Finance

Pilih Mana: Zcash atau Bitcoin?

Platform berbasis investasi jangka panjang dan transaksi digital antar negara sudah banyak beredar di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Saat ini sudah banyak masyarakat kita yang menggunakan platform tersebut untuk aktivitas dan kebutuhan mereka masing-masing seperti membeli produk diluar negeri, transaksi antar individu, investasi dan sebagainya. Platform yang terkenal tersebut salah satu contohnya seperti Zcash dan Bitcoin.

Zcash dan Bitcoin sendiri sudah tidak asing lagi untuk mereka yang menekuni dunia digital berbasis koin digital tersebut. Fitur yang tersemat didalamnya memberikan banyak manfaat untuk para pemakainya agar aman dan mudah saat bertransaksi.

Apakah Zcash dan Bitcoin layak untuk dijadikan investasi? Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangannya? Semua itu akan saya bahas pada artikel kali ini. So jangan kemana-mana disini aja ya!

Zcash

Zcash (ZEC) merupakan desentralisasi dan privasi yang berfokus pada cryptocurrency. Teknologi utama Zcash, disebut zk-SNARKs, merupakan zero-knowledge proofs, yang memungkinkan transaksi untuk memvalidasi data tanpa mengungkapkan informasi mengenai jumlah dan pihak yang terlibat.

Zcash merupakan proyek mata uang digital yang berfokus pada privasi yang didukung oleh Sains. Tim Zcash percaya bahwa di masa depan, sistem keuangan dan uang secara keseluruhan akan berada dalam struktur terdesentralisasi dan bersifat pribadi.

Oleh sebab itu, transaksi pada jaringan Zcash dienkripsi secara end-to-end dan terlindung dari pengawasan publik dimana hal itu bertentangan dengan pakem transaksi di Bitcoin, Ethereum, dan mayoritas koin-koin digital lainnya.

Seperti Bitcoin, Zcash merupakan mata uang digital atau cryptocurrency yang bisa dipakai untuk membeli barang serta jasa, ataupun kamu bisa trading berbagai cryptocurrency exchange seperti di Tokenomy.

Pihak yang terlibat dalam transaksi akan bisa mengontrol informasi yang dibagikan. Alamat serta saldo mereka diberi perlindungan alhasil tidak terlihat pada blockchain. Pembayaran yang terbuka dan spesial “viewing keys” bisa dipakai untuk berbagi rincian transaksi dengan pihak ketiga yang terpercaya seperti compliance dan audit. Baca juga Pilih Mana: Vertcoin atau Bitcoin?

Kelebihan Zcash

  • Protokol canggih
    Protokol yang digunakannya yaitu zk-SNARK, yang ialah singkatan dari zero-knowledge Succinct Non-interaktif Argument dari Knowledge. Protokol ini memungkinkan jaringan untuk mempertahankan buku besar nyaman dari saldo tanpa mengungkapkan pihak-pihak atau jumlah yang terlibat.
  • Privasi terjaga
    Semua kegiatan yang ada di Zcash semuanya bersifat anonim, yang ada hanya angka dan waktu pembayaran atau penerimaan koin saja. Tentu saja ini merupakan salah satu kelebihan dari Zcash mengingat banyak hacker yang bisa menerobos dompet kita hanya dengan informasi diri kita saja.
  • Bisa dipertukarkan
    Zcash sepenuhnya bisa dipertukarkan. Artinya, kamu bisa mengganti blok Zcash dengan yang lain. Tentu ini menjadi salah satu kelebihan menarik yang dimiliki oleh Zcash.

Kekurangan Zcash

  • Resiko aktivitas terlarang
    Dengan adanya privasi yang terjamin bukan berarti tidak ada celah untuk oknum yang hendak melakukan aktivitas kriminal seperti pencucian uang, transaksi ilegal dan sebagainya yang merugikan banyak pihak.
  • Sulit mencari identitas pemakai
    Dengan adanya aktivitas terlarang yang tadi saya sebutkan, tentu saja jika ingin melacaknya membutuhkan informasi diri dan ini tidak bisa dilakukan mengingat Zcash sangat menjaga privasi para pemakainya.
  • Tidak ada jaminan regulasi dengan pemerintah
    Segala bentuk aktivitas dan transaksi yang ada pada Zcash tidak ada jaminan regulasi dari pemerintah. Segala resiko dari para pemakainya akan ditanggung masing-masing.

Apakah Zcash layak dijadikan investasi?

Zcash cukup layak untuk diinvestasikan. Meski sudah disebutkan tadi diatas beberapa kerugiannya, Zcash amat dihargai di komunitas crypto sebab pendekatannya yang unik terhadap privasi. Jaringan yang menjaga semua transaksi serta alamat tersembunyi supaya tidak terpapar ke pihak ketiga.

