Finance

Pilih Mana: Zcash atau Zcoin?

Kemudahan dalam bertransaksi dan beraktivitas di dunia digital ke seluruh dunia tentu menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh platform-platform terkenal di dunia seperti halnya Zcash dan Zcoin.

Zcash dan Zcoin sendiri memiliki beberapa keunikan tersendiri yakni setiap aktivitas atau transaksi para pemakainya sama sekali tidak diketahui alias anonim. Hal ini tentu berbeda dengan Bitcoin yang notabennya semi anonim. Dengan fitur ini Zcash dan Zcoin tentu memiliki beberapa kelebihan yang tentu saja para hacker tidak bisa dengan mudahnya memasuki atau mencuri aset didalam kedua platform ini.

Namun dengan adanya fitur tersebut tentu saja memiliki beberapa kekurangan yang bisa dimanfaatkan oleh beberapa oknum yang ingin melakukan kegiatan kriminal alias merugikan banyak orang.

Untuk itu para pemakainya harus benar-benar teliti dan berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas didalam Zcash maupun di Zcoin. Detail selengkapnya akan dibahas pada artikel ini yang membahas mengenai Zcash dan Zcoin. Stay tune!

Zcash

Zcash (ZEC) merupakan Aset Digital yang transaksinya sepenuhnya anonim. Bila dalam transaksi Bitcoin kita dapat melihat transaksi seseorang mulai dari berapa jumlah transaksi serta alamat mereka.

Zcash merupakan pendekatan baru terhadap problematika anonimitas yang terdapat pada cryptocurrency, terutama Bitcoin. Seperti yang sudah kita tahu, Bitcoin cuma mempunyai karakteristik semi anonim, di mana sebagian teknik analisis dapat dipakai untuk membuka beberapa informasi terpaut identitas pemakai BTC.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Zcash memakai teknik yang terlebih dahulu dikembangkan oleh tim Zerocash. Teknik ini terkait dengan zero-knowledge proof, yakni metode di mana seseorang dapat membuktikan kalau ia mempunyai data tertentu tanpa mesti menginformasikan data tersebut kepada orang lain.

Zerocoin kemudian memformulasikan teknik serupa ke dalam protokol yang disebut dengan zk-snarks. Konsep-konsep inilah yang kemudian dilebur menjadi 1 proyek saja, yakni Zcash. Baca juga Pilih Mana: Litecoin atau Ripple?

Kelebihan Zcash

  • Menyimpan privasi pemakainya
    Zcash dikonsep untuk melindungi transaksi kamu serta melindungi identitas pengirim dan penerima. Tentu ini cukup menguntungkan untuk mereka yang tidak ingin identitasnya diketahui orang lain karena beberapa alasan.
  • Bisa dipertukarkan
    Zcash sepenuhnya bisa dipertukarkan. Artinya, kamu bisa mengganti blok Zcash dengan yang lain.
  • Protokol canggih
    Protokol yang digunakannya yakni zk-SNARK, Protokol ini memungkinkan jaringan untuk mempertahankan buku besar aman dari saldo tanpa mengungkapkan pihak- pihak atau jumlah yang terlibat.

Kekurangan Zcash

  • Bisa dipakai untuk aktivitas terlarang
    Seperti yang kita tahu bahwa Zcash sendiri memiliki privasi yang tidak bisa di identifikasi siapa pemakainya, tentu ini akan membuka peluang untuk mereka yang berniat buruk melakukan aktivitas terlarang
  • Tim pengembang tersentralisasi
    Meskipun di desentralisasi, Zcash mempunyai yayasan serta tim pengembangan yang tersentralisasi. Tentu ini merupakan kekurangan Zcash yang cukup merugikan.
  • Sulit mencari identitas pemakai
    Sulit untuk penegak hukum atau pemerintah untuk mencari langsung identitas yang memakai Zcash untuk kepentingan yang merugikan seperti meng-hack seperti yang kerap terjadi di Bitcoin.
Spesifikasi Zcash
DiciptakanPerusahaan Zcash
1 Zcash Rp 634.832,- per September 2019
Web resmi z.cash

Zcoin

Zcoin yang juga dikenal sebagai XZC atau Zerocoin, merupakan Cryptocoin yang memberikan privasi di setiap transaksi keuangan yang memakai teknologi Zcoin. Zcoin merupakan implementasi dari Protokol ZeroCoin, yang dikonsep untuk menjadi protokol cryptocurrency paling rahasia di dunia.

Salah satu inovasi utama Protokol ZeroCoin yakni pemakaian Zero Knowledge Proofs, yang menjamin anonimitas dari privasi finansial yang lengkap.

Zcoin memakai Zero Knowledge Proofs dengan membuat zero knowledge cryptographic statement. Ini berarti kala seorang menerima token digital Zerocoin, orang itu hanya mengetahui jika jumlah uang “X” dikirim ke dompet mereka. Tidak terdapat data lain yang melekat pada transaksi tersebut.

Jadi tidak seperti Bitcoin, tidak terdapat alamat dompet atau data lain yang dipertukarkan antara pengirim serta penerima, atau bahkan riwayat transaksi tidak tersemat. Sehingga dengan memakai Zerocoin sejarah transaksional benar- benar dihapus.

