Aplikasi

Pilih Mana: Youtube Music vs Spotify

Mendengarkan musik tentunya adalah yang menyenangkan, ditambah jika platform musik kamu menyediakan seluruh jenis musik yang kamu inginkan. Youtube Music dan Spotify merupakan salah satu platform musik yang memiliki banyak fitur dan kelebihan di dalamnya.

Selain itu, Youtube Music dan Spotify bisa kamu dapatkan melalui iOS maupun Android di seluruh perangkat kamu. Jadi kamu bisa penuhi segala jenis kebutuhan musik kamu melalui kedua platform yang sedang naik daun ini.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai Youtube Music dan Spotify sehingga bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih platform musik andalan kamu sehari-hari. Stay tune guys!

Youtube Music vs Spotify

Youtube Music

YouTube Music merupakan aplikasi dan ​web player​ yang sudah didesain ulang khusus untuk mendengarkan musik, yang menyediakan lagu-lagu dan official album, ribuan playlist, dan stasiun radio artis dipadukan dengan deretan remix video dari YouTube seperti video pentas​live,​ lagu​cover,​dan video musik yang luar biasa banyaknya, yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Semua itu sudah diatur dan dipersonalisasi khusus untuk kamu. Untuk pertama kalinya, Kamu dapat mendengarkan semua musik favorit kamu dari satu tempat.

Walaupun itu semua dapat dinikmati gratis melalui versi YouTube Music yang didukung iklan, Google juga mengumumkan ​YouTube Music Premium,​ yaitu opsi langganan berbayar yang bisa memungkinkan pengguna buat memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil menggunakan aplikasi lain, menulis pesan chat/SMS, atau bahkan saat berolahraga dalam keadaan ponsel terkunci.

YouTube Music Premium juga menawarkan fitur download​ offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan-semua itu dapat dinikmati mulai dari Rp 49 ribu per bulan.

Terdapat lebih dari 1 miliar pecinta musik di seluruh dunia yang mengakses YouTube setiap bulannya untuk mendengarkan musik kesukaan yang sedang populer, dan menemukan musik baru. Di platform ini pulalah terdapat lebih dari 2 juta artis yang mengekspresikan suara dan karya-karyanya ke seluruh dunia. Baca juga Pilih Mana: Spotify atau JOOX?

Kelebihan Youtube Music

  • Bisa dengan mudah menemukan musik
    Di dalam fitur youtube musik, konsumen bisa dengan mudah menemukan musik berdasarkan nama artis, jenis musik, dan nama album. Konsumen juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan album secara penuh jika musik tersebut tersedia videonya, namun jika tidak ada video dalam track tersebut maka cuma akan menampilkan cover art dari album.
  • Free video streaming
    Konsumen youtube musik tidak dikenakan biaya alias free untuk menikmati video streaming khusus musik ini, hanya saja halaman iklan akan senantiasa tampil menghiasi layar video, ini sebagai kontribusi pihak advertiser dalam berpromosi.
  • Terdapat fitur menarik didalamnya
    Fitur menarik lainnya dari youtube musik, konsumen dapat mendengarkan audio saja tanpa melihat track video dengan mengaktifkan audio only. Sebagian orang menganggap perihal ini lebih efisien dalam pemakaian baterai, jika konsumen youtube musik mengaksesnya dari perangkat ponsel maupun gadget.

Youtube Music vs Spotify

Kekurangan Youtube Music

  • Sering muncul iklan
    Untuk pengguna Youtube Music free, sudah tidak kaget lagi jika Youtube Music pastinya memiliki iklan yang sering muncul. Seperti yang sudah kami sebutkan tadi bahwa hal ini sebagai kontribusi pihak advertiser dalam berpromosi di dalamnya.
  • Tidak memiliki podcast seperti Spotify
    YouTube Music merupakan aplikasi mirip Spotify yang memungkinkan konsumennya mendengarkan lagu secara streaming. Namun, berbeda dengan Spotify, YouTube Music tidak memiliki fitur podcast dan cuma menyediakan streaming musik saja. Podcast sendiri adalah rekaman audio serupa siaran radio yang umumnya menyajikan pembahasan suatu topik oleh satu orang atau lebih. Formatnya umumnya audio digital.
  • Tidak dapat memutar musik dari cloud
    YouTube Music masih tidak dapat memutar musik dari cloud seperti Google Play Music. Ini sebenarnya merupakan fitur yang bagus untuk mereka yang musiknya tidak begitu beragam.

Spotify

Spotify adalah layanan streaming musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu serta konten lain dari artis di seluruh dunia. Spotify tersedia diberagam perangkat, termasuk komputer, handphone, tablet, speaker, TV, dan mobil, serta kamu dapat dengan mudah berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain memakai Spotify Connect.

Spotify memiliki fitur akses gratis dengan beberapa batasan untuk kamu yang baru pertama mencoba atau enggan mengeluarkan biaya langganan bulanan.

Dengan fitur gratis tersebut, kamu tidak dapat membuat Playlist, mengunduh musik untuk diputar secara offline atau mengganti pengaturan kualitas musik. Setiap mengganti lagu juga akan mendapatkan iklan dalam bentuk suara yang mengajak kamu untuk berlangganan.

Bagi pelanggan Spotify Premium, kamu bisa menemukan pengaturan Music Quality. Fitur ini berguna untuk memilih kualitas musik yang diunduh atau streaming alis putar secara online.

