Finance

Pilih Mana: Zcoin atau Bitcoin?

Saat ini begitu banyaknya koin atau mata uang digital yang bermunculan dan dapat membuat banyak orang penasaran dengan keuntungan yang didapatkan dari koin mata uang tersebut. Kedua mata uang yang banyak menjadi pilihan adalah Zcoin dan Bitcoin.

Dengan mata uang digital Zcoin dan Bitcoinbanyak manfaat yang dapat kamu lakukan, seperti transaksi pembayaran hingga dijadikan investasi untuk masa depan. Apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mata uang digital tersebut? Silahkan langsung scroll ke bawah guys, selamat membaca.

Zcoin

Zcoin dirancang oleh Professor Matthew D. Green (dari Johns Hopkins University) bersama dengan mahasiswa pascasarjana Ian Miers dan Christina Garman. Tim tersebut mengusulkan Zcoin sebagai perluasan protokol Bitcoin, menambahkan anonimitas kriptografi yang sebenarnya ke transaksi Bitcoin. Zcoin dirilis 28 September 2016. Baca juga Pilih Mana: Monero atau Ethereum?

Kerahasiaan dan anonimitas menggunakan bukti zero knowledge melalui protokol Zerocoin. Protokol zero knowledge merupakan metode yang digunakan dimana satu pihak (pembuktian) dapat membuktikan kepada pihak lain (verifier) ​​bahwa pernyataan yang diberikan benar. Semua ini tanpa menyampaikan informasi apapun terlepas dari fakta yang memang benar.

Zcoin dirancang untuk memberi keuntungan bagi pengguna yang telah mengetahui sifat cryptocurrency dengan buku besar transparan atau yang biasa disebut teknologi blockchain. Fitur teknologi utama lainnya di balik Zcoin adalah Merkle Tree Proof of Work (MTP). MTP adalah algoritma penambangan yang menekankan kinerja tinggi, keamanan tinggi, dan komputasi egaliter.

Merkle Tree Proof of Work (MTP) untuk menciptakan ekosistem cryptocurrency yang lebih terprivasi. Beberapa manfaat MTP mencakup kemampuan mengurangi botnet untuk menambang, dan meningkat kemampuan CPU untuk melakukan proof of work.

Cara Kerja Zcoin

Zcoin (XZC) meningkatkan privasi protokol Bitcoin dengan cara-cara spesial berikut.

  • Mint yaitu dengan cara Zcoin menggunakan teknologi Zerocoin yang memungkinkan pengguna untuk “mint” (“mint” disini bisa diartikan proses penerbitan atau pencetakan koin baru) koin ditemukan di buku besar publik menjadi privat coin.
  • Spend yaitu bila kamu perlu mengeluarkan uang digital kamu, kamu tidak perlu mengungkapkan identitas kamu. Pemilik Zcoin yang dicetak tidak perlu diungkapkan untuk menyelesaikan transaksi.
  • Repeat yaitu proses pencetakan dan pengeluaran koin bisa dilakukan sebanyak yang kamu mau, memastikan privasi lengkap.
Keterangan Zcoin
DiciptakanZcoin dirancang oleh Professor Matthew D. Green
Tahun Didirikan28 September 2016
Koin atau LambangZcoin (XZC)
Jumlah Koin 21.4 Juta
Waktu BlokRata-rata waktu blok 10 menit

Kelebihan Zcoin

  • Fitur Merkle Tree Proof of Work (MTP)
    MTP merupakan algoritma penambangan yang menekankan kinerja tinggi, keamanan tinggi, serta komputasi egaliter.
  • Privasi Terjamin
    Zcoin dapat menjaga privasi pemakainya dengan aman. Setiap transaksi hanya terdapat data nominal dan tanggal waktu transaksi. Selebihnya tidak ada data yang akan terlihat terkait identitas pengguna.
  • Harga Konsisten
    Banyak orang yang beranggapan dengan investasi Zcoin akan membuat masa depan yang cukup baik, karena harga pada Zcoin dapat dibilang konsisten karena kenaikan harga yang meningkat di setiap tahunnya.

Kekurangan Zcoin

  • Tidak Ada Riwayat Transaksi
    Zcoin sejarah transaksi nya benar-benar dihapus sehingga tidak bisa mengecek ulang apabila terjadi kesalahan atau kecurangan yang terjadi di dalam transaksi.
  • Dapat Dijadikan Tindakan Ilegal
    Zcoin rentan terhadap tindakan ilegal atau tindakan terlarang karena mengingat tidak ada data terkait didalamnya.
  • Identitas Pengguna Sulit Didapatkan
    Pada kekurangan Zcoin yang terakhir ini adalah, bahwa Zcoin sulit mencari identitas pengguna yang melakukan tindakan ilegal atau terlarang. Hal ini terjadi dikarenakan Zcoin memberikan privasi yang ketat terhadap pengguna.

