Pilih Mana: Yamaha R15 atau CBR150?

Loading...

Tahun lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha R15. Jelas saja, kehadiran motor ini semakin memanaskan persaingan antara penjualan sepeda motor segmen sport 150 cc. Yamaha R15 secara langsung menantang Honda CBR 150 yang diluncurkan awal tahun 2016 lalu. Lantas bagus mana Yamaha R15 vs CBR150? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya yang bisa Anda ketahui.

Yamaha R15
Penampilan R15 yang lebih berotot dan mengadopsi garis desain R-series saat ini, seperti airscoop di depan, tangki sirip otot, model fairing yang lebih kuat, dan ekor dengan lubang yang terlihat eksotis. Selain itu, tampilan motor yang lebih gahar juga karena adanya penambahan shockbreker depan USD dan swingarm aluminium plus kaki gambot, sekaligus didukung ban belakang ukuran 140/70 menjadi ukuran yang terbesar di kelasnya.

Kelebihan Yamaha R15 yang bisa Anda ketahui:

1. Performa lebih bertenaga
Dikutip dari Kompas.com, Yamaha meningkatkan kapasitas hingga 155 cc, menambah perangkat VVA (Variable Valve Actuation), memperbesar throttle body hingga 30 mm plus penambahan assist dan slipper clutch sehingga tenaga jacked ke 19,03 tk @ 10000 rpm dan torsi ke 14,7 Nm / 8500 rpm. Jadi selain mesin yang lebih bertenaga, tarikan gasnya juga jauh menjadi lebih panjang.

2. Desain bodi yang sporty
Dengan desain yang demikian, tidak jarang para rider yang menyukai hal yang berbau sporty jauh lebih memilih motor R15. Selain itu, R15 juga diberikan dukungan lampu Hazard yang belum dimiliki oleh motor buatan Honda.

Kekurangan Yamaha R15 yang bisa Anda ketahui:

1. Bobot motor yang berat
Dengan bobot tergolong lebih berat yakni 137 kg, mengharuskan penggunanya untuk menyeimbangkan posisi tubuh dan motor dengan baik agar nyaman saat digunakan. Namun, jika Anda memilih bobot yang memiliki selisih lebih ringan dari R15, maka CBR 150 yang memiliki bobot 135 kg bisa menjadi pilihan Anda.

Loading...

2. Harga tergolong mahal
R15 dibanderol dengan harga sekitar Rp 35 jutaan, yang tentunya harga ini lebih mahal dibandingkan dengan CBR150 yang hanya dibanderol harga sekitar Rp 33 jutaan.

Honda CBR150
Honda CBR150 menghadirkan gaya karbu tua CBR dengan model ramping namun tetap bertema CBR-family design. Jadi cukup banyak aksen runcing dan tegas yang bisa kita temukan. Kelebihan motor ini adalah semua perangkat lampu LED dan menggunakan truss frame yang ringan. Hanya saja untuk sektor foot-nya masih menggunakan teleskopik dan swingarm menggunakan model biasa.

Kelebihan Honda CBR150 yang bisa Anda ketahui:

1. Memiliki kapasitas tangki lebih banyak
Meskipun memiliki perbedaan hanya 1 liter dari R15, namun dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 12 liter, diklaim mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunanya saat berkendara jauh.

2. Posisi mengemudi yang nyaman
Banyak pengguna CBR150 berpendapat bahwa mengemudikan motor ini sangatlah nyaman dan tidak membuat penggunanya merasa pegal ketika di bawa melaju di jalanan khususnya jalanan perkotaan.

Kekurangan Honda CBR150 yang bisa Anda ketahui:

1. Daya mesin rendah
Mesin Honda CBR150 memiliki predikat daya yang lebih rendah. Mesin dengan 150 cc DOHC 4 katup dengan kubus persegi ini mendapat 17,1 hp @ 9000 rpm dan 13,7 Nm @ 7000 rpm. Jadi pada titik ini tampaknya Honda harus segera memberikan serangan terbaik agar tidak kalah oleh pihak lain.

2. Masih menggunakan teleskopik
Suspensi depan yang dimiliki CBR15o masih menggunakan jenis suspense teleskopik sehingga redaman pada suspensinya terasa agak keras. Selain itu, posisi klakson yang jauh dan tinggi menyulitkan pengguna baru menekan klakson pada motor ini.

Pilih Mana: Yamaha R15 atau CBR150?

Yamaha R15CBR150
Kapasitas mesin - 155,1 cc- 149,16 cc
Rangka– Deltabox– Diamond
Teknologi mesin- SOHC liquid cooled- DOHC berpendingin cairan
Suspensi depan– USD Upside Down- Teleskopik
Fitur– Speedometer LCD digital negatif dan adanya pengaplikasian hazard– Memiliki speedometer LCD digital

Kesimpulan
Dengan berbagai rincian di atas, memang keduanya memiliki niatanya yang sama yakni menghadirkan motor sporty nan gagah. Namun dapat disimpulkan bahwa CBR150 tetap unggul dengan harga yang tergolong tidak terlalu mahal dan kenyaman saat berkendara yang tidak membuat penggunanya merasa pegal saat mengendarainya dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha R15 vs CBR150

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *