Finance

Pilih Mana: Zcash atau Dash?

Kedua cryptocurrency Zcash dan Dash sangat populer karena mereka menawarkan privasi superior dan anonimitas dibandingkan dengan Bitcoin. Tetapi apakah perbedaan dari keduanya? Pilih Mana Zcash atau Dash? Semua pertanyaan tersebut akan kitas bahas dalam artikel kali ini.

Saat ini, ada perdebatan sengit pada beberapa forum online yang berbeda yang membahas kedua koin privasi ini lebih anonim . Meskipun keduanya dibandingkan, mereka masing-masing memiliki Kelebihan dan kekurangan sendiri. Dalam Artikel Zcash atau Dash ini, kami akan mengulas lebih dalam ke masing-masing altcoin ini untuk mengungkap informasi berharga yang akan membantu untuk memutuskan mana yang menawarkan lebih banyak anonimitas.

Zcash

Zcash merupakan pendekatan baru terhadap problematika anonimitas yang terdapat pada cryptocurrency, terutama Bitcoin. Seperti yang telah kita ketahui, Bitcoin hanya memiliki karakteristik semi anonim, di mana beberapa teknik analisis bisa digunakan untuk membuka sebagian informasi terkait identitas pengguna BTC.

Zcash (ZEC) merupakan Aset Digital yang transaksinya sepenuhnya anonim. Jika dalam transaksi Bitcoin kita bisa melihat transaksi seseorang mulai dari berapa jumlah transaksi dan alamat mereka.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Zcash menggunakan teknik yang terlebih dahulu dikembangkan oleh tim Zerocash. Teknik ini terkait dengan zero-knowledge proof, yaitu metode di mana seseorang bisa membuktikan bahwa ia memiliki data tertentu tanpa harus menginformasikan data tersebut kepada orang lain. Zerocoin kemudian memformulasikan teknik serupa ke dalam protokol yang disebut dengan zk-snarks. Konsep-konsep inilah yang kemudian dilebur menjadi 1 proyek saja, yaitu Zcash. Baca juga Pilih Mana: Zcash atau Monero?

Kelebihan Zcash

  • Menggunakan teknologi perlindungan privasi
    Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Zcash menggunakan teknologi perlindungan privasi zk-SNARK yang dirancang khusus untuk melindungi alamat pengirim dan penerima dan juga menyembunyikan jumlah yang dikirim. Karenanya, perusahaan besar dan orang kaya memanfaatkan privasi tingkat tinggi ini.
  • Dapat dipertukarkan
    Zcash sepenuhnya sepadan atau dapat ditukar karena privasi dan anonimitasnya. Dengan kata lain, unit atau blok Zcash dapat saling menggantikan untuk unit lain dengan nilai yang sama dengan semua koin lainnya.
  • Tahan ASIC
    ZCash dirancang khusus agar lebih hemat energi saat menambang, tidak seperti ASIC, yang mengonsumsi lebih banyak listrik daripada CPU dan GPU.

Kekurangan Zcash

  • Digunakan untuk kegiatan uang tunai ilegal
    Sementara privasi dan anonimitas lebih disukai oleh sebagian besar pengguna, patut dicatat bahwa koin privasi dapat disalahgunakan dan digunakan untuk kegiatan uang tunai ilegal. Namun, ini merupakan keuntungan dalam banyak kasus.
  • Biaya tinggi
    Biaya transaksi lebih tinggi jika kalian ingin memilih untuk menyembunyikan alamat kalian.
  • Penambang hanya dapat dilakukan CPU
    Meskipun dirancang khusus untuk pengguna Linux, Zcash terbatas hanya untuk penambangan CPU. Jadi, jika kalian ingin melakukan penambangan harus memiliki CPU.

Dash

Dash adalah bentuk pembayaran elektronik terdesentralisasi peer-to-peer, diluncurkan pada 18 Januari 2014 , setelah banyak penelitian dan kerja keras berbulan-bulan. Itu dibuat dan dirancang oleh  Evan Duffield yang percaya bahwa pengguna crypto harus dapat menikmati privasi serta anonimitas .

