Finance

Pilih Mana: Zcash atau Monero?

Zcash dan Monero adalah dua koin privasi paling signifikan di pasar. Walaupun tujuan akhir mereka sama, cara mereka melakukannya sangat berbeda. Zcash adalah cabang dari protokol Bitcoin dan mendapatkan privasi melalui penggunaan zk-SNARKS, protokol privasi tanpa pengetahuan. Monero di sisi lain, memiliki protokol dasar yang sama sekali berbeda yang disebut CryptoNote.

Dalam artikel Zcash dan Monero ini, kalian akan belajar tentang kedua koin, perbedaan kelebihan dan kekurangan dan aspek teknisnya, dan dapat memutuskan mana yang kalian. Kami akan menjelaskan berikut tentang kedua mata uang yang menarik namun serupa ini. Yuk disimak!

Zcash

ZCash dirilis bulan Oktober 2016 oleh seorang developer bernama Zooko Wilcox. Wilcox sangat menyukai apa yang dilakukan Bitcoin, tapi dia menyukai bagaimana transaksinya tersedia untuk dilihat semua orang. Sehingga dia ingin membuat sebuah blockchain yang membolehkan orang untuk mengirim dan menerima uang secara anonymous atau tidak bernama,  itulah yang dapat dilakukan ZCash. Baca juga Pilih Mana: Zcash atau Ethereum?

Blockchain ZCash memiliki mata uang kriptonya sendiri, yang juga dipanggil ZCash, atau “ZEC”. Secara total, akan ada paling banyak 21 juta ZEC coin, yaitu jumlah yang sama dengan jumlah maksimal Bitcoin.

Tetapi, dalam cara memproses transaksi, blockchain ZCash dapat jauh lebih cepat dan juga lebih tinggi skalabilitasnya. Skalabilitas itu penting karena berarti sebuah blockchain dapat memproses banyak transaksi dalam waktu yang sama.

Fitur utama yang dimiliki ZCash adalah kemampuannya untuk menyembunyikan identitas pengirim dan penerima. Bahkan kenyataannya, sangat pribadi sehingga yang kamu bisa lihat hanyalah tanggal dan waktu transaksi.

Kelebihan Zcash

  • Zcash menggunakan teknik kriptografi canggih
    Zcash menggunakan teknik kriptografi canggih, yaitu bukti nol-pengetahuan, untuk menjamin validitas transaksi tanpa mengungkapkan informasi tambahan tentang mereka.
  • Protokol zk-SNARK mempertahankan buku besar aman
    Protokol ini memungkinkan jaringan untuk mempertahankan buku besar aman dari saldo tanpa mengungkapkan pihak-pihak atau jumlah yang terlibat. Singkatnya, zk-SNARK bisa dilihat sebagai bentuk baru dari zero-knowledge kriptografi yang memastikan bahwa transaksi di Zcash sepenuhnya dienkripsi pada blockchain dan kerahasiaan metadata transaksi dipertahankan.
  • Privasi pengguna terjamin
    Zcoin pun dapat menjaga privasi pemakainya dengan aman. Setiap transaksi hanya terdapat data nominal dan tanggal waktu transaksi. Selebihnya tidak ada data yang terkait.

Kekurangan Zcash

  • Zcash sebagai koin privasi dapat digunakan untuk aktivitas terlarang
    Dengan privasi pengguna yang ada, Zcoin memiliki peluang untuk oknum melakukan aktivitas terlarang mengingat tidak ada data yang terkait di dalamnya.
  • Sulit melacak pemakai
    Sulit mencari identitas pemakai yang melakukan aktivitas terlarang atau berbagai aktivitas yang merugikan karena memang Zcoin memberikan privasi kepada para pemakainya.
  • Zcash terbatas untuk penambangan CPU
    Jika kalian penambang yang menggunakan CPU, Zcash tidak tepat digunakan sebab Zcash memberikan batas bagi mengguna CPU untuk melakukan penambangan.

