bakal mengambil alih posisi Yamaha Xabre yang sepanjang ini jadi andalan Yamaha dikelas 150cc. Di Thailand MT15 bersaing melawan Honda CB150R ExMotion yang hingga detik ini belum kunjung muncul di Indonesia. Keduanya sama-sama dilengkapi interupsi Upside Down yang menjadikannya nampak lebih gahar serta macho. Tetapi soal kegantengan, saya lebih memilih Yamaha MT15 yang nampak lebih agresif dibanding Honda CB150R Exmotion.

Yamaha mengangkat tagline “BORN OF DARKNESS” buat melukiskan kehebatan Yamaha MT-15. Konsep motor ini memanglah nampak amat agresif, jadi lumrah bila Yamaha mengangkat tagline itu. Namun bukan itu saja keunggulan yang dipunyai MT15. Masih banyak keunggulan yang lain yang membuat harga motor ini pantas dinilai mahal. Nantinya harga Yamaha MT-15 bakal setingkat lebih mahal dari Yamaha Vixion, serta mungkin di atas Xabre. Baca juga Pilih Mana: Yamaha Freego atau Yamaha Lexi?

Desain Yamaha MT15

Karakter keluarga MT series nampak melekat di motor ini. Bentuk depan khususnya wajah nampak sangar, agresif, serta berotot dengan kehadiran 2 position light LED menyamai mata. Lampu utama MT15 telah mengadopsi teknologi Projector LED yang sanggup menciptakan cahaya lebih jelas serta fokus.

Instrumen speedometer full digital didapat dari saudaranya R15. Dengan tone warna negative dan shift timing light yang berperan buat memberi tahu pada pengendara bila harus melakukan perpindahan gigi buat mencapai performa berkendara yang maksimal.

Handle bar luas yang mendukung posisi duduk lebih tegak dan kehadiran big bike switch buat sistem pengoperasian motor (cut off/ on serta starter engine), berhasil menghasilkan opini moge look yang pekat pada MT15. Sedangkan bagian belakang mendapat sentuhan lebih padat dengan bentuk jok menyatu serta lebih panjang alhasil menghasilkan ruang posisi duduk yang lebih besar dan aman bagus untuk pengendara ataupun penumpang. Lampu belakang pula telah meggunakan LED.

Mesin Yamaha MT15

Yamaha MT15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang sanggup memancarkan daya sebesar 14,2 kW/ 10.000rpm serta menciptakan torsi sebesar 14,7 Nm atau 8.500rpm. Dapur pacu MT15 pula telah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang sanggup melindungi temperatur motor senantiasa normal dan Variable Valve Actuation (VVA) yang menghasilkan torsi menyeluruh di tiap putaran mesin.

Keunggulan lain yang ditanamkan pada mesin MT15 merupakan fitur assist yang membuat kopling jadi enteng dan slipper clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi alhasil tingkatkan akselerasi berkendara jadi lebih cepat. Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor jadi 3 kali lebih awet, kokoh serta enteng.

Fitur Yamaha MT15

Salah satu fitur andalan Yamaha MT15 merupakan speedometer full digital yang dilengkapi Shift Timing Light buat memudahkan pengemudi memperoleh performa maksimal dikala melakukan perpindahan gigi. Konsep speedometernya nampak serupa dengan yang dipunyai Yamaha R15. Beragam data berkendara bakal ditampilkan pada panel digital itu, semacam odometer, trip meter, sisa bahan bakar, serta gear position.

Fitur motor bermesin 155cc ini memanglah lumayan komplit. Seperti yang telah kita ketahui, Yamaha MT15 sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur itu mempunyai 2 guna berbeda. Dimana buat Assist bermanfaat buat meringankan kopling serta Slipper Clutch buat memperhalus perpindahan gigi. Kemudian terdapat juga karakteristik lampu Hazard sebagai ciri dalam keadaan darurat kala berkendara.

Harga Yamaha MT 15

Buat harganya sendiri, Yamaha MT15 dipatok seharga Rp 34.500.000,- . Tentunya cocok banget buat kamu para kaum milenial untuk membawa motor ini ke jalanan kota.

Yamaha R15 V3

Detail Yamaha R15 V3 ini bakal memberikan bentuk bidang luar yang mempesona serta lebih menarik dari tipe sebelumnya. Alasannya, buat desainnya sendiri produsen otomotif asal Negeri Sakura ini bakal mengadopsi DNA dari Yamaha R Series di mana konsep bodinya bakal mengutamakan unsur Super Sport. Tidak hanya itu, rancangan aerodinamis juga akan lebih terasa bila dibanding dari generasi perdananya.

Apalagi, Yamaha R15 V3 ini juga bakal muncul pula dengan rupa bodi full fairing yang meruncing serta langsing sehingga bakal semakin kokoh menyiratkan kesan Racy. Di sisi lain, rancangan racing sporty itu juga akan nampak pada tiap bagian dari badan gagah kuda besi ini.

Desain Yamaha R15 V3

Yamaha memercayakan jenis bagan Deltabox yang dikenal amat kuat. Apalagi, bagan itu bakal dipadukan dengan New Design Aluminium Rear Arm dengan berat yang terhitung lumayan enteng. Alhasil, dengan kombinasi ini maka motor sport ciptaan industri asal Negeri Sakura ini bakal gampang dikendalikan buat melindungi kestabilan dengan weight distribution 50:50. Tidak hanya itu, buat ukuran dimensinya, Yamaha R15 V3 ini mempunyai panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.135 mm dengan jarak sumbu rodanya sejauh 1.325 mm serta mempunyai berat 137 Kg.

