Smartphone

Pilih Mana: Zenfone 5 atau Redmi Note 5?

Asus dan Xiaomi belakang ini terbilang cukup sering merilis smartphone terbarunya dengan kualitas yang baik pula Dua produk dari kedua brand tersebut yang dapat kita bandingkan yaitu Zenfone 5 dan Redmi Note 5. Manakah smartphone yang memiliki spesifikasi terbaik? Zenfone Note 5 atau Redmi Note 5?

Zenfone Note 5 dan Redmi Note 5 merupakan dua smartphone yang sama-sama dirilis pada awal 2018. Kedua smartphone ini kerap dibandingkan karena memiliki berbagai hal menarik yang bisa untuk dibandingkan. Perbedaan kedua smartphone ini dapat Anda simak pada artikel berikut ini.

Zenfone 5

Salah satu produk Asus yang memiliki hardware dan kamera mumpuni adalah Asus Zenfone 5. Smartphone besutan Asus ini dirilis pada mei 2018. Smartphone ini memiliki desain yang stylish dan kekinian. Untuk mengetahui produk Zenfone Asus lainnya, Anda bisa mengakses website resmi Asus.com.

Kelebihan Zenfone 5

Berikut beberapa kelebihan Zenfone 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar Cukup Lebar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah memiliki layar dengan lebar yang lebih besar jika dibandingkan dengan Redmi Note 3. Zenfone 5 memiliki layar dengan lebar 6.2 inci sedangkan Redmi Note 5 memiliki layar dengan lebar 5.9 inci.

  • Telah Dibalut Corning Gorilla Glass

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah telah dibalut atau dilindungi dengan corning gorilla glass. Hal ini tentunya menjadi nilai plus dikarenakan kompetitornya yakni Redmi Note 5 belum dilindungi dengan corning gorilla glass yang dapat melindungi smartphone dari benturan benda tajam.

  • Memiliki Fitur Kamera yang Lengkap

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Zenfone 5 adalah telah memiliki fitur kamera yang sudah cukup lengkap. Kamera yang telah disematkan pada smartphone ini adalah telah memiliki dual LED Flash, EIS, Video 2160p@30fps.

Kekurangan Zenfone 5

Berikut beberapa kekurangan Zenfone 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Jauh Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Zenfone 5 jika dibandingkan dengan Redmi Note 5 adalah memiliki harga yang jauh lebih mahal. Selisih harga antara dua smartphone yang dikeluarkan olah brand yang berbeda ini adalah mencapai 1,5 juta. Karena itulah, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang dalam memilih salah satu dari dua smartphone ini.

  • Kapasitas Baterai Lebih Rendah

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih rendah daripada Xiaomi Redmi Note 5. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh smartphone ini yakni 3.300 mAh. Meskipun begitu, smartphpne ini telah dilengkapi dengan fitur fast charging.

  • Kerapatan Layar Sedikit Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5 ini adalah memiliki kerapatan layar yang lebih kecil. Smartphone ini memiliki layar dengan kerapatan 402ppi sedangkan kompetitornya memiliki layar dengan kerapatan 405ppi.

Kelebihan Zenfone 5Kekurangan Zenfone 5
- Memiliki layar cukup lebar- Harga jauh lebih mahal
- Telah dibalut corning gorilla glass- Kapasitas baterai lebih rendah
- Memiliki fitur kamera yang lengkap- Kerapatan layar sedikit lebih kecil

Redmi Note 5

Redmi Note 5 ini merupakan salah satu produk Xiaomi yang cukup laris di pasaran. Hanya berselang beberapa waktu saja, smartphone Xiaomi yang dirilis pada Februari 2018 ini telah terjual hingga lebih dari 5 juta unit. Sebelumnya kami telah membahas mengenai Redmi Note 5 pada artikel Redmi S2 atau Redmi Note 5. 

Lihat juga:  Pilih Mana: Zenfone 5 atau 2?

Kelebihan Redmi Note 5

Berikut beberapa kelebihan Redmi Note 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Redmi Note 5 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Zenfone 5. Anda bisa melakukan penghematan yang cukup besar jika memilih smartphone ini. Dengan harga yang sangat jauh berbeda, kedua hardware yang dimiliki kedua smartphone ini sama.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh sedangkan kompetitornya memiliki baterai dengan kapasitas 3.300 mAh.

  • Kerapatan Layar Cukup Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5 yang dibesut oleh Asus ini adalah memiliki kerapatan layar yang cukup tinggi. Smartphone ini memiliki kerapatan layar sebesar 405ppi sedangkan Zenfone 5 memiliki kerapatan layar 402ppi.

Kekurangan Redmi Note 5

Berikut beberapa kekurangan Redmi Note 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Dibalut Corning Gorilla Glass

Meskipun memiliki banyak kekurangan, smartphone Redmi Note 5 ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Redmi Note 5 adalah belum dibalut dan dilindungi dengan corning gorilla glass. Karena belum dilindungi dengan corning gorilla glass ini, maka smartphone ini lebih rentan dan lebih mudah tergores apabila terkena benda tajam.

  • Jaringan Lebih Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5 adalah memiliki jaringan yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan Zenfone 5. Smartphone ini didukung dengan LTE Cat 4 150/50 Mbps sedangkan sang kompetitor telah didukung dengan LTE Cat 12 600/100 Mbps.

  • Layar Sedikit Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Redmi Note 5 adalah memiliki layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Zenfone 5. Smartphone yang dibesut oleh Xiaomi ini memiliki layar dengan lebar 5.9 inci sedangkan Zenfone 5 memiliki layar dengan lebar 6.2 inci.

Kelebihan Redmi Note 5Kekurangan Redmi Note 5
- Harga lebih terjangkau- Belum dibalut corning gorilla glass
- Kapasitas baterai lebih besar- Jaringan lebih terbatas
- Kerapatan layar cukup tinggi- Layar sedikit lebih kecil

Pilih Mana: Zenfone 5 atau Redmi Note 5?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Zenfone 5 dan Redmi Note 5. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Zenfone 5Redmi Note 5
- Harga lebih mahal - Harga lebih terjangkau
- Kapasitas baterai lebih kecil, yakni 4.000 mAh- Kapasitas baterai lebih besar, yakni 3.300 mAh
- Telah dilindungi corning gorilla glass- Belum dibalut corning gorilla glass

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai smartphone Zenfone 5 dan Redmi Note 5, dapat kita lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing produk tersebut. Namun, setelah diperhatikan, kami lebih menganjurkan Anda untuk memilih Redmi Note 5 yang diproduksi oleh Xiaomi. Hal ini dikarenakan hardware yang dimiliki oleh kedua smartphone ini sama dengan harga yang sangat jauh berbeda. Perbedaan lainnya juga tidak terlalu signifikan antara keduanya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zenfone 5 vs Redmi Note 5

VS

Leave a Reply