Monero

Monero merupakan crypto yang benar-benar anonim dan sangat mengutamakan privasi pengguna yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara internasional. Ini berawal pada tahun 2014, tahun di mana sebagian besar altcoin yang kita kenal sekarang.

Monero didasarkan pada teknologi Blockchain dimana seluruh transaksi akan dicatat dan divalidasi pada perangkat Miner (Pertambangan) yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga, keamanan Ledger Blockchain (Buku Besar Catatan Transaksi Pada Rantai Blok) akan terjaga dari seluruh serangan Cyber.

Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi tidak terlacak dan tidak terdeteksi atau bisa di sebut sebagai Anonim.

Fokus pada privasi tersebut dimaksudkan agar orang-orang yang ingin bertransaksi tanpa diketahui oleh orang lain, maupun pihak ketiga, dengan proses Peer-to-Peer secara otomatis. Proses penambangan yang Egaliter akan membuat monero menjadi layak didistribusikan sebagai usaha pertambangan maupun jalan pendanaan baru terhadap Startup tanpa harus khawatir dengan bahaya peretasan yang seringkali meresahkan pengguna mata uang digital.

Kelebihan Monero

  • Pengirim anonim
    CryptoNote dikenal anonim dalam transaksi kepada pengguna diseluruh dunia. CryptoNote mengimplementasikan teknologi ring signature yang memungkinkan untuk menandatangani pesan atas nama grup. Ring signature hanya membuktikan pesan itu dibuat oleh seseorang dari grup, tetapi semua penanda tidak dapat dibedakan satu sama lain.
  • Desentralisasi adaptif mandiri
    Sistem pembayaran terdesentralisasi tidak bergantung pada keputusan satu orang, juga berlaku bagi developer. CryptoNote tidak memiliki konstanta Hard-coded, angka ajaib yang dirancang untuk dihitung ulang berdasarkan keadaan jaringan sebelumnya. Sistem ini akan menciptakan perubahan adaptif dan mandiri, sehingga jaringan berkembang dengan sendirinya.
  • Transaksi tidak terlacak
    Transaksi tidak dapat dilacak, tidak satupun pengguna yang bisa melihat isi dompet Anda ataupun transaksi yang pernah Anda lakukan. Setelah dana dikirim ke alamat penerima, sangat mustahil untuk menautkan pembayaran ini.
Lihat juga:  Pilih Mana: Monero atau Ethereum?

Kekurangan Monero

  • Dapat digunakan untuk transaksi ilegal
    Kekurangan dari Monero salah satunya yaitu rawan akan tindakan kriminal, karena Monero  ini bersifat sangat pribadi dan anonim koin ini sangat rawan digunakan untuk tindakan illegal seperti pencucian uang atau pendanaan teroris.
  • Tidak ada batasan koin
    Tidak ada batasan koin penerbitan yang ada relatif kecil jika proyek berskala besar dan kerjasama dengan sistem pembayaran, volume yang dikeluarkan mungkin tidak cukup.
  • Terdapat kemungkinan kehilangan sebagian dari transaksi
    Anonimitas mata uang kripto dapat dikompromikan. Jika, terjadi serangan, peretas mendapatkan kontrol atas sebagian besar jaringan, jika ada kemungkinan kehilangan sebagian dari transaksi.

Monero vs Zcash

Berikut tabel perbandingan dari Monero dan Zcash ini :

Spesifikasi Monero Zcash
DidirikanApril 2014Oktober 2016
Total pasokan akhir (per September 2019) 18.400.000 (+ 0,3 XMR / menit) 21.000.000
Total unit (per September 2019) 16.180.0004.240.000
Algoritme penambanganCryptoNoteEquihash
Blokir waktu2 menit2,5 menit
PertambanganGPU / CPUGPU / CPU
Transaksi per detikSecara teoritis tidak terbatasAntara 6 dan 26

Kecepatan
Blockchain Monero memiliki waktu blok dua menit. Ini berarti bahwa blok baru dibuat setiap dua menit. Ini membuatnya sekitar lima kali lebih cepat daripada Bitcoin untuk bertransaksi.

