KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Yamalube Super Sport atau Shell Advance AX7?

Minyak pelumas pada mesin atau yang lebih dikenal dengan nama oli mesin adalah komponen yang berguna untuk mesin. Pada dasarnya oli memiliki fungsi sebagai bahan pelumas agar mesin dapat berjalan dengan mulus dan tanpa gangguan. Baca Juga: 11 Oli Motor Matic Terbaik 2022

Bukan hanya untuk pelumas mesin tetapi oli juga befungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mencegah goresan atau benturan antara logam dari komponen mesin sehingga tidak menimbulkan panas karena gesekan.

Banyak ragam dan macam oli mesin yang dapat digunakan pada motor. Merk oli yang paling sering digunakan adalah Yamalube dan Shell. Kedua merk oli ini adalah produk yang paling sering digunakan pada kendaraan bermotor.

Akan tetapi oli memiliki keakteristik sendiri dalam menjadi pelumas, sehingga oli tidak dapat digunakan pada seluruh motor. Untuk itu mari kita mengulas kedua oli ini!

Yamalube Super Sport

Yamalube super sport motor oil diformulasikan khusus untuk perawatan mesin motor 4-tak tipe sport yang mempunyai kerapatan mesin yang kecil, tenaga mesin yang besar dan material komponen yang lebih baik.Selain itu oli Yamalube ini memiliki kunggulan yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Dengan kandungan JASO MA2 membuat Yamalube ini memiliki high friction yang dapat mengurangi gesekan dan tidak slip.

Yamalube super sport juga tahan terhadap rekasi oksidasi dan penguapan yang membuat oli ini lebih tahan lama.

Kelebihan Yamalube Super Sport

1.   Harga yang murah

Untuk harga yang ditawarkan oleh Yamalube super sport ini tergolong lebih murah untuk sebuah oli resmi yang dibuat langsung oleh Yamaha.

2.   Mudah didapatkan

Selain harga yang murah, oli ini juga sangat mudah untuk didapatkan. Oli ini tidak hanya dijual di dealer resmi atau toko resmi tetapi bengkel kecilpun menjual merk oli ini.

3.   Performa mesin yang baik

Ketika menggunakan oli ini di motor, maka pengguna motor akan merasakan sensasi yang halus ketika mengendarai motor yang menggunakan oli ini.

4.   Cocok untuk hari-hari

Pengguna oli ini lebih cocok jika digunakan diperjalanan sehari-hari. Ketika oli ini digunakan untuk perjalanan sehari-hari maka kinerja mesin tidak akan menimbulkan efek tidak ‘’enak’’ ketika menggunakannya.

5.   Cocok untuk RPM rendah

RPM (revolution per minute) merupakan angka yang menunjukan putaran mesin yang dihitung dalam hitungan satu menit. Penggunaan oli Yamalube ini cocok jika digunakan pada motor yang memiliki RPM rendah.

Kekurangan Yamalube Super Sport

1.   Suara yang dihasilkan kasar

Suara mesin yang dihasilkan oleh pengguna oli Yamalube ini tergolong suara mesin yang kasar, suara yang kasar ini akan menganggu ketika mengendarai motor.

2.   Masa performa yang singkat

Ketika menggunakan oli ini pada mesin motor maka pengendara motor akan merasakan mesin mengalami penurunan performa di angka 1000 kilometer. Sehingga pengguna motor ini wajib mengganti oli motornya secara rutin.

3.   Mesin mudah panas

Lihat juga:  11 Oli Motor Matic Terbaik 2022

Kekurangan lain dari oli adalah ketika motor digunakan untuk perjalanan jauh maka akan sulit bagi pengendara motor untuk memindahkan posisi gear dan mesin motor akan terasa sangat panas.

4.   Boros bensin

Pengguna dari oli Yamalube ini sering mengeluhkan borosnya bensin ketika menggunakan oli ini. Hal ini akan mengakibatkan membengkaknya pembayaran bensin.

Shell Advance AX7

Oli keluaran dari Shell ini merupakan oli semi sintetik keluaran dari perusahaan dan terkenal. Dengan oli motor yang memiliki ketebalan 10 W 40 dan lebih tipis membuat tarikan pada motor lebih halus dan sangat mudah.Oli Shell advance AX7 ini mengklaim bahwa dengan menggunakan oli ini dapat membantu melindungi dan menjaga kebersihan mesin serta membuat suara mesin motor menjadi lembut dan halus. Memiliki fitur utama yaitu RCE membuat motor memberikan respon yang baik pada saat dikendarai.

Kelebihan Shell Advance AX7

1.   Membuat mesin lebih bertenaga

Sesuai dengan pernyataan dari oli ini bahwa dengan kandungan RCE yang terapat pada oli membuat mesin motor memberikan respon tarikan yang baik dan membuat mesin lebih bertenaga.

2.   Memperpanjang usia mesin

Oli Shell advance AX7 dapat memperpanjang usia dari mesin motor dikarenakan memiliki formula yang khusus sehingga dapat mempertahankan kekentalan dari pelumas lebih lama.

3.   Suara mesin halus

oli ini membuat kestabilan geser yang sangat baik sehingga dapat meredam getaran yang terjadi akibat gesekan dan mengurangi kebisingan mesin.

4.   Menyingkirkan kerak

Selain sebagai pelumas komponen mesin, oli Shell advance ini juga dapat menghilangkan dan menyingkirkan residu serta kerak-kerak mesin.

Kekurangan Shell Advance AX7

1.   Sulit pindah perseneling

Walaupun oli ini memperhalus perpindahan dan gesekan tetapi ketika oli mesin motor ini digunakan di jalanan yang macet maka akan mempersulit perpindahan gigi. Oli ini lebih cocok digunakan pada jalan yang bebas macet

2.   Mesin cepat panas

Dikarenakan oli mesin ini lebih cocok jika digunakan pada jalan yang bebas macet. Menyebabkan mesin akan cepat panas ketika digunakan pada jalan yang macet.

Pilih Mana: Yamalube Super Sport atau Shell Advance AX7?

Keterangan Yamalube Super SportShell Advance AX7
Kelebihan - Harga yang murah - Mudah didapatkan - Performa mesin yang baik - Cocok untuk hari-hari - Cocok untuk RPM rendah- Membuat mesin lebih bertenaga - Memperpanjang usia mesin - Suara mesin halus - Menyingkirkan kerak
Kekurangan - Suara yang dihasilkan kasar - Masa performa yang singkat - Mesin mudah panas - Boros bensin- Sulit pindah perseneling - Mesin cepat panas
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari hasil pembahasan antara kedua oli ini terlihat bahwa tiap oli memiliki kecocokan tersendiri terhadap mesin motor. Oleh karena itu pilih dan lakukan perawatan yang cocok untuk mesin motormu agar motor awet dan nyaman ketika digunakan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamalube Super Sport vs Shell Advance AX7

VS