Tata kelola dan penganggaran sistem terdesentralisasi, membuat Dash menjadi organisasi otonom yang terdesentralisasi (DAO).

Awalnya dikenal sebagai XCoin. Namun, namanya mengalami beberapa transformasi. Pada bulan Februari 2014, namanya diganti menjadi “Darkcoin”. Menurut pengembang, nama ini menghalangi pencapaian misi mereka karena banyak yang mengira itu terkait dengan kegiatan terlarang. Akibatnya, Darkcoin diubah menjadi “Dash”, singkatan dari ” Digital Cash “. Ini terjadi pada 25 Maret 2015. Nama ini mencerminkan visi sejati Duffield.  Fitur dasar yang dimiliki Dashcoin (DSH):

  • Pembayaran Anonymous. Tersembunyi dan tidak bisa dilacak oleh pihak ketiga.
  • Transaksi tak tertaut. Transaksi yang dilakukan tidak bisa diatur pihak lain.
  • Bukti transaksi ganda.
  • Resistensi analisis blockchain.
  • PoW (Proof-of-Work) Egalitarian.
  • Batas Adaptif.

Kelebihan Dash

  • Transaksi cepat
    Dash cryptocurrency telah mendapatkan popularitas karena menggunakan InstantSend, teknologi unik yang memastikan bahwa transaksi dilakukan hampir secara instan; kurang dari 4 detik.
  • Block Rewards
    Baik penambang dan masternode menerima 45% hadiah untuk kontribusi mereka dalam mengamankan jaringan atau menambahkan fitur unik seperti InstantSend. 
    10% dari hadiah ini diberikan ke kumpulan dana dan digunakan untuk memberi insentif dan mendukung pengembangan Dash.
  • Privasi
    Dash memecahkan masalah privasi dengan memastikan bahwa detail transaksi pengguna disembunyikan ketika metode PrivateSend diterapkan, sehingga menyulitkan pengamat eksternal untuk menentukan sumber dana.

Kekurangan Dash

  • Masalah legitimasi
    Dash kritikus mengklaim bahwa sejumlah besar (2 juta dari total 18 juta koin) dari masternode milik tim pengembangan inti. Ini menimbulkan keraguan atas legitimasi desentralisasi Dash.
  • Masalah Privasi
    Fitur privasi Dash, PrivateSend dikatakan tidak lebih dari koin jatuh. Dengan kata lain, ini dapat ditelusuri jika seseorang menguasai masternode yang dilewati transaksi.
  • Persaingan ketat
    Dash menghadapi persaingan ketat dengan jenis koin privasi lainnya seperti Zcash dan Monero karena kritik mengatakan nanti lebih baik daripada yang sebelumnya dalam hal privasi.

Perbedaan Zcash vs Dash

Meskipun banyak informasi tentang perbedaan antara Zcash maupun Dash yang beredar, Tetapi, hal ini bermuara pada hal berikut:

1. Tanggal Peluncuran
Dash adalah altcoin lama, seperti yang diluncurkan pada 2014, sementara Zcash baru ada sejak Oktober 2016.

2. Fitur Privasi
Jaringan Zcash mengklaim untuk menyediakan transaksi yang lebih aman dan pribadi karena didasarkan pada zk-SNARKs, yang mengenkripsi alamat pengirim dan penerima, serta jumlah yang dikirim. Di sisi lain, Dash menawarkan peningkatan privasi dan anonimitas saat dibutuhkan melalui fitur dompet PrivateSend. Jika tidak, transaksi dapat dilakukan tanpa perlindungan privasi seperti cryptocurrency lainnya.

3. Proof of Work
Algoritma Zcash PoW adalah Equihash sementara Dash menggunakan hybrid PoW / PoS (Proof of Stake).

4. Imbalan Penambangan
Untuk Zcash, 12,5 ZEC dari total 50 Zcash diberikan kepada penambang setiap 10 menit. Sementara 10% dari semua koin yang ditambang pergi ke hadiah pendiri. Sementara itu, hadiah penambangan untuk Dash dibagi menjadi tiga, 45% untuk penambang, 45% untuk Masternodes sementara 10% berlaku untuk pendanaan pengembangan Dash. Ini berarti bahwa Dash didanai sendiri.

