Smartphone

Pilih Mana: Zenfone 5 atau Max Pro M1?

Asus yang merupakan produsen smartphone ini merilis dua smartphone dalam jangka waktu yang sangat dekat, yakni dalam jangka waktu kurang lebih hanya 1 bulan. Dua smartphone tersebut yaitu Asus Zenfone 5 dan Zenfone Max Pro M1. Manakah yang lebih baik dari kedua smartphone tersebut? Zenfone 5 atau Max Pro M1?

Meskipun dirilis dalam jangka waktu yang sangat dekat, kedua smartphone ini memiliki banyak sekali perbedaan. Perbedaan tersebut mulai dari harga yang ditawarkan, desain, kapasitas baterai dan perbedaan lainnya yang dapat Anda simak pada artikel berikut.

Zenfone 5

Zenfone 5 merupakan sebuah smartphone yang dirilis pada Mei 2018. Smartphone ini memiliki desain yang sangat menarik dan memiliki kamera yang mumpuni.

Kelebihan Zenfone 5

Berikut beberapa kelebihan Zenfone 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Desain Stylish dan Kekinian

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki desain yang lebih kekinian dengan adanya layar poni hampir mirip dengan desain yang dimiliki iPhone X. Selain itu, Zenfone 5 juga menggunakan material kaca pada bagian belakangnya dengan alur melingkar. Jika dilihat dari segi desainnya, Zenfone 5 ini terlihat lebih mengikuti tren daripada Max Pro M1. Dikutip dari Detik.com Zenfone 5 yang terbuat dari material kaca yang dibalut frame alumunium ini tidak akan mengecewakan pemiliknya.

  • Telah Dilindungi Corning Gorilla Glass

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah telah dilindungi dengan corning gorilla glass. Dengan demikian, smartphone ini lebih aman dan tidak mudah tergores ketika terkena benda tajam dan sebagainya. Sedangkan Max Pro M1 belum dilindungi corning gorilla glass sehingga akan lebih mudah tergores ketika terkena benda tajam dan sebagainya.

  • Fitur Lebih lengkap

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan Max Pro M1. Asus Zenfone 5 telah memiliki ZenUI 5.0 yang memiliki banyak fitur sehingga Anda tidak perlu untuk menginstall aplikasi lain. Aplikasi tersebut seperti ZenMotion, Game Genie, Face Recognition hingga ZeniMoji yang telah ada dalam smartphone ini.

Kekurangan Zenfone 5

Berikut beberapa kekurangan Zenfone 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Max Pro M1. Dengan harga yang lebih mahal tersebut, Anda memerlukan budget yang lebih besar untuk bisa mendapatkan smartphone ini. Selisih harga kedua smartphone tersebut juga sangat besar sehingga Anda perlu mempertimbangkannya dengan matang.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan Max Pro M1. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Zenfone 5 hanyalah sebesar 3.300 mAh sedangkan Max Pro M1 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

  • Kerapatan Layar Lebih Rendah

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki layar dengan kerapatan yang lebih rendah daripada Max Pro M1. Smartphone ini memiliki layar dengan kerapatan 402ppi sedangkan kompetitornya 405ppi.

Kelebihan Zenfone 5Kekurangan Zenfone 5
- Desain stylish dan kekinian- Harga lebih mahal
- Telah dilindungi corning gorilla glass- Kapasitas baterai lebih kecil
- Fitur lebih lengkap- Kerapatan layar lebih rendah

Max Pro M1

Max Pro merupakan salah satu smartphone yang dirilis Asus pada April 2018. Asus mengeluarkan produk ini dengan spesifikasi yang cukup baik dan memiliki harga yang bisa dijangkau dengan mudah. Sebelumnya kami telah membahas mengenai Redmi Note 5 vs Zenfone Max Pro M1. 

Lihat juga:  Pilih Mana: Asus atau Xiaomi?

Kelebihan Max Pro M1

Berikut beberapa kelebihan Max Pro M1 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Asus Max Pro M1 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Zenfone 4. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda dapat memilih Max Pro M1 sebagai alternatif. Perbedaan atau selisih harga antara kedua produk ni juga cukup besar yakni sekitar 1 juta hingga 1,5 juta rupiah.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Max Pro M1 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Zenfone 5. Baterai yang dimiliki Max Pro M1 yakni sebesar 5.000 mAh sedangkan Zenfone 5 memiliki baterai dengan kapasitas baterai sebesar 3.300 mAh.

  • Kerapatan Layar Lebih Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Max Pro M1 adalah memiliki kerapatan layar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kerapatan layar yang dimiliki oleh Zenfone 5. Max Pro M1 memiliki kerapatan layar 405ppi sedangkan Zenfone 5 memiliki layar dengan kerapatan 402ppi.

Kekurangan Max Pro M1

Berikut beberapa kekurangan Max Pro M1 yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Dilindungi Corning Gorilla Glass

Salah satu kekurangan Max Pro M1 adalah belum dilindungi dengan corning gorilla glass. Karena belum dilindungi gorilla glass, maka layar smartphone ini akan lebih mudah tergores ketika terkena benda tajam pada layarnya.

  • Fitur Kurang Lengkap

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1 adalah fitur yang dimiliki smartphone ini bisa dikatakan kurang lengkap. Hal ini dikarenakan smartphone ini berbekal Pure Android dan belum menggunakan ZenUI.

  • Hasil Kamera Kurang Mumpuni

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Max Pro M1 adalah menghasilkan gambar atau video yang kurang baik dari kameranya. Jika Anda memiliki aktivitas yang sangat banyak memanfaatkan kamera smartphone, maka Zenfone 5 lebih tepat menjadi pilihan Anda.

Kelebihan Max Pro M1Kekurangan Max Pro M1
- Harga lebih terjangkau- Belum dilindungi corning gorilla glass
- Kapasitas baterai lebih besar- Fitur kurang lengkap
- Kerapatan layar lebih tinggi- Hasil kamera kurang mumpuni

Pilih Mana: Zenfone 5 atau Max Pro M1?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Zenfone 5 dan Max Pro M1. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Zenfone 5Max Pro M1
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Telah dilindungi corning gorilla glass- Belum dilindungi corning gorilla glass
- Fitur lebih lengkap- Fitur kurang lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Zenfone 5 dan Max Pro M1 di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone besutan Asus ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menginginkan smartphone dengan harga yang terjangkau maka Max Pro M1 lebih baik Anda pilih. Tapi jika Anda menginginkan smartphone yang memiliki kualitas kamera yang mumpuni, desain yang kekinian, maka Anda bisa memilih Zenfone 5.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zenfone 5 vs Max Pro M1

VS

Leave a Reply