Dengan mengenali dimensi ukuran serta berat motor sport ini maka dapat disimpulkan kalau motor ini mempunyai bentuk tubuh yang lumayan langsing tetapi senantiasa terlihat gagah. Di bagian lain, Yamaha R15 V3 pula mempunyai ketinggian tempat duduk standar, yakni setinggi 815 mm. Ketinggian jok itu ditaksir telah sesuai dengan postur tubuh pada umumnya orang Indonesia. Alhasil, para pelanggan juga bakal gampang mengemudikan motor ini tanpa perlu jinjit.

Di bagian lain, buat ban yang bakal dipakai motor sport ini, bakal memercayakan velg sporty berdiameter 17 inci. Velg itu bakal disampul dengan ban tapak lebar yang berukuran 100/80-17M/C 52P di bagian depan. Sebaliknya buat bagian ban belakang dari Yamaha R15 V3 ini bakal memercayakan ban berukuran 140/70-17M/C 66S. Dengan campuran velg sporty serta ban itu maka bakal membuat handling lebih sempurna serta nampak semakin gagah.

Mesin Yamaha R15 V3

Motor sport ini memercayakan mesin SOHC silinder tunggal dengan sistem pendinginan cair serta mempunyai kapasitas kubikasi 155.1 cc yang lebih besar dibanding dari tipe sebelumnya yang berkapasitas 150 cc. Mesin kuat yang diusung Yamaha R15 V3 itu diklaim bakal sanggup memancarkan daya maksimum sampai 14.2 kW per putaran 10.000 rpm.Sebaliknya buat torsinya sanggup dicapai pada titik maksimum 14.7 Nm pada putaran ke 8.500 rpm. Dengan letupan daya yang begitu gahar itu maka dipastikan kalau Yamaha R15 V3 ini jadi motor sport tercepat di kelasnya. Daya itu bakal disalurkan lewat sistem transmisi yang serupa dengan tipe sebelumnya, yakni manual 6 percepatan.

Tetapi, perbandingan yang menarik pada R15 tipe V3 ini ialah dengan dilengkapinya fitur terkini Assist & Slipper Clutch. Fitur mutahir pada Yamaha R15 V3 ini biasanya cuma dipakai pada motor berkapasitas besar. Akan tetapi, karakteristik ini diaplikasikan buat awal kalinya pada motor sport kategori 150cc besutan Yamaha ini. Dengan terdapatnya Fitur Assist maka pengoperasian kopling bakal lebih terasa enteng alhasil pengemudi semakin merasa aman kala mengoperasikan kopling Yamaha R15 V3.

Sementara itu, buat karakteristik Slipper Clutch pun juga bakal membuat perpindahan gigi ataupun gear terasa lebih lembut serta akselerasi lebih cepat. Apalagi, bila motor sport terkini ini dikendarai hingga pengemudinya juga bakal merasa exciting mengingat mesin terkini ini begitu responsif.

Tidak cuma itu aja, perpindahan gigi bisa dilakukan dengan gampang sekalipun kala motor sedang dalam akselerasi maksimum. Tidak hanya itu, detail Yamaha R15 V3 ini juga bakal dibekali pula dengan teknologi Variable Valve Actuation( VVA), yang bakal membuat daya mesin semakin besar namun senantiasa hemat bahan bakar dengan perbandingan kompresi 11.6:1.

Fitur Yamaha R15 V3

Fitur Yamaha R15 V3 ini diantaranya memiliki teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang bakal membuat powernya bakal lebih besar lagi serta membuat konsumsi bahan bakarnya juga senantiasa efisien. Tidak hanya itu, konsep cockpit yang Racy serta Luxury juga terus menjadi menambah opini Yamaha R15 V3 ini jadi lebih modern di mana cockpit depan bakal menunjukkan panel indikator full digital yang begitu futuristik serta informatif.

Di bagian lain, pemakaian rem Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm juga bakal membuat pengemudinya lebih gampang dalam mengendalikan laju dari motor ini.

Harga Yamaha R15 V3

Harga motor Yamaha R15 V3 ini diperkirakan bakal dihargai pada kisaran Rp 33-35 jutaan. Tidak hanya itu, para calon pelanggan juga bakal sangat dimanjakan dengan sebagian tampilan warna yang dapat dipilih, yakni Racing Blue, Matte Black serta Matte Red.

Pilih Mana: Yamaha MT15 atau Yamaha R15 V3?

Yamaha MT15Yamaha R15 V3
Kelebihan - Lampu berteknologi diode yang punya penerangan lebih jelas - Memiliki panel meter full digital - Memiliki teknologi Variable Valve Actuation (VVA)- Memiliki teknologi Variable Valves Actuation (VVA) - Memiliki fitur assist dan slipper clutch - Sudah pakai upside down
Kekurangan- Harganya mahal - Belum memiliki fitur keyless- Belum memiliki fitur keamanan Anti-Locking Brake System (ABS) - Belum memiliki fitur keyless ignition system

Kesimpulan

Yamaha MT15 dan Yamaha R15 V3 sama-sama motor yang paling diganderungi oleh kaum milenial saat ini. Kedua motor ini memiliki spesifikasi dan kualitas mesin yang tidak perlu diragukan lagi, so kamu tidak perlu ragu untuk membeli salah satu dari kedua motor ini. Kalau kamu ingin motor yang lebih murah maka kamu bisa membeli Yamaha MT15 daripada Yamaha R15 V3 ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MT15 vs Yamaha R15 V3

VS

Leave a Reply