Sementara itu, Zcash memiliki waktu blok sekitar dua setengah menit. Ini membuatnya sekitar empat kali lebih cepat dari Bitcoin dan sedikit lebih lambat dari Monero untuk bertransaksi.

Skalabilitas
Monero telah berupaya mengatasi masalah skalabilitas dengan batas ukuran blok dinamisnya. Namun, sebagaimana dibuktikan oleh biaya besar yang dideritanya di masa lalu, ini tidak cukup untuk memungkinkan jaringan digunakan oleh seluruh penjuru dunia.

Sementara itu, Zcash menghadapi masalah penskalaan yang lebih buruk daripada Bitcoin. Karena transaksi pribadi membutuhkan ruang lebih banyak dalam blok daripada Bitcoin, jika semua orang ingin melakukan transaksi yang private, akan ada perlombaan menuju puncak biaya transaksi. Namun, tidak ada cukup permintaan untuk Zcash agar perlombaan seperti itu terjadi saat ini.

Tim
Tim Monero sebagian besar dirahasiakan. Namun, dua pengembang utama dalam proyek ini dikenal. Yang lain beroperasi di bawah alias. Riccardo “fluffypony” Spagni merupakan pemimpin proyek dan pengembang yang paling vokal.

Spagni tinggal di Afrika Selatan di mana dia bekerja di berbagai proyek cryptocurrency termasuk Monero. Latar belakang pendidikannya di bidang logistik dan informatika. Selain itu, ia memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai pengembang perangkat lunak.

Sementara itu, tim Zcash jauh lebih terbuka. CEO dan pendiri proyek ialah Zooko Wilcox. Dia pengembang dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam kriptografi dan keamanan data.

Zooko bergabung dengan tim ilmuwan yang berpengalaman. Pertama adalah teknisi Eli Ben-Sasson. Eli merupakan seorang dosen yang disegani di Institut Teknologi Israel. Dia juga ahli dalam merancang dan menerapkan sistem bukti.

Selanjutnya, adalah Alessandro Chiesa. Chiesa adalah anggota departemen Ilmu Komputer di Universitas Berkeley. Dia belajar hingga Ph.D. level di Massachusetts Institute of Technology.

Ketiganya dilengkapi oleh tim teknisi dan ahli ilmu komputer yang panjang. Namun, sebagian besar yang tidak hadir adalah tim pemasaran. Ini dapat membatasi potensi adopsi Zcash di masa depan.

Menariknya, beberapa nama terbesar di ruang cryptocurrency bertindak sebagai penasihat untuk proyek Zcash. Orang-orang seperti Gavin Andresen, Vitalik Buterin, Arthur Breitman, dan Dana Syracuse semuanya membantu tim inti.

Pilih Mana: Zcash atau Monero?

ZcashMonero
Kelebihan- Zcash menggunakan teknik kriptografi canggih - Protokol zk-SNARK mempertahankan buku besar aman - Privasi pengguna terjamin - Pengirim anonim - Desentralisasi adaptif mandiri - Transaksi tidak terlacak
Kekurangan- Zcash sebagai koin privasi dapat digunakan untuk aktivitas terlarang - Sulit melacak pemakai - Zcash terbatas untuk penambangan CPU - Dapat digunakan untuk transaksi ilegal - Tidak ada batasan koin - Terdapat kemungkinan kehilangan sebagian dari transaksi

Kesimpulan

Pada artikel di atas sudah kita bahas lebih spesifik mengenai Zcash dan Monero, Tentunya seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa keduanya sama-sama mengutamakan privasi pengguna dan mempunyai keunggulan masing-masing dalam proyeknya. Oleh karenanya, pada artikel ini semoga dapat menjadi refernasi dan bahan pertimbangan kalian dalam memilih dari kedua koin Zcash dan Monero ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcash VS Monero

VS

Leave a Reply