AplikasiTrends

Pilih Mana: Zoom vs Skype?

Selama pandemi virus corona-19 belakangan ini. Banyak masyarakat di seluruh dunia sulit melakukan aktivitas di luar. Segala hal yang terbiasa dilakukan di luar ruangan kini dihentikan sementara. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang mematikan.

Berbagai aktivitas seperti bekerja, bersekolah, berbelanja, berkomunikasi dengan keluarga dan teman, hanya bisa dilakukan melalui panggilan video.

Inilah yang membuat platform atau aplikasi video conference marak digunakan masyarakat di sejumlah negara untuk terhubung satu sama lain dari jarak jauh. Ada banyak fitur aplikasi video conference. Salah satu yang populer saat ini yakni aplikasi Zoom dan Skype.

Sekilas, kedua fitur aplikasi ini terlihat sama. Namun, keduanya juga tentu memiliki perbedaannya masing-masing,loh. Lalu dimanakah perbedaannya?

Tenang saja, Pada artikel kali ini kami akan membandingkan di antara keduanya agar kamu dapat melihat aplikasi mana yang lebih unggul. Yuk langsung saja disimak!

Zoom vs SkypeZoom

Zoom Meeting merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk media rapat online dimanapun kamu berada. Fitur-fitur yang disediakan sangat menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya memiliki fitur chat, video kualitas HD, mendukung hingga 1.000 peserta, ada fitur rekaman, dan penjadwalan.

Kamu dapat terhubung dengan banyak orang dengan menggunakan aplikasi ini. Kualitas screen sharing sangat bagus serta dapat digunakan oleh siapa saja. Yang lebih menariknya lagi, Aplikasi Zoom Meeting ini dapat kamu gunakan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Cara Pakai Aplikasi Zoom di PC

Cara menggunakan aplikasi ini di Pc sangat mudah sekali, kamu bisa masuk di situsnya langsung dengan mengetik https://zoom.us/ pada laman pencarian kamu. Lalu klik Sign Up Free dan daftarkan memakai email atau Facebook.

Kamu juga dapat mengunduh versi premium atau berbayar untuk fitur yang lengkap. Karena pada versi gratis sangat terbatas. Jika kamu sudah melakukan pendaftaran, maka cara pakai aplikasi zoom ini yakni dengan masuk ke laman utama.

Tekan My Profile, kemudian akan ada data Personal Meeting ID. Untuk dapat memilih pengaturan, klik menu My Meetings. Pakailah link ID yang kamu miliki untuk mengundang orang lain agar dapat bergabung di Meeting Rooms.

Teman kamu bisa masuk link via web browser Chrome. Sangat mudah bukan caranya, kamu bisa langsung mencobanya dan gunakan sekarang.

Cara Download dan Install Aplikasi Zoom

Bagi para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Zoom Meetings melalui Google Play Store. Sedangkan untuk para pengguna iOS dapat melalui App Store. Baca juga: Pilih Mana: TikTok atau Likee?

Kelebihan Zoom

  • Memiliki kualitas layar dan video yang baik
    Aplikasi Zoom Meeting mempunyai kualitas layar yang lebih baik, kualitas video tinggi dan dapat dilakukan di perangkat android dengan berbagi layar secara langsung dan cepat.Zoom vs Skype
  • Banyak pilihan fitur yang tersedia
    Aplikasi Zoom Meeting memiliki banyak varian fitur yang tersedia. Kelebihan inilah bisa kamu gunakan untuk menelepon, mengirim pesan, undangan, email, company contacts serta memudahkan kamu untuk mengirim teks ke grup, gambar dan audio dari ponsel ke perangkat komputer yang kamu inginkan.
    Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berbagi alamat situs, Google Drive, foto, Dropbox, file dokumen dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi zoom terdapat mode mengemudi karena tersedianya jaringan Wifi, 3G dan 4G LTE dan status kontak yang kamu miliki dapat terlihat availability atau tidak.
  • Memiliki kemudahan akses pada banyak perangkat
    Kelebihan lainnya adalah aplikasi zoom dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat apapun. Misalnya saja, Android, iOS, Windows, Mac, telepon, sistem ruang H.323/SIP dan Zoom Presence.

Lebih dari 10 juta pengguna memakai aplikasi ini sampai sekarang. Cara pakai aplikasi Zoom sangat mudah sehingga siapa saja bisa mengaksesnya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk meeting jarak jauh tanpa harus keluar rumah.

Kamu juga dapat berkomunikasi antar satu sama lain tanpa harus bertemu. Mengingat sekarang ini wabah corona sedang merajalela dimana-mana.

