Finance

Pilih Mana: Zcoin atau Dash?

Perkembangan zaman teknologi sekarang sudah semakin pesat, tidak terkecuali dengan platform berbasis transaksi uang digital antar dunia atau yang biasa dikenal sebagai cryptocurrency. Cryptocurrency sendiri sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dan sampai sekarang sudah semakin populer dan canggih. Salah satu cryptocurrency yang tidak kalah populer dengan Bitcoin yaitu Zcoin dan Dash.

Zcoin dan Dash merupakan platform transaksi uang digital antar dunia yang sekarang berlomba untuk meningkatkan fitur dan cara kerjanya agar semakin nyaman dan aman digunakan oleh para pemakainya. Tidak hanya transaksi, kedua platform terkenal ini juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Lalu bagaimana detail, fitur, kelebihan dan kekurangan dari Zcoin dan Dash? Semua itu akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Agar kamu para pemakai dan calon pemakai bisa lebih mengerti bagaimana detail dari kedua platform terkenal ini. Disini aja ya!

Zcoin

Zcoin yang juga dikenal sebagai XZC atau Zerocoin, yaitu Cryptocoin yang memberikan privasi di setiap transaksi keuangan yang memakai teknologi Zcoin. Zcoin adalah implementasi dari Protokol ZeroCoin, yang dikonsep untuk menjadi protokol cryptocurrency paling rahasia di dunia.

Salah satu inovasi utama Protokol ZeroCoin yaitu pemakaian Zero Knowledge Proofs, yang menjamin anonimitas dari privasi finansial yang lengkap.

Zcoin memakai Zero Knowledge Proofs dengan membuat zero knowledge cryptographic statement. Ini berarti ketika seseorang menerima token digital Zerocoin, orang tersebut cuma mengetahui kalau jumlah uang “X” dikirim ke dompet mereka. Tidak ada data lain yang melekat pada transaksi tersebut.

Ada total pasokan 21 juta Zcoin. Bukti token nya akan mengikuti siklus separuh putarannya Bitcoin (setiap 4 tahun), dengan 10% dari total pasokan Zcoin didistribusikan untuk “Founders Reward” seiring berjalannya waktu. Founders Reward diberikan kepada investor awal, pengembang, dan anggota masyarakat Zcoin.

Zcoin dirancang oleh Professor Matthew D. Green (dari Johns Hopkins University) bersama dengan mahasiswa pascasarjana Ian Miers dan Christina Garman. Tim tersebut mengusulkan Zcoin sebagai perluasan protokol Bitcoin, memperbanyak anonimitas kriptografi yang sebenarnya ke transaksi Bitcoin. Baca juga Pilih Mana: Cardano atau Digibyte?

Fitur Zcoin

  1. Mint
    Zcoin memakai teknologi ZeroCoin yang memungkinkan konsumen untuk “mint” (“mint” disini dapat diartikan proses penerbitan/ pencetakan koin baru) koin ditemukan di buku besar publik jadi privat coin.
  2. Spend
    Bila kamu perlu mengeluarkan uang digital, kamu tidak perlu mengungkapkan identitas diri. Pemilik Zcoin yang dicetak tidak perlu diungkapkan untuk menyelesaikan transaksi.
  3. Repeat
    Proses pencetakan serta pengeluaran koin dapat dilakukan sebanyak yang kamu mau, memastikan privasi lengkap.

Kelebihan Zcoin

  • Merkle Tree Proof of Work (MTP)
    Fitur teknologi utama lainnya di balik Zcoin yaitu Merkle Tree Proof of Work (MTP). MTP yaitu algoritma penambangan yang menekankan kinerja tinggi, keamanan tinggi, serta komputasi egaliter.
  • Zero Knowledge Proof
    Zero Knowledge Proof merupakan metode di mana seseorang bisa membuktikan pada orang lain jika pernyataan yang diberikan benar tanpa menyampaikan informasi apapun terlepas dari fakta bahwa pernyataan itu benar adanya.
  • Harga konsisten
    Banyak orang yang beranggapan dengan investasi Zcoin akan membuat masa depan yang cukup baik, karena harga pada Zcoin dapat dibilang konsisten sebab kenaikan harga yang meningkat di setiap tahunnya.

Kekurangan Zcoin

  • Riwayat transaksi dihapus
    Tentu ini merupakan kekurangan dari Zcoin yang cukup merugikan, jika saja ada transaksi yang tidak sesuai atau mengalami kecurangan maka pemakai tidak bisa mengecek kembali riwayat transaksi karena sudah dihapus secara otomatis oleh Zcoin.
  • Tidak bisa melacak pemakai
    Resiko aktivitas kriminal tentu saja bisa terjadi karena seperti yang kita tahu bahwa Zcoin sangat menjaga privasi dari para pemakainya. Untuk itu jika ada oknum yang menyalahgunakan fitur Zcoin ini akan susah bagi kita untuk melacaknya.
  • Tidak ada regulasi dengan pemerintah
    Tidak hanya dengan pemerintah, Zcoin juga tidak ada regulasi dengan bank manapun. Tentu saja jika ada resiko terhadap kejahatan yang ada di dalam aktivitas Zcoin, para pemakainya akan menanggung resikonya masing-masing.
SpesifikasiZcoin
DiciptakanMatthew D. Green
Tahun berdiriTahun 2016
Rata-rata waktu blok10 menit
Pasokan koin21.000.000 koin

Dash

Dash (sebelumnya dikenal sebagai Darkcoin dan XCoin) merupakan cryptocurrency peer-to-peer open- source. Dash menawarkan transaksi instan (Instant Send), transaksi pribadi (Private Send) serta mengoperasikan model self-governing dan self-funding yang memungkinkan jaringan Dash membayar individu dan bisnis untuk melakukan pekerjaan yang menambah nilai ke jaringan.

