Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha Scorpio Z atau Honda Tiger Revo?

Sebelum ada motor sport sekarang seperti Honda CBR 250RR, Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250R dan semacamnya, sudah lebih dahulu ada motor dengan model yang hampir sama seperti motor yang barusan saya jabarkan tadi yaitu Yamaha Scorpio Z dan Honda Tiger Revo. Kedua motor tersebut sempat populer pada zamannya karena memiliki ketangguhan mesin yang sangat apik saat dibawa ke jalanan kota.

Selain itu kedua motor tersebut bisa kamu modif sesuka hati karena kerangka mesin yang mudah dibongkar. Sampai saat ini kedua motor tersebut masih eksis dijalanan dan masih banyak memiliki penggemarnya tersendiri.

Artikel kali ini membahas mengenai detail, mesin, fitur dari Yamaha Scorpio Z dan Honda Tiger Revo. Selain itu saya juga akan membahas bagaimana cara merawat motor agar selalu tampir apik dan memiliki performa yang mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota. Keep watch guys.

Yamaha Scorpio Z

Salah satu produsen sepeda motor asal negeri Sakura yang mempunyai produk tangguh dan bermutu di kelas sportnya selalu berbenah supaya memperoleh perhatian dan menarik pelanggan lebih baik.

Produsen sepeda motor itu adalah Yamaha. Melalui Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mereka meluncurkan motor sport yang masuk ke dalam segmentasi naked bike (motor sport batangan) generasi terakhir mereka yaitu Yamaha Scorpio Z pada tahun 2013 lalu.

Generasi motor sport batangan Yamaha yang terakhir ini mempunyai perubahan yang lumayan signifikan dari generasi sebelumnya. Diciptakan untuk melawan motor sport batangan sekelasnya yaitu seperti Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Baca juga Pilih Mana: Honda Beat Street eSP atau Honda Beat Sporty?

Desain Yamaha Scorpio Z

Desain yang diusung pada detail Yamaha Scorpio Z ini membuat tampilan motor sport batangan Yamaha ini semakin gagah dan kekar dari generasi sebelumnya. Striping simpel yang dipunyai dengan 3 versi warna akan menambah kesan sporty motor Yamaha ini.

Dengan memakai tangki yang besar disertai dengan shroud (sayap) samping yang mengapit tangki membuat nuansa Yamaha Scorpio Z ini jadi lebih gagah serta sporty. Juga desain stang berjenis Cruise semakin membuat motor Yamaha ini nyaman untuk perjalanan jarak jauh (Touring).

Lalu desain lampu pada detail Yamaha Scorpio Z yang mempunyai reflektor luas membuat perjalanan pada malam hari semakin aman dan nyaman sebab mempunyai pencahayaan yang terang. Sedangkan desain lampu belakang yang mempunyai stoplamp besar akan memberikan tanda yang jelas buat pengemudi lain di belakang motor ini supaya tetap waspada.

Mesin Yamaha Scorpio Z

Spesifikasi Yamaha Scorpio Z ini memakai mesin 4 langkah SOHC 2 Valve dengan silinder tunggal berkapasitas 223 yang mempunyai angka kompresi 9,5:1 diklaim mampu memancarkan tenaga maksimum sampai 13,4 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum menggapai 13,4 Nm pada 6.500 rpm dirasa sudah sangat cukup dan kuat untuk perjalanan panjang dengan berbagai lintasan medan yang berubah-ubah.

Untuk menyalurkan daya itu, Yamaha Scorpio Z mempunyai transmisi manual dengan multiplat 5 percepatan membuat berakselerasi dan meraih maksimum speed mudah dilakukan. Sayangnya sistem pemasok bahan bakar ke ruang bakar masih memakai karburator BS30 dengan sistem pengapian CDI membuat konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang dirasa kurang bagus.

