KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Yamalube atau Enduro?

Kendaraan bermotor tentunya harus dirawat agar performa dari mesin tetap dalam kondisi yang prima dan kendaraan dapat bertahan lama. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah mengganti oli kendaraan.

Oli merupakan cairan yang berperan untuk memberikan pelumasan untuk menghindari gesekan antar komponen mesin. Oli mesin tentunya harus diganti paling tidak 3 bulan sekali. Diantara banyaknya oli mesin, Yamalube dan Enduro menjadi pilihan paling populer bagi pecinta otomotif. Baca Juga: 11 Oli Motor Matic Terbaik 2022

Yamalube dan Enduro merupakan merk oli yang memiliki kualitas tinggi dan banyak menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Tetapi jika Anda masih bingung dalam memilih kedua merk oli ini, mari simak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Oli Yamalube

Yamalube super sport motor oil diformulasikan khusus untuk perawatan mesin motor 4-tak atau tipe sport yang mempunyai kerapatan mesin kecil, tenaga mesin yang besar dan material komponen yang lebih baik.

Selain itu, oli yamalube ini memiliki kelebihan dalam menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia. Mengandung JASO MA2 membuat yamalube ini memiliki high friction yang dapat mengurangi gesekan dan slip.

Yamalube super sport juga tahan terhadap reaksi oksidasi dan penguapan yang membuat oli ini lebih tahan lama.

Kelebihan Oli Yamalube

Oli keluaran dari Yamaha ini tentunya menawarkan berbagai kelebihan menarik yang dapat menggaet hati para pecinta otomotif.

1.  Cocok untuk Sehari-hari

Penggunaan oli ini cocok jika digunakan untuk perjalanan sehari-hari. Ketika Yamalube digunakan untuk perjalanan sehari-hari, kinerja mesin tidak akan menimbulkan efek tidak ‘’enak’’ ketika menggunakannya.

2.  Harga yang Murah

Untuk harga yang ditawarkan oleh Yamalube ini tergolong lebih murah untuk sebuah oli resmi yang dibuat langsung oleh Yamaha.

3.  Performa Mesin yang Baik

Ketika menggunakan oli ini di motor, maka pengguna motor akan merasakan sensasi berjalan dengan mesin yang halus ketika mengendarai motor menggunakan oli ini. Hal ini disebabkan karena kualitas dari kekentalan oli yang sangat diperhatikan oleh Yamaha.

4.  Mudah Didapatkan

Selain harga yang murah, oli ini juga sangat mudah untuk didapatkan. Oli ini tidak hanya dijual di dealer resmi atau toko resmi tetapi bengkel dan pom bensin juga menjual merk oli ini.

5.  Cocok untuk RPM Rendah

RPM (revolution per minute) merupakan angka yang menunjukan putaran mesin yang dihitung dalam hitungan satu menit. Penggunaan oli yamalube ini cocok jika digunakan pada motor yang memiliki putaran mesin rendah.

Kekurangan Oli Yamalube

Tak ada hal yang dapat dibuat secara sempurna tanpa adanya kekurangan, begitu juga dengan Yamalube. Berikut kekurangannya:

1.  Suara yang dihasilkan kasar

Suara mesin yang dihasilkan oleh pengguna oli yamalube ini tergolong suara mesin yang kasar, suara yang kasar ini akan mengganggu ketika mengendarai motor.

2.  Masa performa yang singkat

Ketika menggunakan oli ini pada mesin motor maka pengendara motor akan merasakan mesin mengalami penurunan performa di angka 1000 kilometer. Sehingga pengguna motor ini wajib mengganti oli motornya secara rutin.

3.  Mesin mudah panas

Kekurangan lain dari oli adalah ketika motor digunakan untuk perjalanan jauh maka akan sulit bagi pengendara motor untuk memindahkan posisi gear dan mesin motor akan terasa sangat panas.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda CB150R atau Yamaha Vixion?

4.  Boros bensin

Pengguna dari oli Yamalube ini sering mengeluhkan borosnya bensin ketika menggunakan oli ini. Hal ini akan mengakibatkan membengkaknya pembayaran bensin.

Oli Enduro

Oli Enduro merupakan salah satu produk oli yang diproduksi oleh Pertamina, Enduro tergolong sebagai oli yang sudah lama berada di pasaran Indonesia. Hal ini dikarenakan Pertamina Lubricants diproduksi mulai dari tahun 1957.

Enduro dapat ditemukan di berbagai tempat service motor bahkan di pom bensin. Enduro juga tersedia di seluruh pelosok negeri. Harga yang ditawarkan oleh Enduro juga tergolong ramah di kantong.

Kelebihan Oli Enduro

Sebagai oli yang tergolong senior, Enduro memiliki berbagai kelebihan yang ditawarkan untuk penggunanya. Berikut penjelasannya.

1.  Oli yang Kental

Salah satu persyaratan oli yang berkualitas dapat dilihat melalui kekentalan oli, oli yang memiliki kualitas unggul akan memiliki tingkat kekentalan yang sangat baik. Sebagai oli yang telah senior di kelasnya, Enduro mempunyai kekentalan yang baik. Dengan kekentalan ini, mesin kendaraan akan tetap berkondisi baik dan suara mesin menjadi halus.

2.  Memiliki Varian yang Beragam

Kelebihan lainnya, Enduro memiliki berbagai varian yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Setiap jenis oli Enduro memiliki kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Enduro memiliki oli khusus untuk motor sport dan matic yang menjadikan oli ini sangat diminati oleh pengguna kendaraan.

3.  Harga yang Terjangkau

Enduro menawarkan harga oli yang terjangkau dan ekonomis, dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan kualitas oli yang sangat baik untuk kendaraan.

Kekurangan Oli Enduro

Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oli Enduro:

1.  Warna Oli Cepat Menghitam

Meskipun kualitas dari Enduro ini sangat bagus tetapi oli dari Enduro akan cepat menghitam pada hitungan bulan, sehingga pengguna oli ini harus sering mengganti oli agar kualitas mesin bermotor tetap terjaga.

2.  Oli Mobil Kurang Populer

Enduro tak hanya mengeluarkan oli untuk motor namun mereka juga memiliki oli yang dikhususkan untuk mobil. Namun, tak semua orang mengetahui jika Enduro menyediakan oli mobil. Hal ini dikarenakan Enduro terkenal sebagai penyedia oli motor, tapi Anda dapat memilih oli mobil dari Enduro untuk menjaga mesin mobil.

Pilih Mana: Yamalube atau Enduro?

Keterangan Yamalube Enduro
Kelebihan - Cocok untuk Sehari-hari - Harga yang Murah - Performa Mesin yang Baik - Mudah Didapatkan - Cocok untuk RPM Rendah- Oli yang Kental - Memiliki Varian yang Beragam - Harga yang Terjangkau
Kekurangan - Suara yang dihasilkan kasar - Masa performa yang singkat - Mesin mudah panas - Boros bensin- Warna Oli Cepat Menghitam - Oli Mobil Kurang Populer
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Yamalube dan Enduro merupakan merk oli yang dapat menjadi pilihan untuk merawat mesin bermotor. Kedua oli ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat memilih merk yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Semoga bermanfaat. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamalube atau Enduro

VS