Pilih Mana: Yaris atau Jazz?

Loading...

Persaingan ketat antara dua mobil terlaris seperti Yaris dan Jazz memang sudah berlangsung lama. Pasalnya kedua mobil ini sama-sama disukai oleh masyarakat Indonesia. Kedua mobil itu sama-sama mobil jenis Hatchback, mobil sedan tanpa bagasi. Namun di tengah kemiripan mobil Toyota Yaris dengan Honda Jazz tentu saja ada kelebihan dan kekurangan di masing-masing mobil. Lantas bagus mana Yaris atau Jazz?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi singkat Yaris dan Jazz
– Kelebihan & kekurangan Yaris dan Jazz

Yaris
Toyota Yaris memiliki dapur pacu mesin DOHC VVT-I mesin 1,5 liter yang dapat mengantarkan tenaga hingga 109 hp atau 6000 rpm dan torsi maksimum yang bisa mencapai 141 NM atau 4200 rpm. Toyota Yaris juga memiliki transmisi otomatis 4 percepatan.

Kelebihan Yaris yang bisa Anda ketahui:

1. Handling mumpuni
Handling yang mumpuni pada Toyota Yaris berkat adanya suspensi McPherson Strut untuk bagian depan dan Rigid Axle With Torsin Beam pada suspense belakang. Kedua sistem suspensi di kalangan pencinta otomotif yang sudah terkenal kualitas.

2. Sparepart dibanderol dengan harga terjangkau
Dikutip dari Kaskus.co.id, ketika Anda memilih untuk memiliki Toyota Yaris, maka jangan khawatir akan urusan sparepart mobil ini. Karena di Indonesia sudah ada bengkel resmi dan non resmi yang menyediakan sparepart dengan harga terjangkau.

Kekurangan Yaris yang bisa Anda ketahui:

1. Kaca di dekat spion lebih kecil
Toyota Yaris memiliki kaca kecil yang berada di dekat kaca spion sehingga tidak terlalu terlihat karena bentuknya yang kecil, sedangkan Honda Jazz memiliki kaca lebih besar sehingga membantu pandangat ketika membelok ke kanan atau ke kiri.

Loading...

2. Mesin kurang responsif & kabin kecil
Kekurangan lainnya, pada perputaran bawah mesin membuat mobil Yaris terasa kurang responsif saat dikendarai. Selain itu, rasa nyaman yang harusnya diberikan pada penumpang harus terhalang karena ukuran kabin Yaris yang kecil.

Jazz
Jazz memiliki tenaga 120 ps atau 6600 rpm dan torsi maksimum yang bisa dicapai adalah 145 Nm atau 4800 rpm berkat mesin SOHC i-VTEC 1.5 liter yang telah menjadi dapur pacu kekuatan Jazz. Selain itu, transmisi yang dimiliki Honda Jazz pun lebih baik yakni 5 percepatan.

Kelebihan Jazz yang bisa Anda ketahui:

1. Desain lebih menarik dan kemudi nyaman
Honda Jazz menawarkan interior dan eksterior yang memikat hati setiap yang melihatnya. Kedua lampu utama Jazz memiliki pencahayaan yang baik, terbukti ketika dibawa di malam hari dapat memberikan cahaya yang terang sehingga sangat nyaman untuk berkendara di malam yang gelap. Kemudian, dengan adanya multi-information display yang menyajikan informasi konsumsi bahan bakar, jarak tempuh dan informasi lainnya yang tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

2. Performa mesin kencang
Performa mesin yang sudah disematkan pada Honda Jazz yakni i-VTEC yang mampu menghasilkan energi besar dan sangggup melaju kecang.

Kekurangan Jazz yang bisa Anda ketahui:

1. Suspensi kurang nyaman
Suspensi yang dimiliki Jazz terbilang keras sehingga kurang nyaman ketika diajak melewati jalanan yang tidak mulus.

2. Sparepart mahal
Hal inilah yang selalu menjadi keluhan para pengguna mobil Honda, harga sparepart Honda dibanderol dengan harga yang cukup mahal meskipun keberadaannya sangat mudah untuk didapat.

Pilih Mana: Yaris atau Jazz?

YarisJazz
Sparepart– Tergolong murah– Cenderung mahal
Bodi depan– Cenderung membulat– Lebih terlihat lancip
Kabin– Lebih kecil– Cukup besar

Kesimpulan
Kedua mobil yang kami bahas ini merupakan mobil Honda Jazz dan Toyota Yaris keluaran pertama. Namun jika membahas mobil ini, mungkin lebih kami sarankan untuk memilih Jazz yang memiliki performa lebih baik meskipun Anda harus menyiapkan budget yang mahal ketika mobil mengalami masalah sparepart. Di sinilah Toyota Yaris lebih unggul dalam urusan sparepart. Dan saat ini sudah ada varian baru keduanya yakni All New Toyota Yaris dan All New Honda Jazz yang pastinya memiliki keunggulan yang lebih baik dari kedua mobil sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yaris vs Jazz

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *