Finance

Pilih Mana: Zcash atau Ethereum?

Berinvestasi tidak hanya dilakukan seperti menanam saham, membeli emas, tanah atau semacamnya. Sekarang banyak platform bebasis transaksi internasional yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk berinvestasi juga, contohnya seperti Zcash dan Ethereum.

Zcash dan Ethereum sendiri merupakan platform transaksi dan investasi yang terkenal di seluruh dunia, fitur dan kelebihannya tentu sangat bermanfaat untuk para pemakainya. Disamping itu semua, kedua platform terkenal ini juga memiliki nilai yang tinggi, namun bisa saja berubah-ubah sesuai dengan pergerakannya masing-masing.

Artikel ini pas banget buat kamu yang mau mendalami detail mengenai Zcash dan Ethereum. Tidak hanya itu, kelebihan beserta kekurangan dari kedua platform terkenal tersebut juga akan dibahas secara lengkap pada artikel ini. So stay tune ya guys!

Zcash

Zcash (ZEC) merupakan Aset Digital yang transaksinya sepenuhnya anonim. Jika dalam transaksi Bitcoin kita dapat melihat transaksi seseorang mulai dari berapa jumlah transaksi serta alamat mereka.

Zcash merupakan pendekatan baru terhadap problematika anonimitas yang terdapat pada cryptocurrency, terutama Bitcoin. Seperti yang sudah kita ketahui, Bitcoin cuma mempunyai karakteristik semi anonim, di mana sebagian teknik analisis dapat dipakai untuk membuka beberapa informasi terpaut identitas pemakai BTC.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Zcash memakai teknik yang terlebih dulu dikembangkan oleh tim Zerocash. Teknik ini terkait dengan zero-knowledge proof, yakni metode di mana seseorang dapat membuktikan kalau ia mempunyai data tertentu tanpa mesti menginformasikan data itu kepada orang lain.

Zerocoin kemudian memformulasikan teknik serupa ke dalam aturan yang disebut dengan zk-snarks. Konsep-konsep inilah yang kemudian dilebur menjadi 1 proyek saja, yakni Zcash. Baca juga Pilih Mana: DASH atau Bitcoin?

Kelebihan Zcash

  • Mempunyai protokol canggih
    Protokol yang digunakannya yakni zk-SNARK, Protokol ini memungkinkan jaringan untuk mempertahankan buku besar aman dari saldo tanpa mengungkapkan pihak-pihak atau jumlah yang terlibat. Dalam bahasa sederhana, zk-SNARK dapat dilihat sebagai bentuk baru dari zero-knowledge kriptografi yang memastikan kalau transaksi di Zcash sepenuhnya dienkripsi pada blockchain dan kerahasiaan metadata transaksi dipertahankan.
  • Bisa dipertukarkan
    Kelebihan selanjutnya yaitu Zcash sepenuhnya bisa dipertukarkan. Artinya, kamu bisa mengganti blok Zcash dengan yang lain.
  • Menyimpan privasi penggunanya
    Berbeda dengan beberapa platform terkenal lainnya, Zcash menyimpan privasi penggunanya saat melakukan berbagai aktivitas atau transaksi. Ini memiliki efek baik mengingat banyak hacker yang bisa melakukan aktivitas kriminal jika mengetahui detail dari beberapa pemakai platform.

Kekurangan Zcash

  • Resiko aktivitas terlarang
    Dengan privasi yang sangat dijaga, tentu saja ini membuka peluang untuk para oknum yang memiliki niat jahat untuk melakukan aktivitas terlarang.
  • Sulit melacak pemakai
    Dengan aktivitas terlarang tadi, tentu saja kita sulit untuk melacak pemakainya. Hal ini tentu saja sangat merugikan, terlebih jika menyangkut nominal yang besar.
  • Tim pengembang tersentralisasi
    Walaupun di desentralisasi, Zcash mempunyai yayasan dan tim pengembangan yang tersentralisasi. Tentu saja ini merupakan salah satu kekurangan Zcash yang cukup merugikan.
SpesifikasiZcash
DiciptakanElectric Coin Company (ECC)
Tahun BerdiriTahun 2016
1 Zcash Rp 653.172 (per September 2019)

Ethereum

Ethereum sebenarnya sangat mirip dengan Bitcoin. Ethereum merupakan jaringan peer-to-peer publik atau blockchain dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether.

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum yaitu untuk menjadi platform dimana smart contracts bisa diciptakan dan dijalankan. Sederhananya, tujuan Ethereum yaitu untuk menjadi komputer dunia.

Bitcoin lebih ditujukan untuk menyimpan daftar saldo serta transaksi di blockchainnya, sedangkan blockchain Ethereum dikonsep untuk menyimpan berbagai jenis data. Data ini dapat diakses dan dipakai oleh program-program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum. Program-program ini disebut aplikasi terdesentralisasi, atau dapps.

Pengembang di seluruh dunia bisa membangun serta menjalankan aplikasi terdesentralisasi pada blockchain Ethereum. Tujuannya yaitu untuk memperbaiki industri keuangan, penyimpanan informasi pribadi, tata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya dengan memakai sifat transparan blockchain.

Lihat juga:  Pilih Mana: Doku atau Midtrans?

Kelebihan Ethereum

  • Teknologi blockchain
    Salah satu kelebihan Ethereum yaitu mempunyai semua kelebihan pada teknologi blockchain, yakni bebas downtime, sensor, penipuan, maupun interferensi pihak ketiga.
  • Ethereum Virtual Machine (EVM)
    Artinya pengembang bisa dengan bebas membuat berbagai aplikasi semudah membuat aplikasi dengan javascript. Untuk pengembang yang akan membuat aplikasi berbasis blockchain, maka ethereum merupakan solusi yang pas.
  • Tim pengembang memiliki reputasi yang baik
    Tim pengembang ethereum juga telah mempunyai reputasi sebagai tim yang solid serta kompeten dalam meningkatkan stabilitas, keamanan, fungsionalitas, dan skalabilitas blockchain Ethereum

Kekurangan Ethereum

  • Teknologi blockchain masih lambat
    Ethereum juga mempunyai kekurangan yang sama dengan teknologi blockchain lainnya. Yang paling krusial yaitu lambatnya kecepatan pemrosesan transaksi dibanding dengan memakai server terpusat.
  • Pengembang tidak bisa meningkatkan fungsionalitas blockchain-nya sendiri
    Pengembang mesti berkontribusi terhadap pengembangan ethereum secara keseluruhan. Bila ETH mengalami hard fork, token yang sudah dibuat oleh pengembang juga akan terpengaruh.
  • Komputasi membutuhkan ether
    Komputasi membutuhkan ether yang akan semakin boros dikala aplikasi pengembang bertambah kompleks dan mengakuisisi basis pemakai yang lebih besar.
SpesifikasiEthereum
DiciptakanVitalik Buterin
Tahun BerdiriTahun 2014
1 EthereumRp 2.531.409 (per September 2019)

Situs untuk menambang Ethereum dan Zcash secara gratis

Mining atau penambangan merupakan sumber kehidupan semua mata uang digital yang berbasis Proof of Work (PoW). Kala para penambang “menambang” untuk membuat blok baru, untuk ditambahkan pada blockchain, penambang memakai kekuatan komputasi yang rumit untuk memecahkan teka-teki kriptografi untuk menggapai tingkat kesulitan. Adapun situs menambang Ethereum dan Zcash secara gratis sebagai berikut.

Minergate
Minergate merupakan pool penambangan multicurrency dengan penambang GUI yang mudah dipakai. MinerGate memungkinkan pemakai untuk menambang koin melalui opsi penambangan pintar atau memilih cryptocurrency favorit Kamu secara manual.

Penggabungan penambangan tersedia untuk FCN dan MCN, memungkinkan Kamu untuk menambang dua mata uang sekaligus tanpa kehilangan hashrate untuk koin utama. Bergabunglah dengan komunitas mereka yang saat ini sudah mempunyai lebih dari satu juta konsumen di seluruh dunia.

Eobot
Eobot merupakan situs penambangan cloud yang memungkinkan konsumen untuk menambang hampir semua jenis cryptocurrency termasuk Bitcoin, Golem, Zcash, dan Ethereum Classic di antara yang lainnya.

Sasaran utama yaitu memastikan kalau semua orang terlepas dari status keuangan mereka bisa menambang cryptocurrency. Bahkan bila Kamu cuma mempunyai $0, Eobot memungkinkan kamu untuk bergabung, mulai menambang dan mendapatkan hasil yang bagus. Ini merupakan salah satu situs terbaik untuk pemula.

Pilih Mana: Zcash atau Ethereum?

Zcash Ethereum
Kelebihan - Mempunyai protokol canggih - Bisa dipertukarkan - Menyimpan privasi penggunanya - Teknologi blockchain - Ethereum Virtual Machine (EVM) - Tim pengembang memiliki reputasi yang baik
Kekurangan- Resiko aktivitas terlarang - Sulit melacak pemakai - Tim pengembang tersentralisasi - Teknologi blockchain masih lambat - Pengembang tidak bisa meningkatkan fungsionalitas blockchain-nya sendiri - Komputasi membutuhkan ether

Kesimpulan

Zcash dan Ethereum adalah platform yang cocok banget buat kamu yang hendak berinvestasi. Karena nilainya yang cukup tinggi, maka kamu juga harus teliti lagi dalam berinvestasi. Pastikan nilai sedang dalam keadaan naik, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Selain untuk berinvestasi, kedua platform ini tentu saja bisa kamu pakai untuk bertransaksi antar dunia. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Zcash atau Ethereum. Namun kalian juga harus berhati-hati terhadap kekurangan dari kedua platform ini yang cukup merugikan pemakainya. Semua itu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcash vs Ethereum

VS