DASH, pertama kali dirilis pada tanggal 18 Januari 2014 oleh Evan Duffield dengan nama XCoin. Dash mempunyai hard cap 18 juta koin, artinya hanya akan terdapat 18 juta Dash yang pernah dibuat.Dash tidak seperti proyek cryptocurrency lainnya seperti Ethereum atau Stratis yang lebih mengarah ke platform pengembangan. Dash mengadvokasi dirinya sebagai uang elektronik terdesentralisasi peer-to-peer.

Lihat juga:  Pilih Mana: Reksadana atau Deposito?

Dash dibangun berdasarkan kode inti Bitcoin dengan penambahan fitur baru (seperti privasi dan transaksi cepat). Seperti BTC, Dash merupakan open-source serta memiliki blockchain, infrastruktur dompet, serta komunitas sendiri. Tetapi tidak seperti BTC, biaya transaksinya bisa diabaikan.

Fitur Dash

  1. Masternode
    Jaringan Dash terdiri dari 2 tingkat: peserta biasa disatukan dalam struktur blockchain tradisional yang bekerja pada algoritma konsensus Proof- of- Work( POW), dan server- masternode khusus terhubung ke jaringan tingkat atas- bagian ini berfungsi sesuai untuk algoritma khusus dari konsensus Bukti Layanan. Masternodes melakukan transaksi serta pembayaran anonim dengan kecepatan tinggi.
  2. PrivateSend
    Masternodes menyediakan pembayaran anonim: mereka membagi transaksi jadi beberapa bagian standar-mulai dari seratus sampai 10 Dash, dan menggabungkan komponen yang sama dari pembayaran yang berbeda dalam beberapa putaran. Jumlah siklus pencampuran bisa dipilih oleh pemakai yang mengirim pembayaran. Fitur ini disebut PrivateSend.
  3. InstantSend
    Fitur lain yang disediakan oleh masternodes yakni pembayaran instan InstantSend. Sementara di jaringan blockchain biasa, transaksi diperlukan untuk ditulis ke blok yang baru dibuat, dan data blok ini ditempatkan di blok yang mengikutinya, InstantSend memungkinkan kamu untuk melakukan tanpanya.

Kelebihan Dash

  • Terdesentralisasi
    Dash mempunyai lebih dari 4.500 anggota yang bisa memberikan suara pada keputusan kunci, dan 3 kelompok pembuat keputusan utama. Ini membuatnya jauh lebih tersentralisasi daripada banyak mata uang lainnya.
  • Fitur Instant Send
    Dash Kecepatan Transaksi memungkinkan transaksi dikirim dan di konfirmasi dalam sekian banyak detik, sedangkan beberapa mata uang koin lainnya rata-rata membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Menjaga privasi pemakainya
    Banyak orang melihat privasi sebagai salah satu fitur cryptocurrency yang sangat penting. Fitur Private Send Dash memungkinkan pemakai untuk bertransaksi sepenuhnya secara anonim, tidak beberapa cryptocurrency yang hanya memakai nama samaran.

Kekurangan Dash

  • Dash belum populer
    Tidak seperti beberapa pesaingnya yang sudah terkenal seperti Bitcoin, Litecoin dan lain sebagainya. Dash sendiri masih belum populer di kalangan banyak orang. Tentu saja ini menyebabkan orang masih meragukan bagaimana sistem kerja dari Dash sendiri.
  • Kalah saing
    Karena belum terlalu populer seperti yang sudah dipaparkan di atas, tentu saja Dash mengalami kalah persaingan dengan beberapa cryptocurrency lainnya yang telah unggul dan banyak orang yang sudah memakainya.
  • Resiko aktivitas kriminal
    Sama halnya seperti Zcoin, Dash sendiri sangat menjaga privasi dari para penggunannya dan tentu saja ini menyebabkan peluang untuk oknum yang ingin melakukan aktivitas kriminal seperti pencucian uang, penipuan atau semacamnya.
SpesifikasiDash
DiciptakanEvan Duffield
Tahun berdiriTahun 2014
Rata-rata waktu blok2,5 menit
Pasokan koin18.000.000 koin

Pilih Mana: Zcoin atau Dash?

Zcoin Dash
Kelebihan- Merkle Tree Proof of Work (MTP) - Zero Knowledge Proof - Harga konsisten - Terdesentralisasi - Fitur Instant Send - Menjaga privasi pemakainya
Kekurangan- Riwayat transaksi dihapus - Tidak bisa melacak pemakai - Tidak ada regulasi dengan pemerintah - Dash belum populer - Kalah saing - Resiko aktivitas kriminal

Kesimpulan

Artikel diatas sudah menjelaskan bagaimana detail, fitur, kelebihan dan kekurangan dari Zcoin dan Dash. Kamu bisa memilih sendiri mana cryptocurrency yang hendak kamu pakai. Namun kamu bisa memilih Dash sebagai platform transaksi digital antar dunia kamu karena memiliki rata-rata waktu blok hanya 2,5 menit. Lebih cepat 7,5 menit daripada Zcoin. Namun bukan berarti Zcoin lebih buruk dari pada Dash ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcoin vs Dash

VS