Smartphone

Pilih Mana: Zenfone 5 atau 2?

Asus merupakan salah satu produsen besar yang selama ini bergelut di bidang elektronik berteknologi, sebut saja beberapa perangkatnya mulai dari desktop, notebook, laptop, dan juga smartphone. Saat membahas smartphone, ada dua perangkat Asus yang sempat menjadi salah satu pertimbangan yang membingungkan yakni Zenfone 5 dan Zenfone 2. Jika dibandingkan di antara keduanya, bagus mana Zenfone 5 atau 2?

Zenfone 5

Zenfone 5 menggunakan prosesor Z2560 dual-core tipe 1,6 GHz, yang dipadukan dengan RAM 1 GB atau RAM 2 GB untuk seri tertinggi. Zenfone 5 menggunakan sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean (yang dapat diperbarui ke v4.4 Kitkat). Baca juga Pilih Mana: Zenfone 5 atau 6?

Kelebihan Zenfone 5 yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih nyaman digenggaman
Layar yang lebih kecil dan bobot ringan yang hanya mencapai 145 gram, tentu saja akan membuat para pengguna ponsel betah berlama-lama beraktivitas bersama Zenfone 5.

2. Mendukung sensor BSI
Selain nyaman di genggaman, adanya sensor BSI pada Zenfone 5 diklaim baik dalam menghasilkan gambar yang rendah cahaya. Sekalipun ponsel ini memiliki resolusi kamera lebih rendah dibanding Zenfone 2.

Kekurangan Zenfone 5 yang bisa Anda ketahui:

1. Resolusi kamera rendah
Salah satu hal pertama yang diperhatikan konsumen adalah kamera. Zenfone 5 hanya memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Sementara Zenfone 2 memiliki kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP.

2. Kalah dalam sektor layar
Layar yang dimiliki oleh Zenfone 2 terlihat lebih menawan dan mampu menampilkan warna yang akurat dan warna hitam yang terkonsentrasi. Ditambah sudut pandang atau sudut pandang dari layar Zenfone 2 jauh lebih baik daripada layar yang dimiliki Zenfone 5. Maka resolusi yang dimiliki oleh layar Zenfone 2 juga lebih tinggi daripada Zenfone 5 sehingga tampilan gambar terlihat lebih tajam.

Zenfone 2

Dikutip dari Kompas.com, Zenfone 2 menggunakan Z3580 Quad-core tipe 2,3 GHz 64-bit yang didukung RAM 4 GB. Berbicara sistem operasi, Zenfone 2 sudah menggunakan Android OS versi 5.0 Lollipop.

Kelebihan Zenfone 2 yang bisa Anda ketahui:

1. Fitur kamera lebih baik
Zenfone 2 juga sudah membawa PixelMaster 2 yang memiliki berbagai perbaikan dan penambahan fitur pada kamera seperti Super Resolution, Time Lapse dan juga Manual Mode untuk mendukung kualitas kamera dari Zenfone 2.

2. Layar lebih lebar dan ramping
Bezel yang dimiliki oleh Zenfone 2 terlihat lebih tipis daripada Zenfone 5. Ukuran layar juga berbeda, di mana Zenfone 2 memiliki layar 5,5 inci sementara Zenfone 5 hanya memiliki layar berukuran lebih kecil yakni 5 inci.

Kekurangan Zenfone 2 yang bisa Anda ketahui:

1. Memiliki bobot lebih berat
Zenfone 2 memang unggul pada kamera, namun jika digenggam dalam waktu yang lama ponsel ini terasa lebih berat dibandingkan Zenfone 5. Berat Zenfone 2 mencapai 155 gram, selisih 10 gram lebih berat dibanding Zenfone 5.

2. Belum mendukung sensor BSI
Zenfone 2 belum mendukung sensor BSI (Backside Illuminated) layaknya yang didukung oleh Zenfone 5. Sensor ini memungkinkan penggunanya mendapatkan kualitas gambar yang baik walau minim cahaya.

Pilih Mana: Zenfone 5 atau 2?

Zenfone 5Zenfone 2
Kapasitas baterai– 2110 mAh– 2500 mAh
Bobot– 145 gram– Elegan dan mewah
Ukuran layar– Hanya 5 inci– 5,5 inci

Kesimpulan:

Jika disimpulkan dari berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, kami menyimpulkan bahwa Zenfone 2 terlihat lebih baik dan unggul dalam banyak aspek di bandingkan dengan Zenfone 5. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zenfone 5 vs 2

VS

Leave a Reply