5. Block Reward Halving
Zcash block reward dapat dibagi dua dalam setiap 4 tahun seperti halnya Bitcoin. Namun, tidak ada separuh di Dash karena berkurang 7% per tahun.

6. Jumlah Koin
Dengan Zcash, akan ada total 21 juta ZEC yang dikeluarkan. Masih harus diketahui kapan ZEC akan sepenuhnya ditambang. Sebaliknya, Dash memiliki persediaan maksimum 18,9 juta koin. Saat ini, lebih dari 8,8 juta koin telah ditambang. Semua 18,9 juta koin Dash diharapkan akan ditambang pada tahun 2050.

Siapa Yang Paling Anonim?

Zcash
Transaksi Zcash juga dapat bersifat pribadi atau publik tergantung pada keinginan pengguna. Pengembang koin ini mengklaim bahwa itu lebih pribadi dan aman daripada crypto  lainnya karena fakta bahwa jaringan didasarkan pada protokol zk-SNARKs . Dengan kata lain, transaksi hanya dapat diverifikasi pada pernyataan benar-salah.

Lihat juga:  Pilih Mana: Investasi Tanah atau Emas?

Dengan metode kriptografi ini, identitas pengirim dan penerima beserta jumlah yang dikirim tetap disembunyikan. Satu-satunya hal yang diungkapkan oleh buku besar adalah waktu transaksi terjadi. Sebagian besar pengembang lebih suka metode ini karena mereka menyebutnya sebagai semacam standar keamanan.

Dash
Sedangkan, Dash PrivateSend dapat mencampur transaksi yang dilakukan. Proses ini dijuluki “pencampuran”. Perhatikan bahwa meskipun asal-usul koin dihilangkan datanya, penerima koin masih dapat dilihat. Ini berarti bahwa jaringan tidak sepenuhnya pribadi , sehingga menimbulkan pertanyaan tentang seberapa bagus layanan ini untuk membuat pengguna tetap anonim.

Ketika melakukan transaksi, kalian harus bergantung pada penerima koin untuk memutuskan koneksi dengan menggunakan fitur PrivateSend. Jika transaksi anonim terhubung ke transaksi non-pribadi, ada kemungkinan hal itu dapat dilacak.

Tabel Perbandingan Zcash dan Dash

Spesifikasi ZcashDash
DeskripsiUang digital pribadi Kas digital terdesentralisasi
Pendiri Zooko Wilcox Evan Duffield
Tanggal peluncuran 28 Oktober 2016 18 Januari 2014
Total Pasokan (per September 2019)21 juta 8,8 juta
Algoritma Hashing zk-SNARKs X11
Batas Ukuran Blok 2 MB 2 MB
Blokir Waktu Konfirmasi 2,5 menit 2,5 menit

Pilih Mana: Zcash atau Dash?

ZcashDash
Kelebihan- Menggunakan teknologi perlindungan privasi - Dapat dipertukarkan - Tahan ASIC - Transaksi cepat - Block Rewards - Privasi
Kekurangan- Digunakan untuk kegiatan uang tunai ilegal - Biaya tinggi - Penambang hanya dapat dilakukan CPU- Masalah legitimasi - Masalah Privasi - Persaingan ketat

Kesimpulan

Zcash dan Dash sudah kita bahas pada artikel di atas. Tentunya, keduanya mempunyai keunggulan yang di tawarkan. Misalnya, tim pengembangan ZEC membuat rencana untuk memasukkan lebih banyak pembaruan untuk memperbaiki masalah skalabilitas Zcash, sehingga membuat jumlah transaksi yang tidak terbatas menjadi kenyataanSementara itu, Dash jelas merupakan cryptocurrency yang layak dilihat karena diharapkan menjadi salah satu yang mendapat keuntungan terbesar. Koin ini sudah digunakan untuk berbagai program pembayaran. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcash VS Dash

VS

Leave a Reply