Fitur Yamaha Scorpio Z

  • Stang cruiser, Dengan pengaplikasian jenis stang Cruiser maka semakin membuat nyaman pengemudi dalam melakukan perjalanan jarak jauh karena pengemudi tidak akan merasa gampang capek serta pegal.
  • Material knalpot yang bagus, Fitur pengaplikasian knalpot berukuran besar akan menaikkan kegagahan serta ketangguhan Yamaha Scorpio Z ini. Dengan material luar knalpot yang tidak menghasilkan panas berlebihan akan semakin membuat nyaman penumpang atau orang lain di dekat Yamaha Scorpio Z ini.
  • Fitur handling mumpuni, Dengan ketangguhan handling yang dihasilkan oleh dimensi dan kemudi yang nyaman membuat Yamaha Scorpio Z ini mencapai penghargaan The Best Handling dalam kategori motor sport batangan 200-250 cc dari Maestro Award di tahun 2009 lalu.

Harga Yamaha Scorpio Z

Harga dari motor ini tergantung dengan tipenya, yang pertama Yamaha Scorpio Z CW seharga Rp 25.000.000, dan yang kedua Yamaha Scorpio Z Limited Edition seharga Rp 25.500.000,-. Harga ini per bulan Agustus 2019.

Spesifikasi Yamaha Scorpio Z
Mesin 4 langkah, 2 valve, SUHC
Silinder Silinder tunggal
Daya13,4 kw / 8.000 rpm
Torsi13,4 Nm / 6.500 rpm
Perbandingan kompresi9,5 : 1
Diameter x langkah70,0 x 58,0 mm
Dimensi2030 x 750 x 1095 mm
Sistem pengapianCDI

Honda Tiger Revo

Honda tiger ini pertama kali diperkenalkan pertama kali pada tahun 1993 dan sampai saat ini honda tiger masih berjaya meski produksinya di indonesia sudah diberhentikan dan saat ini sudah di ganti dengan motor keluaran honda terbaru yang diberi nama Honda CB150R.

Honda tiger ini dikeluarkan sebagai penerus Honda GL dan juga penerus Honda Megapro yang tadinya juga sudah berhasil mencuri atensi masyarakat indonesia. Tetapi umur termuda atau tahun produksi termuda honda tiger ini di indonesia berakhir pada tahun 2014.

Desain Honda Tiger Revo

Pada bagian bodi sendiri honda tiger revo ini tampak lebih berotot serta mempunyai bodi yang besar untuk menyeimbangkan kapasitas mesin yang besar juga, ini bertujuan agar saat diajak ngebut motor ini senantiasa stabil saat tertiup angin.

Pada bagian suspensi di tiger revo ini tidak mengalami perubahan sejak pertama kali dirilisnya yaitu pada bagian suspensi depan masih memakai shock jenis teleskopik sedangkan pada bagian belakang masih menggunakan shock tabung ganda pada tiger revo sebaliknya pada tiger lama masih memakai shock ganda tipe lama tanpa tabung.

Mesin Honda Tiger Revo

Dengan teknologi mesin OHC berkapasitas 196cc motor honda tiger ini sanggup menghasilkan daya maksimal 16,7 PS pada 8.500 rpm dan juga torsi maksimal 1,60 kg-m pada 7.000 rpm, kemudian juga motor honda tiger revo maupun tiger lama ini juga sama sama sudah mempunyai transmisi berjumlah 6 kecepatan dengan pola pengoprasian 1-N-2-3-4-5-6.

Tidak seperti motor pendahulunya seperti megapro dan honda GL yang masih memakai 5 kecepatan transmisi. Sebaliknya buat urusan top speednya sendiri honda tiger ini hanya sanggup lari dengan kecepatan 120km-140km/jam dan itu pula tergantung dengan situasi mesin sedang baik atau tidak.

Fitur Honda Tiger Revo

  • Suspensi ganda, Suspensi ganda dengan reservoir tank yang sanggup meredam getaran lebih sempurna untuk kenyamanan berkendara di bermacam medan jalan, termasuk untuk perjalanan jarak jauh dan touring.
  • Rem cakram hidrolik, Rem cakram hidrolik depan serta belakang yang menjadikan rem kamu jadi lebih pakam dan optimal kala dipakai.
  • Lampu LED, Lampu stop LED 6 titik di bagian belakang menghasilkan sinyal pencahayaan yang lebih jelas untuk kendaraan di belakangnya.
  • Separated read grip, Separated rear grip untuk membagikan kenyamanan serta keamanan dikala berboncengan.

