Olahraga

Pilih Mana: Yoga atau Pilates?

Olahraga merupakan aktivitas yang memberikan manfaat sangat baik bagi tubuh. Terdapat banyak jenis olahraga yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh. Namun, kadang kita tidak tahu manakah jenis olahraga yang paling sesuai untuk kebutuhan tubuh. Di antara banyak jenis olahraga, dua di antaranya yaitu yoga dan pilates. Jika Anda harus memilih salah satunya, manakah yang akan Anda pilih? Yoga atau pilates?

Yoga dan pilates merupakan dua olahraga yang sama-sama memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi. Yoga merupakan olahraga yang juga merupakan sarana meditasi. Gerakan-gerakan pada yoga dapat memberikan ketenangan dan rileksasi pada tubuh dan dapat membentuk kekuatan mental. Namun hal ini berbeda dengan pilates, pilates memang mampu menyelaraskan pikiran dengan gerakan, namun pilates tidak terfokus pada aspek jiwa. Tetapi lebih fokus untuk pemulihan cedera dan penguatan otot.

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang tidak hanya berfokus terhadap kekuatan fisik saja. Yoga merupakan olahraga yang memiliki gerakan-gerakan yang lambat dan mampu pula untuk meningkatkan kesehatan mental dan pikiran seseorang. Yoga ini telah ada sejak lama, yakni sekitar 5.000 tahun yang lalu. Baca juga Pilih Mana: Fitness atau Yoga?

Kelebihan Yoga

Berikut beberapa kelebihan yoga yang perlu Anda ketahui:

  • Memulihkan Kondisi Fisik dan Emosional dengan Gerakan yang Bervariasi

Yoga merupakan olahraga yang mampu untuk meningkatkan kondisi fisik tubuh. selain meningkatkan kondisi fisik, yoga juga mampu meningkatkan kondisi emosional. Anda dapat menyelaraskan kekuatan tubuh dan emosional saat melakukan yoga. Gerakan yang ditawarkan yoga juga lebih bervariasi dibandingkan dengan gerakan pilates.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain dapat memulihkan kondisi fisik pada tubuh. Yoga juga merupakan olahraga yang dapat memberikan berbagai manfaat dalam aspek kesehatan mental. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam yoga dapat membuat kesehatan mental yang lebih baik. Saraf simpatik anda akan menjadi lebih tenang, stres Anda akan berkurang, serta fungsi aksis hipotalamus-pituitari-adrenal Anda akan diatur untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Aktifitas tersebut dapat terjadi karena gerakan-gerakan pada yoga dan didukung musik yang menenangkan.

  • Mengembangkan Kehidupan Spiritual

Kelebihan lainnya dalam pelaksanaan yoga adalah dapat membantu untuk mengembangkan kehidupan spiritual. Yoga dipercaya dapat mengeksplorasi aspek spiritual dalam diri. Anda dapat menyelaraskan tubuh dengan pikiran dalam praktek yoga. Aspek spiritual ini tidak harus selalu ada. Jika Anda tidak membutuhkannya, Anda boleh tidak melibatkan aspek spiritual ini.

Kekurangan Yoga

Berikut beberapa kekurangan yoga yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Penguatan Otot dan Memulihkan Cedera

Jika tujuan Anda adalah membentuk dan menguatkan otot dengan cepat serta memulihkan cedera, maka yoga bukanlah pilihan yang tepat. Yoga memiliki gerakan dan postur untuk menguatkan otot, namun hasil yang diberikan relatif lama jika dibandingkan dengan pilates.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya beberapa pose dalam yoga tidak perlu Anda lakukan. Pose tersebut misalnya Breath of Fire yang malah menjadikan penderita darah tinggi menjadi lebih parah.

  • Mengakibatkan Nyeri Sendi

Banyak orang yang mengeluhkan terjadinya nyeri sendi setelah melakukan yoga. Hal ini wajar saja karena yoga memiliki banyak gerakan yang membutuhkan gerakan otot dan tulang. Jika sudah terbiasa dan sering melakukan yoga, maka nyeri sendi tidak akan benar-benar terasa atau bahkan tidak terjadi lagi.

Kelebihan YogaKekurangan Yoga
- Memulihkan kondisi fisik dan emosional dengan gerakan yang bervariasi- Kurang cocok untuk penguatan otot dan memulihkan cedera
- Meningkatkan kesehatan mental- Meningkatkan tekanan darah
- Mengembangkan kehidupan spiritual- Mengakibatkan nyeri sendi

Pilates

Pilates merupakan olahraga yang baru ada sekitar 20 abad yang lalu. Pilates ini dulunya digunakan untuk penyembuhan atau pemulihan cedera. Pilates juga mampu untuk meningkatkan kekuatan otot.

