Olahraga

Pilih Mana: Zumba atau Aerobik?

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan keinginan hampir semua orang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Di antaranya yaitu melakukan aktivitas olahraga seperti zumba dan aerobik. Manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda? Zumba atau aerobik?

Zumba dan aerobik merupakan dua jenis olahraga yang mampu meningkatkan kebugaran Anda. Tidak hanya itu, olahraga ini juga mampu memberikan berat dan bentuk tubuh yang ideal sesuai dengan keinginan Anda. Namun, kedua jenis olahraga ini memiliki banyak perbedaan, perbedaan tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut.

Zumba

Dikutip dari Femina.co.id zumba merupakan sebuah gerakan gabungan antara gerakan aerobik dan tarian latin seperti salsa dan merengue.

Zumba merupakan sebuah olahraga yang diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez yang merupakan Creative Director Zumba Fitness. Baca juga Pilih Mana: Fitness atau Senam?

Kelebihan Zumba

Berikut beberapa kelebihan zumba yang perlu Anda ketahui:

Lebih Menyenangkan
Salah satu kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan Zumba adalah aktivitas ini lebih menyenangkan dibandingkan dengan aerobik. Kedua aktivitas ini sebenarnya sama-sama menyenangkan. Namun jika keduanya dibandingkan, Zumba lebih menyenangkan daripada Aerobik.

Lebih Cocok untuk Menurunkan Berat Badan
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Zumba adalah lebih cocok untuk menurunkan berat badan. Zumba memiliki kegiatan yang sangat energik sehingga lebih cepat menurunkan berat badan. Dengan melakukan zumba secara rutin dan teratur, Anda bisa menurunkan berat badan sesuai dengan keinginan Anda.

Memperluas Jaringan
Kelebihan selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika melakukan senam zumba adalah Anda akan memiliki banya teman dan memperluas jaringan sosial Anda. Hal ini dikarenakan aktivitas zumba yang dilakukan biasanya berbarengan dengan banya anggota yang banyak sehingga Anda akan mendapatkan teman baru.

Kekurangan Zumba

Berikut beberapa kekurangan zumba yang perlu Anda ketahui:

Tidak Menggerakkan Seluruh Bagian Badan
Salah satu kekurangan zumba jika dibandingkan dengan aerobik adalah zumba tidak menggerakkan seluruh bagian tubuh seperti yang dilakukan pada aerobik. Zumba lebih dominan menggerakkan bagian-bagian tertentu saja. Dengan demikian, zumba lebih cocok untuk menurunkan berat badan namun kurang cocok untuk membentuk tubuh dan membentuk otot.

Membutuhkan Kelincahan
Bagi sebagian orang, melakukan sebuah gerakan yang energik dan lincah sangat mudah dilakukan. Namun bagi orang yang kurang terbiasa, maka akan lebih sulit dalam melakukan dancing zumba dengan gerakan tertentu dan agak rumit dilakukan. Hal ini berbeda dengan aerobik yang biasanya gerakannya lebih mudah untuk dipelajari.

Masih Ada Kemungkinan Cedera
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh senam zumba adalah masih terdapat kemungkinan cedera. Meskipun cenderung lebih aman, zumba dan semua jenis olahraga lainnya masih memiliki kemungkinan menyebabkan cedera. Karena itulah, Anda perlu melakukan aktivitas pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan jenis olahraga apapun.

Kelebihan ZumbaKekurangan Zumba
- Lebih menyenangkan- Tidak menggerakkan seluruh bagian badan
- Lebih cocok untuk menurunkan berat badan- Membutuhkan kelincahan
- Memperluas jaringan- Masih ada kemungkinan cedera

Aerobik

Aerobik merupakan sebuah senam yang memiliki gerakan yang cukup mudah dan berulang. Senam aerobik ini dapat dilakukan oleh semua usia, mulai dari usia muda hingga usia tua.

Kelebihan Aerobik

Berikut beberapa kelebihan aerobik yang perlu Anda ketahui:

Lebih Cocok untuk Membentuk Badan
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aerobik adalah lebih cocok dalam membentuk tubuh dan otot tubuh. Aerobik cenderung menggerakkan semua anggota badan sehingga seluruh bagian tubuh bergerak dan otot-otot bagian tersebut dapat terbentuk. Jika Anda menginginkan tubuh yang berbentuk, maka aerobik lebih cocok untuk Anda lakukan daripada zumba.

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pernafasan
Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan aerobik adalah dapat melatih pernafasan dan baik untuk kesehatan jantung Anda. Aerobik ini memanfaatkan oksigen agar bisa mentransfer energi pada tubuh. Dengan latihan ini, energi yang dihasilkan berasal dari oksigen. Hal ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah Anda yang melakukan aerobik.

Mengurangi Stres
Kelebihan selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika melakukan aerobik adalah dapat mengurangi stres. Dengan melakukan aerobik secara rutin, endorfin akan lebih aktif sehingga dapat memicu mengurangi rasa stres dan dapat memicu rasa senang. Jika Anda memiliki emosi yang kurang stabil, sebaiknya Anda rutin melakukan aerobik agar bisa mengatur mood Anda.

Kekurangan Aerobik

Berikut beberapa kekurangan aerobik yang perlu Anda ketahui:

Kurang Efektif Menurunkan Berat Badan
Aerobik dan zumba sebenarnya memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya, aerobik kurang efektif dalam hal ini. Zumba lebih efektif menurunkan berat badan karena lebih menyenangkan sehingga orang dapat melakukannya dengan maksimal. Meskipun begitu, dalam hal membentuk tubuh dan otot, aerobik lebih handal daripada zumba.

Adanya Kemungkinan Cedera
Kekurangan lain yang dimiliki oleh aerobik adalah masih terdapat kemungkinan cedera. Aerobik merupakan olahraga yang relatif aman dan tidak membahayakan. Meskipun begitu, Anda seharusnya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cedera.

Dilakukan Berkelompok
Untuk melakukan senam aerobik ini, Anda harus melakukannya secara berkelompok dan dipandu oleh seorang instruktur. Anda sebenarnya bisa melakukannya secara mandiri, namun hal ini akan terasa kurang menyenangkan dan akan menjadi kurang maksimal. Karena itulah, untuk melakukan aktivitas ini, Anda sebaiknya mencari tempat yang biasanya mengadakan kegiatan ini.

Kelebihan AerobikKekurangan Aerobik
- Lebih cocok untuk membentuk badan- Kurang efektif menurunkan berat badan
- Baik untuk kesehatan jantung dan pernafasan- Adanya kemungkinan cedera
- Mengurangi stres- Dilakukan berkelompok

Pilih Mana: Zumba atau Aerobik?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Zumba dan Aerobik. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

ZumbaAerobik
- Lebih cocok menurunkan berat badan- Kurang efektif menurunkan berat badan
- Kurang efektif untuk membentuk tubuh- Lebih efektif membentuk tubuh
- Bai untuk melatih kelincahan tubuh- Baik untuk kesehatan jantung dan pernafasan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai zumba dan aerobik di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Zumba lebih cocok untuk Anda gunakan jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat. Tapi jika Anda menginginkan untuk membentuk otot atau bentuk tubuh, maka aerobik lebih cocok untuk hal tersebut.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zumba vs Aerobik

VS

Leave a Reply