Fitur ini sudah membantu ZEC dituntut oleh bisnis serta perorangan dan harga Zcash sama sekali tidak mempengaruhinya. Terlebih lagi, alasan lain Zcash layak berinvestasi yaitu karena volatilitasnya. Dengan tiap penurunan harga datang dengan sejumlah besar kenaikan harga yang signifikan.

SpesifikasiZcash
DiciptakanZooko Wilcox
Tahun berdiriTahun 2016
Rata-rata waktu blok150 detik
Jumlah koin maksimal21.000.000 koin

Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan tahun 2009 lalu oleh seseorang yang memakai nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin utamanya dipakai dalam transaksi di internet tanpa memakai perantara alias tidak memakai jasa bank.

Sama seperti KoinWorks, bitcoin memakai sistem peer to peer (P2P). Cuma saja, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bitcoin atau Saham?

Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin memakai sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Banyak juga orang yang cuma memperjualbelikan bitcoin sebagai salah satu aktivitas berinvestasi yang menguntungkan, serta banyak yang menjadi kaya raya oleh karenanya. Perihal itu dipengaruhi oleh harga bitcoin yang menggapai ratusan juta rupiah pada 2017 silam.

Kelebihan Bitcoin

  • Biaya transaksi amat rendah atau bahkan nol
    Bahkan meski kamu melakukan penukaran Bitcoin ke mata duit biasa di Exchange atau Marketplace, biayanya masih lebih rendah dibanding transfer bank, kartu kredit, maupun PayPal.
  • Bitcoin beredar dalam jaringan komputer dunia
    Kamu dapat mengirim serta menerima kiriman uang dimanapun dan kapanpun. Kamu tidak perlu khawatir transfer uang berjeda libur nasional atau sejenisnya seperti yang dialami bila transfer dana melalui bank.
  • Penyimpanan Bitcoin bebas biaya
    Kalaupun akan ada charge dari penyedia Wallet Bitcoin, maka mereka mesti mendapatkan persetujuan kamu dahulu sebelum memotong dana dalam simpanan kamu.

Kekurangan Bitcoin

  • Tidak ada jaminan regulasi pemerintah manapun di dunia
    Bahkan Bank Indonesia yang mengatur peredaran uang di nusantara pun menyatakan secara implisit bahwa Bitcoin bukanlah alat pembayaran resmi, dan Kamu menanggung sendiri risiko jika tetap mau memakainya.
  • Sangat berisiko hilang atau dicuri
    Sebagai mata uang virtual, bitcoin disimpan dalam bentuk file digital atau dikenal dengan sebutan wallet file. Dalam penggunaannya, wallet file serupa dengan fungsi dompet penyimpan uang tunai.
  • Alat pencucian uang
    Pemakaian mata uang bitcoin tidak dikontrol pemerintah atau lembaga keuangan yang berwenang. Akibatnya kondisi tersebut membuka peluang besar untuk melakukan aksi kriminal seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.

Apakah Bitcoin layak dijadikan investasi?

Kesempatan kamu memperoleh keuntungan besar dari pembelian bitcoin sama seperti kesempatan kamu memenangkan uang dari undian berhadiah. Tingkatan keberhasilannya susah ditakar.

Bila benar-benar ingin mencoba investasi bitcoin, kamu mesti lebih dulu mempersiapkan mental. Pasanglah pola pikir seperti seorang angle investor yang ikhlas mengucurkan dana pada usaha rintisan baru.

Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital, bukan perusahaan. Sebab itu tidak ada arus uang yang dapat dianalisa atau laporan keuangan untuk menentukan waktu investasi. Semua ada ditanganmu akan atau tidak menjadikan Bitcoin sebagai investasi jangka panjang.

SpesifikasiBitcoin
DiciptakanSatoshi Nakamoto
Tahun berdiriTahun 2009
Rata-rata waktu blok10 menit
Jumlah koin maksimal21.000.000 koin

Pilih Mana: Zcash atau Bitcoin?

Zcash Bitcoin
Kelebihan- Protokol canggih - Privasi terjaga - Bisa dipertukarkan - Biaya transaksi amat rendah atau bahkan nol - Bitcoin beredar dalam jaringan komputer dunia - Penyimpanan Bitcoin bebas biaya
Kekurangan- Resiko aktivitas terlarang - Sulit mencari identitas pemakai - Tidak ada jaminan regulasi dengan pemerintah - Sangat berisiko hilang atau dicuri - Alat pencucian uang - Tidak ada jaminan regulasi pemerintah manapun di dunia

Kesimpulan

Setelah saya bahas mengenai Zcash dan Bitcoin diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa kedua platform terkenal ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang cukup baik dan beresiko. Untuk itu kalian para pemakai dan calon pemakai harus teliti dan hati-hati saat melakukan aktivitas didalamnya. Mengenai layak dan tidak layaknya kedua platform tersebut untuk dijadikan investasi semuanya ada pada keputusan kamu masing-masing selama tidak menimbulkan kerugian yang sangat mendalam. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcash vs Bitcoin

VS

Leave a Reply