Kelebihan Zcoin

  • Privasi pemakai dijamin
    Sama halnya dengan Zcash, Zcoin pun menjaga privasi pemakainya dengan aman. Setiap transaksi hanya terdapat data nominal dan tanggal waktu transaksi. Selebihnya tidak ada data yang terkait.
  • Fitur Zero Knowledge Proof
    Merupakan metode di mana seseorang dapat membuktikan pada orang lain kalau pernyataan yang diberikan benar tanpa menyampaikan data apapun terlepas dari fakta kalau pernyataan itu benar adanya.
  • Fitur Merkle Tree Proof of Work (MTP)
    MTP merupakan algoritma penambangan yang menekankan kinerja tinggi, keamanan tinggi, serta komputasi egaliter.
Lihat juga:  Pilih Mana: Cardano atau EOS?

Kekurangan Zcoin

  • Bisa digunakan untuk aktivitas terlarang
    Sama seperti Zcash, Zcoin juga memiliki peluang untuk oknum melakukan aktivitas terlarang mengingat tidak ada data yang terkait di dalamnya.
  • Sejarah transaksi dihapus
    Berbeda dengan Bitcoin, Zcoin sejarah transaksi nya benar-benar dihapus sehingga tidak bisa mengecek ulang apabila terjadi kesalahan atau kecurangan yang terjadi di dalam transaksi.
  • Sulit mencari identitas pemakai
    Tentu saja Zcoin juga memiliki kekurangan lainnya seperti Zcash yang sudah dijelaskan tadi, yakni susah mencari identitas pemakai yang melakukan aktivitas terlarang atau berbagai aktivitas yang merugikan karena memang Zcoin memberikan privasi kepada para pemakainya.
Spesifikasi Zcoin
DiciptakanJohns Hopkins University, Matthew D.Green, Ian Miers dan Christina Garman
1 ZcoinRp 77.541,- per September 2019
Web resmi zcoin.io

Cara melakukan mining Zcash dan Zcoin

Mining sendiri merupakan aktivitas penambangan mata uang kripto yang diiringi dengan pencatatan sistem transaksi dari satu atau mata uang kripto lainnya yang kemudian dikirimkan ke penyimpanan dalam bentuk blok informasi.

Proses dan pencatatan dilakukan dalam sebuah tempat yang disebut dengan farm (dilakukan oleh farmer), sedangkan penambang (miner) menerima nilai kompensasi pada mata uang kripto yang satu atau yang lainnya berdasarkan panambangan tersebut. Berikut adalah cara melakukan mining Zcash dan Zcoin.

  1. Gunakan mining pool (kolam penambangan).
    Pool mining merupakan suatu usaha yang wajib dilakukan penambang secara bersamaan di antara para pool tersebut. Pool mining ini kerap dipakai banyak orang untuk memperoleh keuntungan dari suasana pabrik cryptocurrency. Terdapat 2 cara untuk memakai pool mining, yakni dengan cara memakai website pool mining dan mengunduh aplikasi pool mining.
  2. Pakailah aplikasi MSI Afterburner
    Bila kamu sudah memakai mining pool di pc kamu, kamu juga perlu untuk mengunduh aplikasi MSI Afterburner. Aplikasi ini bermanfaat untuk mengendalikan kipas kartu. Daya rendah yang dimilikinya, kartu ini menggapai suhu 70-8-derajat celcius. Jangan pernah menghidupkan mesin selama 24 jam sebab tidak sehat buat kamu.
  3. Aktifkan mining kamu
    Bila kamu sudah bisa masuk ke web atau aplikasi mining. Kamu bisa mengaktifkan mining dari user kamu. Buat mengaktifkannya, kamu cukup mengklik“ worker”. Setelah itu, pilihlah salah satu job yang kamu mau serta sesuai kartu yang kamu pegang. Jalankan file serta yakinkan kamu tidak mengalami kesalahan sedikitpun.
  4. Tarik koin
    Bila aktivitas mining sudah diaktifkan, tahap berikutnya yang mesti kamu lakukan merupakan menarik koin dari wallet kamu. Perihal ini bisa kamu lakukan dengan cara klik “wallet” setelah itu klik “cash out” untuk menarik koin kamu. Jangan pernah meninggalkan jejak tanpa verifikasi.

Pilih Mana: Zcash atau Zcoin?

Zcash Zcoin
Kelebihan- Menyimpan privasi pemakainya - Bisa dipertukarkan - Protokol canggih - Privasi pemakai dijamin - Fitur Zero Knowledge Proof - Fitur Merkle Tree Proof of Work (MTP)
Kekurangan- Bisa dipakai untuk aktivitas terlarang - Tim pengembang tersentralisasi - Sulit mencari identitas pemakai - Bisa digunakan untuk aktivitas terlarang - Sejarah transaksi dihapus - Sulit mencari identitas pemakai

Kesimpulan

Zcash dan Zcoin sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dengan kalian ingin memakai yang mana. Pada dasarnya Zcash dan Zcoin sama saja namun ada beberapa hal yang membuat kedua wadah transaksi internasional ini memiliki perbedaan. Jadi pilih yang mana antara Zcash dan Zcoin? Semua pilihan ada ditanganmu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcash vs Zcoin

VS