Harga Honda Tiger Revo

Harga dari motor ini berkisar Rp 25.850.000,- (per tahun 2014). Sekedar info bahwa motor ini sudah tidak dirilis lagi. Jadi kalau kamu ingin memiliki motor ini, kamu bisa mendapatkannya dalam keadaan second.

Spesifikasi Honda Tiger Revo
Mesin 4 Langkah, OHC
Silinder Silinder tunggal
Daya16,7 PS / 8.500 rpm
Torsi1,60 kg-m / 7.000 rpm
Perbandingan kompresi9,0 : 1
Diameter x langkah63,5 x 62,2 mm
Dimensi1.990 x 742 x 1.035 mm
Sistem pengapianCDI-AC, Magneto

Tips Merawat Motor

Motor yang terawat tentu akan menghasilkan performa dan kinerja mesin yang mumpuni untuk dibawa kejalanan. Berikut ini ada tips merawat motor yang bisa kamu lakukan ke motor kesayangan kamu.

  • Tinjau dan cek aki sepeda motor
    Aki merupakan komponen vital bagi kelistrikan motor. Entah itu aki kering maupun basah tetap butuh perawatan. Selalu cek aki motor kamu, isi air aki bila sudah berkurang untuk aki basah, jika aki kering maka setrumkan saja di gerai aki terdekat. Atau bila sudah habis segera ganti saja, jika tidak maka dapat mengganggu bagian motor lainnya.
  • Gunakan lampu jauh serta lampu dekat secara bergantian
    Mayoritas pemakai motor kebanyakan cuma memakai lampu dekat saja dikala berkendara siang serta malam. Sesungguhnya ini justru memperpendek usia lampu depan motor. Cara supaya tidak cepat rusak yaitu pakai lampu jauh untuk siang hari dan lampu dekat buat malam hari.
  • Ganti oli minimal 2 bulan sekali
    Oli mempunyai peran penting pada mesin sepeda motor. Selain sebagai pelumas, oli juga berperan untuk merawat sekalian mendinginkan mesin saat digunakan. Jangan menunggu sampai 2 bulan lebih ketika ganti oli. Jadi rajin-rajinlah ganti oli supaya performa motormu senantiasa terpelihara dan tidak mudah rusak.

  • Cek kondisi ban sebelum berkendara
    Memeriksa situasi ban sebelum berkendara sangat dianjurkan namun sering dilalaikan. Selalu yakinkan ban sepeda motor kamu tidak kekurangan angin. Akibatnya bisa fatal bila motor kamu kekurangan angin saat melaju dijalanan yang mengakibatkan ketidakseimbangan motor dan menyebabkan kecelakaan.
  • Cuci motor kamu
    Senantiasa jaga kebersihan motor kamu. Tidak hanya dapat membuat karat, membersihkan motor pula akan merawat keseluruhan bodi motor supaya harga jualnya tinggi kala kamu mau menjualnya.
  • Servis rutin tiap 5.000 kilometer sekali
    Semua jenis motor harus diservis jika mau awet tahan lama performanya. Tiap angka di Odometer menunjukkan 5.000 kilometer atau kelipatannya maka lekas servis motor kamu. Saran terbaik servis motor kamu di bengkel resmi merek motor kamu supaya terjamin kualitasnya.

Pilih Mana: Yamaha Scorpio Z atau Honda Tiger Revo?

Yamaha Scorpio ZHonda Tiger Revo
Kelebihan- Performa mesin cukup handal - Desain body sudah cukup sporty - Menggunakan velg racing - Posisi berkendaranya nyaman - Performa mesinnya cukup handal - Perawatannya mudah dilakukan
Kekurangan- Boros BBM - Masih menggunakan mesin karburator- Tipe rem belakang masih tromol - Suara rantainya berisik, terlebih saat rantai kering

Kesimpulan

Setelah saya bahas mengenai Yamaha Scorpio Z dan Honda Tiger Revo diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini masih sanggup bersaing dengan motor-motor yang ada sekarang ini. Mesin yang disematkan pada kedua motor ini juga nyatanya masih mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota. Selain itu kedua motor ini juga bisa dimodif sesuka hati kamu. Spesifikasi dan detail dari kedua motor ini sama-sama bagus, maka dari itu pilih motor kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha Scorpio Z vs Honda Tiger Revo

VS

Leave a Reply