Lainnya

Pilih Mana: Zeneos atau FDR?

Ban merupakan salah satu perangkat wajib yang harus ada di setiap kendaraan, baik itu sepeda, motor, mobil, ataupun kendaraan lainnya. Ban saat ini telah mempunyai berbagai jenis maupun merek. Untuk ban sendiri juga mempunyai berbagai tipe, seperti ban soft compound, medium dan hard compound. Dua merek ban yang akan kami bahas pada kesepatan hari ini ialah Zeneous dan FDR. Lalu bagus mana Zeneos dan FDR?

Zeneos

Ban Zeneos merupakan kombinasi dari teknologi AGD (Advanced Grip Design) dan compound HSG (High Speed Grip) yang diproduksi oleh pabrikan terbesar di Asia Tenggara, PT. Gajah Tunggal Tbk. Baca juga Pilih Mana: Yamaha NMAX 155 atau Honda PCX 150?

Kelebihan Zeneos

1. Non Aromatic Oil
Material dari ban Zeneos menggunakan bahan kimia tidak berbau, sehingga dapat dipastikan ban Zeneos merupakan ban yang ramah lingkungan.

2. Sync Kerf & Sipe
Ban Zeneos memiliki material yang lebih cepat beradaptasi di jalan kering dan basah, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pengendara.

3. Tread Under Cushion
Tread Under Cushion yang berupa bantalan ban material khusus antara tread dengan kerangka, yang dikembangkan untuk mengatasi tire separation.

4. Advanced Grip Enchancement Design
Ban motor ini handal dalam pembuangan air dan pengendalian yang sempurna karena dibuat dengan design pattern sistem komputerisasi yang presisi.

5. Memiliki seftifikat
Ban Zeneos telah memiliki sertifikat dari SNI, ISO, DOT dan E-Mark. Sertifikat ini mengisyaratkan bahwa ban Zeneos telah lulus uji kelayakan dan keamanan.

Kekurangan Zeneos 

Daya cengkram ban tidak begitu sempurna, sehingga tidak terlalu memberikan kestabilan dan juga durability performance yang handal pada ban yang dimilikinya.

FDR

Ban FDR telah menjadi ban resmi di sejumlah kejuaraan balap motor di tingkat nasional dan Asia. Dikutip dari TribunNews.com, ban FDR diproduksi oleh PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) yang merupakan salah satu perusahaan di dalam grup Astra.

Kelebihan FDR

1. Memiliki Fitur V Profile
Adanya fitur ini memungkin kan penggunanya melakukan top speed jadi lebih mudah dan daya cengkraman yang baik dari ban ini membantu pengendara bermanuver lebih.

2. Fitur ABLS (Advanced Bead Locking System)
ABLS adalah fitur teknologi pada “Bead Wire” ban FDR yang mengintegrasi antara design technology dan material technology sehingga bead wire mampu menjaga posisi tire terhadap velg dengan baik. Dengan kata lain fitur ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara karena kestabilan motor terjaga.

3. Fitur SCS (Superior Chain Structure)
Fitur ini merupakan sebuah teknologi pada rantai karbon material kompon ban FDR yang mampu memberikan daya cengkram ban yang maksimal dan mampu menjaga kestabilan termperature sehingga durability performance ban tetap berada pada puncaknya.

4. DC TECH
DC Tech merupakan fitur yang mampu menggambungkan dua material kompon yang memiliki perbedaan karakter yakni kekuatan dan daya cengkram, sehingga memiliki perpaduan yang dapat memberikan kestabilan dan daya cengkram yang tinggi.

Kekurangan FDR 

Dalam hal ini, ban FDR hanya mampu fokus pada satu trek pada satu jenis bannya. Misalnya Anda membeli ban FDR yang kering, otomatis kemampuan ban motor ini hanya unggul pada trek kering saja sehingga saat ban di ajak di jalan basah atau semi basah kemampuannya kurang bisa diandalkan.

Pilih Mana: Zeneos atau FDR?

ZeneosFDR
Durability performance– Tidak begitu handal– Handal
Terdaftar sertifikat E-Mark– Memiliki sertifikat E-Mark– Belum memiliki sertifikat E-Mark
Penggunaan– Lebih ditujukan pada pengendara harian– Cenderung khusus untuk racing, meskipun ada beberapa jenis yang bisa digunakan pengguna harian

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dan kekurangan yang dapat kami bagikan. Untuk memberikan kesimpulan kami tidak dapat sepenuhnya mendukung Zeneos maupun FDR karena semuanya sama-sama memberikan kualitas dan kelebihan yang terbaik untuk pengendaranya. Akan tetapi satu pilihan jika Anda pengguna motor racing mungkin ban FDR lebih disarankan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zeneos vs FDR

VS

Leave a Reply