Lihat juga:  Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

Mulai dari Normal (96 kbit/s), High (160 kbit/s), dan Extreme (320 kbit/s). Pengaturan ini tersedia secara terpisah untuk mode streaming dan download. Kamu pula dapat mengatur mode mengunduh musik dengan Cellular Data atau mematikannya.

Youtube Music vs Spotify

Kelebihan Spotify

  • Spotify mempunyai discovery musik yang lebih bagus
    Kamu dapat lebih mudah mengeksplorasi lagu baru yang mungkin kamu sukai berdasarkan artis, related songs, fitur Daily Mix, Public playlist, Smart Speaker, TV, sound system di mobil, Games Console dan sebagainya. Mencari dan menemukan lagu favorit di Spotify terasa lebih gampang.
  • Spotify mempunyai opsi akun gratis
    Walaupun didukung iklan dan tidak dapat di download offline, namun cukup untuk membuat kamu menikmati jutaan musik meskipun tidak berlangganan secara berbayar. Tertarik menggunakan Spotify?
  • Spotify tersedia di berbagai platform
    Spotify bisa dengan mudah kamu dengarkan melalui beberapa platform seperti iOs, Android, Windows Phone / Windows 10 Mobile dan lain sebagainya. Jadi Spotify tentunya kompatibel dengan seluruh

Kekurangan Spotify

  • Tidak memiliki Theme Center
    Spotify sendiri tidak memiliki Theme Center yang bisa diubah sesuai selera penggunanya. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri karena tentu ada kalanya kita akan jenuh akan tema yang tidak bisa dirubah di Spotify.
  • Hanya menyediakan layanan 1 minggu premium untuk member baru
    Hal ini sebenarnya bukanlah kekurangan yang cukup berarti, namun jika dilihat dari beberapa pesaingnya yang menawarkan lebih dari 1 minggu premium untuk pengguna barunya, maka Spotify dirasa kalah akan hal ini.
  • Tidak bisa mengutip lirik dari lagu
    Dan kekurangan terakhir dari Spotify adalah tidak bisa mengutip lirik dari lagu. Untuk kamu pengguna free yang suka akan lirik-lirik dari lagu kesayangan kamu, jangan harap bisa dikutip dan di share ke social media kamu karena tidak ada fitur ini dari Spotify. Fitur ini bisa digunakan untuk mereka pengguna premium.
Youtube MusicSpotify
Fitur andalanRekomendasi khusus, ribuan playlist dari genre, fitur penelusuran yang pintar, video terbaru dan terpopuler dan mode beralih audio/videoPilihan lagu berdasarkan genre dan mood, lagu offline, memutar audio berkualitas tinggi, tampilkan lirik dan ikut menyanyi dan bermain game sambil mendengarkan musik
Kompatibel perangkatKomputer, handphone, tablet, speaker, TV, dan mobilKomputer, handphone, tablet, speaker, TV, dan mobil
PremiumRp 49.000,- per bulan Rp 24.990,- per bulan

Youtube Music vs Spotify

Youtube Music vs Spotify

Youtube Music ini mempunyai kesamaan dengan Spotify bila dilihat secara garis bisnis yang digunakan. Pengguna Youtube Music dapat memilih menggunakannya secara gratis dengan sisipan iklan atau membayar biaya berlangganan setiap bulannya tanpa iklan.

Aplikasi yang dipunyai Youtube ini berkolaborasi secara langsung dengan Google yang menyebabkan konsumen dapat mendapatkan rekomendasi musik yang lebih akurat dengan melihat selera musik, tempat, dan waktu.

Pada Spotify sendiri, mereka tidak bekerja sama dengan Google, hal inilah yang menjadi nilai positif untuk Youtube Music. Namun, bila dilihat dari musik katalog yang dipunyai oleh kedua aplikasi ini, Spotify lebih unggul tipis dibanding dengan Youtube Music.

Hal ini disebabkan Spotify mempunyai banyak opsi lagu yang tersedia di dalam aplikasi ini. Spotify memang masih menjadi aplikasi musik yang difavoritkan namun, Youtube Music juga memberikan penawaran yang menarik dan ini masih tahun awal untuk Youtube Music, jadi aplikasi ini masih sangat bisa untuk berkembang lebih baik lagi.

Pilih Mana: Youtube Music vs Spotify

Youtube MusicSpotify
Kelebihan- Bisa dengan mudah menemukan musik - Free video streaming - Terdapat fitur menarik didalamnya - Spotify mempunyai discovery musik yang lebih bagus - Spotify mempunyai opsi akun gratis - Spotify tersedia di berbagai platform
Kekurangan- Sering muncul iklan - Tidak memiliki podcast seperti Spotify - Tidak dapat memutar musik dari cloud - Tidak memiliki Theme Center - Hanya menyediakan layanan 1 minggu premium untuk member baru - Tidak bisa mengutip lirik dari lagu

Kesimpulan

Youtube Music dan Spotify adalah platform musik yang sedang naik daun saat ini. Di dalam platform musik tersebut terdapat beberapa fitur seperti video streaming, karaoke dan lain sebagainya yang membuat orang jadi semakin betah dengan kedua platform musik ini. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan pilihan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Youtube Music vs Spotify

VS

Leave a Reply