Kelebihan Pilates

Berikut beberapa kelebihan pilates yang perlu Anda ketahui:

  • Memperbaiki Postur Tubuh dan Penguatan Otot

Salah satu kelebihan pilates adalah dapat memperbaiki postur tubuh. Latihan pilates dapat membentuk ketahanan otot yang kuat dan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Sehingga latihan yang satu ini dapat membuat tubuh lebih seimbang. Selain itu, latihan pilates juga lebih terfokus untuk pembentukan otot tubuh.

  • Membantu Program Kehamilan

Pilates memiliki manfaat yang sangat banyak, manfaat lain dari olahraga pilates ini adalah dapat membantu program kehamilan. Terdapat beberapa gerakan latihan senam ini yang dapat membantu mampu merangsang peredaran darah di dalam rahim. Selain itu, persalinan dapat menjadi lebih lancar jika Anda melakukan gerakan-gerakan dengan benar dan teratur. Seperti dikutip dari Detik.com pilates tidak hanya mengatasi sakit punggung atau nyeri pada tubuh, pilates juga bisa mempengaruhi otot rahim wanita.

  • Meningkatkan Energi

Latihan pilates yang Anda lakukan juga memungkinkan suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh semakin meningkat. Suplai oksigen yang meningkat dalam tubuh pastilah dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Dengan demikian, secara signifikan senam ini dapat membuat tubuh Anda semakin fresh dan bugar.

  • Meningkatkan Kesadaran

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk fisik saja, latihan pilates juga sangat menguntungkan bagi jiwa secara menyeluruh. Dalam latihan pilates terdapat aktivitas untuk mengolah napas. Latihan yang dilakukan dalam proses ini tidak hanya membersihkan dan membuat pikiran menjadi rileks saja, akan tetapi latihan pilates juga membuat kita fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan inilah yang dapat meningkatkan pemahaman kita akan fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga.

Kekurangan Pilates

Berikut beberapa kekurangan pilates yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Efektif untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan pilates kurang cocok untuk digunakan jika Anda mengutamakan untuk meningkatkan kesehatan mental. Pilates lebih cocok untuk memulihkan cedera pada tubuh atau menguatkan persendian-persendian yang lemah.

  • Tidak Fokus pada Aspek Jiwa

Jika tujuan Anda adalah untuk memfokuskan pada aspek jiwa maka pilates bukanlah pilihan yang tepat. Pilates memang mampu untuk menyelaraskan antara tubuh dan pikiran. Namun, pilates kurang mampu untuk berfokus pada jiwa, kesehatan mental dan spiritual. Jika tujuan Anda adalah untuk fokus dalam hal ini, maka yoga lebih tepat untuk menjadi pilihan daripada pilates.

  • Harus Menggunakan Metode dan Peralatan yang Tepat

Dalam melakukan olahraga olahraga pilates, Anda perlu untuk menggunakan metode serta peralatan yang tepat. Peralatan yang tepat dapat menunjang agar hasilnya lebih maksimal. Oleh karena itu, pelajari dahulu berbagai gerakan pilates sebelum memulainya. Untuk melakukan pilates, Anda perlu menggunakan peralatan-peralatan tertentu yang mendukung. Tapi, Anda juga dapat memanfaatkan peralatan sederhana seperti meja, kursi, bola elastis, dan sebagainya jika Anda tidak mempunyai peralatan khusus untuk pilates.

Kelebihan PilatesKekurangan Pilates
- Memperbaiki postur tubuh dan penguatan otot - Kurang efektif untuk meningkatkan kesehatan mental
-Membantu program kehamilan- Tidak fokus pada aspek jiwa
- Meningkatkan energi dan kesadaran - Harus menggunakan metode dan peralatan yang tepat

Pilih Mana: Yoga atau Pilates?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara yoga dan pilates. Berikut merupakan rangkuman perbedaan antara keduanya:

YogaPilates
- Cocok dilakukan untuk relaksasi dan meningkatkan kesehatan mental- Cocok dilakukan untuk memulihkan cedera dan menguatkan otot
- Tidak memerlukan peralatan - Memerlukan peralatan yang tepat
- Telah ada sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu- Telah ada sejak 20 abad yang lalu

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai yoga dan pilates di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai tujuannya. Anda perlu menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum menentukan olahraga mana yang akan Anda pakai. Jika Anda lebih fokus untuk meningkatkan ketenangan dan mengutamakan kesehatan mental dengan gerakan yang rileks, sebaiknya Anda melakukan yoga. Namun, jika Anda perlu untuk memulihkan cedera atau meningkatkan kekuatan otot, maka pilates merupakan pilihan yang paling sesuai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yoga vs Pilates

VS

Leave a Reply