ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Zenfone 5 atau 6?

Jika Anda sedang berencana untuk menjatuhkan pilihan kepada Asus Zenfone series, namun masih ragu di antara dua pilihan Zenfone 5 atau 6. Tentu saja Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan di antara keduanya sehingga tidak salah menentukan. Maka dari itu, kami uraikan bagus mana Zenfone 5 atau 6? Khusus untuk Anda.

Zenfone 5

Zenfone 5 merupakan ponsel buatan ASUS yang hadir dengan spesifikasi tinggi dan harga yang lebih terjangkau. Asus mendesain Zenfone 5 dengan sangat stylish yang dipadukan dengan dapur pacu cukup mumpuni. Baca juga Pilih Mana: Honor 9 Lite atau Redmi 5 Plus?

Kelebihan Zenfone 5

1. Pixel Density (kerapatan) Lebih Baik
Baik Zenfone 5 maupun 6, keduanya mendukung teknologi layar IPS LCD. Namun, Pixel density (kerapatan) dari Zenfone 5 lebih baik yakni 292 ppi dibanding Zenfone 6 yang hanya memiliki 245 ppi.

2. Harga yang Terjangkau
Harga Zenfone 5 terbilang cukup terjangkau di pasaran dibandingkan dengan harga yang dibanderol oleh Zenfone 6.

Kekurangan Zenfone 5

1. Kamera Hanya 8 MP
Zenfone 5 hanya memiliki kamera utama dengan resolusi 8 MP, angka ini lebih kecil dibanding kamera yang dibenamkan ke Zenfone 6 yakni 13 MP.

2. Baterai Hanya 2110 mAh
Dengan ukuran baterai 2110 mAh, sangat kurang mumpuni untuk menunjang kinerja smartphone Zenfone 5. Meskipun penggunanya hanya memiliki kapasitas baterai kecil namun JalanTikus.com memberikan 5 trik untuk menghemat baterai ASUS Zenfone tanpa aplikasi tambahan.

Zenfone 6

Zenfone 6 merupakan seri Zenfone mahal yang keluaran pabrikan ASUS yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari Zenfone seri lainnya, termasuk Zenfone 5.

Kelebihan Zenfone 6

1. Kualitas Kamera Unggul
Asus Zenfone 6 memiliki spesifikasi kamera yang cukup tinggi dan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih. Kamera utama perangkat ini memiliki resolusi 13 MP dengan dukungan fitur autofocus, LED Flash, geo tagging, face detection dan touch focus. Teknologi Pixelmaster juga telah disematkan pada kamera Asus ini. Bagi Anda yang suka berfoto selfie, juga disematkan juga kamera depan 2 MP.

Lihat juga:  Pilih Mana: PlayStation 4 atau PC Gaming?

2. Ruang Penyimpan Lebih Lega
Ponsel Zenfone 6 menghadirkan tiga variasi memori internal yaitu 8GB, 16GB, dan 32GB. Ketiga opsi memori internal dianggap cukup lega untuk menyimpan berbagai data dan aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkannya dengan kartu memori MicroSD eksternal hingga 64 GB.

Kekurangan Zenfone 6

1. Ukuran Ponsel Bongsor
Sesuai namanya, Zenfone 6 memiliki ukuran layar 6 inci dengan dimensi 166,9 x 84,3 x 9,9 mm dan juga bobot 196 gram. Dari spesifikasi tersebut Zenfone 6 terlihat lebih bongsor dibanding Zenfone 5.

2. Layar Belum Full HD
Seperti yang diketahui, kebanyakan ponsel berlayar 6 inci telah membawa resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920 piksel). Jika layar sudah memiliki resolusi Full HD, maka pastinya gambar akan lebih tajam. Namun peningkatan resolusi secara otomatis akan membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih besar. Jadi untuk kasus ini Asus tampaknya lebih suka menghemat daya baterai daripada menghadirkan layar yang tajam.

Pilih Mana: Zenfone 5 atau 6?

Zenfone 5Zenfone 6
Harga– Lebih terjangkau– Harga lebih tinggi
Ukuran layar– 5 inci– 6 inci
Baterai– 2110 mAh– 3230 mAh

Kesimpulan

Dari spesifikasi di atas telah terlihat bahwa Zenfone 6 lebih unggul dari segi spesifikasi, sehingga keputusan yang tepat jika Anda menjatuhkan pilihan kepada Zenfone 6. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zenfone 5 vs 6

VS

Leave a Reply