Bitcoin

Bitcoin menawarkan kemudahan transaksi untuk penggunanya. Dimunculkan tahun 3 Januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto, Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang siapa saja bisa menggunakannya tanpa perlu mengungkapkan identitas asli (anonim) dan tanpa perlu kontrol dari otoritas semacam bank sentral.

Bitcoin memungkinkan kamu untuk mentransfer nilai ke mana saja dengan cara yang amat gampang dan dengan kontrol penuh atas uang kamu. Fitur hebat itu membutuhkan keamanan tinggi yang perlu diperhatikan. Bitcoin menyediakan tingkat keamanan tinggi bila dipakai secara benar.

Bitcoin bertujuan untuk menjadi medium penyimpan kekayaan, emas digital,dan akhirnya menjadi mata uang yang diadopsi secara global yang dapat memperbaiki atau mengganti uang konvensional hingga batas tertentu, apabila kamu ingin menjadikan mata uang digital sebagai aset investasi jangka panjang, maka Bitcoin lebih bisa diandalkan.

Cara Kerja Bitcoin

Cara kerja Bitcoin terbagi menjadi 3 rantai susunan kerja, berikut penjelasan mengenai rantai kerja Bitcoin.

  • Blockchain sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diterapkan menggunakan kriptografi.
  • Transaksi (private keys) sebuah transaksi adalah transfer nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut kunci pribadi atau seed, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet. Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit, melalui proses yang disebut pertambangan.
  • Memproses (pertambangan) pertambangan adalah sistem konsensus terdistribusi yang digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok. Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan itu untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya karena hal itu membuat semua urutan blok berikutnya menjadi tidak valid.
Keterangan Bitcoin
DiciptakanSatoshi Nakamoto
Tahun Didirikan3 Januari 2009
Koin atau LambangBitcoin(‎BTC, XBT, ฿)
Jumlah Koin 21 Juta
Waktu BlokRata-rata waktu blok 10 menit
Lihat juga:  Pilih Mana: Investasi Properti atau Emas?

Kelebihan Bitcoin

  • Tidak Dimiliki Negara Manapun
    Kelebihan utama dari Bitcoin sendiri adalah, Bitcoin tidak dimiliki oleh negara manapun sehingga ini menjadi kelebihan untuk para penggunanya atau pemain Bitcoin, negara tidak ingin bertanggung jawab atas Bitcoin ini, sehingga Bitcoin tidak dimiliki negara manapun.
  • Tidak Memerlukan Perantara
    Transaksi Bitcoin sangat mengoptimalkan kebutuhan para pelaku bisnis online yang sering direpotkan oleh regulasi dan biaya dari pihak perantara. Ketika seseorang menggunakan Bitcoin untuk membeli sebuah barang dari pihak lainnya, transaksi tersebut akan langsung terproses dan tercatat di sistem blockchain. Transaksi itu bisa selesai tanpa melalui pihak bank dan segala lembaga keuangan yang biasanya diperlukan untuk mengurus transaksi finansial di tingkat internasional.
  • Pelindung Inflasi
    Bitcoin tidak terkena pengaruh politik atau juga pemerintahan. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Bitcoin merupakan mata uang virtual yang terlindung dari inflasi. Bitcoin memiliki karakteristik yang sama dengan emas, emas dapat dijadikan sebagai pelindung inflasi sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk menekan laju inflasi yang berlebihan.

Kekurangan Bitcoin

  • Jumlah Terbatas
    Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan semakin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.
  • Dapat Dijadikan Alat Pencucian Uang
    Karena mata uang Bitcoin ini tidak dikontrol oleh pemerintah, menjadikan Bitcoin ini menjadi sasaran empuk untuk oleh melakukan tindakan kriminal seperti pencucian uang dan terhindar dari pajak. Kurangnya peran pemerintah ini menjadikan mata uang Bitcoin ini menjadi tidak bernilai dan menjadi ilegal.
  • Tidak Stabil
    Bitcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian serta penjualan produk- produk dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

Pilih Mana: Zcoin atau Bitcoin?

ZcoinBitcoin
Kelebihan- Adanya fitur Fitur Merkle Tree Proof of Work (MTP) - Privasi yang sangat terjamin - Harga yang konsisten - Tidak dimiliki negara manapun - Tidak adanya perantara - Pelindung inflasi
Kekurangan- Tidak ada riwayat transaksi - Dapat terjadi tindakan ilegal - Identitas pengguna sulit didapatkan- Jumlah koin terbatas - Dapat terjadi tindakan pencucian uang - Tidak stabil

Kesimpulan

Zcoin dan Bitcoin adalah mata uang yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi memang sebenarnya Zcoin sebagai perluasan protokol Bitcoin. Tetapi hal tersebut tidak menjadikan pengguna Bitcoin beralih ke Zcoin. Keduanya sama-sama banyak digunakan oleh kalangan orang yang berinvestasi. Jadi, bagaimana dengan kamu? Apa pilihan kamu guys? Pastikan kamu sudah memahami mengenai mata uang digital ya sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcoin vs Bitcoin

VS

Leave a Reply