Kekurangan Zoom

  • Adanya penggunaan enkripsi
    Dalam kegiatan marketingnya, zoom mengaku menggunakan teknologi end to end encryption, padahal dalam praktek sesungguhnya tidak sama sekali. Zoom hanya menggunakan Transport Layer Security (TLS) semacam update dari SSL.
    Pada akhirnya video conference maupun webinar tidak ada perlindungan sehingga membuka kemungkinan untuk terjadinya akses penyadapan maupun pencurian informasi. Bahkan zoom bisa saja melihat isi meeting dan webinar tersebut.
  • Memiliki berbagai fitur yang lemah
    Zoom sempat mendapat protes keras saat diketahui memiliki fitur attention tracking. Dengan fitur ini, sang “host” video konferensi dapat mengetahui siapa saja anggota yang tidak memperhatikan video konferensi tersebut. Fitur ini juga bisa melakukan pemberitahuan kepada host tersebut.
    Adapun fitur lainnya yaitu fitur chat pada zoom yang bisa digunakan untuk mencuri username dan password pada pemakain zoom di Windows.
  • Memiliki kebijakan privasi yang kontroversial
    Kelemahan zoom kali ini adalah memiliki kebijakan privasi yang kontroversial. Sebelum kemudian diubah beberapa waktu lalu, kebijakan tersebut memungkinkan zoom untuk menyimpan segala bentuk informasi yang ada pada saat panggilan video dilakukan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Go Launcher atau Hola Launcher?

Skype

Skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, bersamaan dengan ditemukannya Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi) yang kemudian berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Pada bulan September 2003, Grup Skype dibentuk, lalu pada September 2005 dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay yang bermarkas di Luxembourg, Jerman.

Aplikasi Skype ini merupakan sebuah program obrolan yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi satu sama lain dengan orang lain, membuat panggilan gratis ke pengguna skype lainnya, serta membuat dan menerima panggilan dari sambungan telepon rumah dan nomor ponsel secara berbayar.

Kamu juga dapat mengobrol via video  dengan pengguna skype lainnya. Skype juga dapat diunduh secara gratis,loh.

Cara Mengunduh Aplikasi Skype di PC

Pertama kunjungi website resmi skype.com. Setelah itu, kamu langsung aja klik Download Skype.

Kemudian, jika halaman dari download skype telah muncul. Klik Get skype for windows desktop
Setelah itu, pastinya akan terlihat kolom Opening Skypesetupfull.exe.

Klik aja Save File (simpan file) dengan kata lain jika kamu mengklik save file tersebut berarti kamu telah mendownload aplikasi skype.

Tunggu beberapa saat! Dan kamu telah memiliki aplikasi skype.

Cara Download dan Install Aplikasi Skype

Bagi para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Skype melalui Google Play Store.

Zoom vs Skype

Kelebihan Skype

  • Memiliki kualitas suara yang baik
    Kelebihan pertama dari skype yaitu memiliki kualitas suara yang lebih baik. Ini terjadi dikarenakan tim kerja Skype berhasil mengontrol sumberdaya-sumberdaya yang tersedia pada jaringan, sehingga keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan skype meningkat.
    Melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa). Bahkan tanpa menggunakan pemusatan sumber daya yang mahal serta hanya dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan banyak orang untuk mengaplikasikannya dengan mudah.
  • Memiliki fasilitas keamanan yang aman
    Aplikasi skype juga telah mengatur kode pada setiap penggunanya, pada setiap pesan instan dan panggilan yang dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini juga sangat perlu karena seluruh panggilan atau pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik.
  • Penggunaannya yang mudah
    Skype didesain sesederhana mungkin agar semua orang dapat menggunakan aplikasi windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja sangat baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC), Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Pocket PC, Mac OS X and Linux. Maka melalui perangkat ini skype sangat memudahkan penggunanya.

Kekurangan Skype

  • Memiliki kapasitas software yang besar
    Bagi para pengguna umum skype, mungkin tidak lagi perlu merasa heran dengan kapasitas ukurannya yang bahkan bisa memakan 23 MB kapasitas harddisk saat dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger.
  • Rentan terjadinya penipuan
    Kekurangan selanjutnya, aplikasi skype juga memiliki masalah yang sama dengan beberapa software lainnya yakni pada registrasi identitas penggunanya. Registrasi dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah.
    Sehingga sebagai pengguna, kamu dapat memiliki pilihan untuk tidak menggunakan nama asli. Maka di pihak lain, hal ini juga berisiko dalam berkenalan dengan orang baru tanpa tahu identitas aslinya dan hal inilah yang menjadi penyebab maraknya terjadi penipuan.
  • Tidak tersedianya fitur panggilan darurat
    Kekurangan yang terakhir adalah skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat. Semakin berkembangnya era teknologi yang dibarengi dengan meningkatnya kualitas sumber daya masyarakat maka skype perlahan tergeser oleh beberapa software aplikasi lainnya yang lebih canggih dan mudah. Meskipun begitu, skype masih memiliki beberapa pengguna yang masih setia.
ZoomSkype
Kelebihan-Memiliki kualitas layar dan video yang baik -Banyak pilihan fitur yang tersedia -Memiliki kemudahan akses pada banyak perangkat-Memiliki kualitas suara yang baik -Memiliki fasilitas keamanan yang aman -Penggunaannya yang mudah
Kekurangan -Adanya penggunaan enkripsi -Memiliki berbagai fitur yang lemah -Memiliki kebijakan privasi yang kontroversial-Memiliki kapasitas software yang besar -Rentan terjadinya penipuan -Tidak tersedianya fitur panggilan darurat

Kesimpulan

Beradasarkan artikel di atas mengenai Zoom vs Skype dapat kita simpulkan bahwa keduanya juga memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Sehingga kembali lagi kepada kamu yang menentukan. Aplikasi mana yang cocok sesuai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zoom vs Skype

VS

Leave a Reply