LifestyleOlahraga

Pilih Mana: Zumba atau Muay Thai?

Berolahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain melepaskan stres, olahraga bisa menguatkan otot-otot pada tubuh kita. Seperti halnya Zumba dengan gerakan yang diiringi dengan musik dan Muay Thai yang memiliki aktivitas olahraga yang banyak mengandalkan kaki untuk membela diri. Bagaimana detail dari kedua kegiatan olahraga tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Zumba dan Muay Thai. Disini aja guys.

Zumba

Zumba merupakan latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari kombinasi tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini pula menyelipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti berolahraga sambil menari.

Kombinasi berbagai gerakan tarian seperti cha-cha, salsa, tango, hingga flamenco dengan diiringi musik jadi suatu olahraga yang menarik sekalian menyehatkan. Baca juga Pilih Mana: Zumba Atau Treadmill?

Sejarah Zumba

Senam Zumba pertama kali dilakukan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan (2001) dan saat ini telah tumbuh dengan amat cepat ke seluruh belahan dunia. Asal usul Zumba berasal dengan situasi yang unik, dimana suatu hari Beto akan membimbing senam aerobik, tetapi pada hari itu ternyata ia tidak bawa CD (Compact Disc) senam Aerobik yang biasa dilakukannya.

Tetapi ia tidak kehabisan ide, setelah itu Beto berinisiatif buat mengambil seluruh CD yang terdapat di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, sampai reggaeton. Setelah itu Beto berupaya untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik itu.

Sejak saat itu, zumba sudah bertumbuh di 125 negeri serta jadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba, tipe tari yang digunakan pun makin bervariasi antara lain yakni Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso.

Manfaat Zumba

Membakar kalori
Dalam latihan ini, Kamu bakal memperoleh manfaat zumba dengan membakar kalori melalui latihan aerobik pada gerakannya. Pada umumnya, satu kali latihan zumba bisa membakar 400-600 kalori per jam.

Perihal itu tentu saja berita yang memuaskan untuk Kamu yang menginginkan tubuh kecil serta langsing. Manfaat zumba pula dapat kamu miliki dengan gerakan tarian beat merengue atau melakukan sebagian set gerakan jongkok yang diiringi dengan lompatan plyometric.

Semua anggota badan ikut bergerak dan terlatih
Tidak hanya membakar kalori, zumba memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Gerakan zumba menawarkan gerak menyeluruh dari atas hingga bawah bagian tubuh. Buat gerakan bagian atas umumnya mengedepankan tangan pundak serta kepala buat bergerak seirama.

Sebaliknya buat bagian tengah sampai bawah tubuh, latihan zumba ini bakal membuat perut, pantat, pinggul serta kaki kamu semuanya bergerak secara bersamaan. Tidak lupa pula jika manfaat zumba dapat melatih seluruh persendian tubuh karena gerakannya. Dikala berlatih zumba, fleksibilitas juga bakal dilatih pada saat bagian pemanasan, pendinginan, dan isi tarian zumba.

Mencegah stress serta memperbaiki mood
Salah satu manfaat zumba yang sangat terasa yaitu bisa mengatasi stress dan penat, sebab pada saat latihan zumba kamu bakal diiringi lagu-lagu yang penuh energik, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat. Bila kamu lagi ditimpa stress, cobalah buat melakukan latihan zumba

Dengan musik upbeat yang mengiringi, tentu saja perihal ini bisa membuat mood kamu jadi lebih baik. Sehingga selain buat kesehatan, latihan zumba pula bisa memberikan pengaruh positif untuk kamu yang lagi stress maupun bad mood.

Muay Thai

Muay Thai ialah seni bela diri yang berasal dari negeri gajah putih Thailand. Muay Thai terdiri dari 2 suku kata yaitu muay serta thai. Kata muay berasal dari bahasa Sanskerta“ mavya” yang berarti“ pukulan bela diri”.

Sedangkan Thai merupakan suku thai dari negara Thailand. Muay thai merupakan pengembangan dari bela diri Muay Boran. Praktisi dari muay thai disebut dengan nak muay, sedangkan praktisi muay thai yang berasal dari luar negara Asia Tenggara disebut dengan nak muay farang (petinju asing).

Lihat juga:  Pilih Mana: RedDoorz atau Airy Rooms?

Muay Thai yang terkenal di Indonesia terletak di Jakarta yang bernama Zaelot Muay Thai. Untuk kamu yang berada di Jakarta, kamu bisa langsung datang dan bergabung bersama mereka.

Sejarah Muay Thai

Muay thai muncul serta berkembang pertama kalinya di Kerajaan Thai, yang diadopsi dari beladiri“ muay boran” yang berarti tinju kuno. Muay Boran ialah metode pertempuran memakai tangan kosong yang dipakai oleh tentara bangsa Siam (sekarang Thailand) akibat kehilangan senjata pada saat pertempuran. Pendapat lain berkata kalau muay thai bersumber dari ilmu bela diri yang memakai senjata bernama “Krabi Krabong”.

Tidak hanya itu, juga terdapat pendapat yang menuturkan kalau muay thai berawal dari kedua bela diri tersebut yaitu muay boran dan krabi krabong.

Perihal ini terlihat dari beberapa teknik tendangan, pitingan, serta gerakan lainnya dalam muay thai mengadopsi aksi‘ wai khru’ dari beladiri krabi krabong yang dipergunakan dalam pertempuran bersenjata.

Awal mulanya ilmu bela diri muay thai bernama“ dhoi muay” atau“ muay”. Walaupun pada awal mulanya muay thai ialah metode atau tata cara yang dipergunakan dalam pertempuran, dalam perkembangannya muay thai sudah jadi suatu olahraga antara 2 orang yang saling berlawanan secara sportif.

Lama kelamaan akhirnya muay thai jadi integral dari perayaan festival lokal yang diselenggarakan oleh negara Thailand, khususnya pergelaran yang mengambil lokasi penyelenggaraan di kuil persembahyangan.

Manfaat Muay Thai

Menyehatkan jantung
Menurut penelitian, tidak terdapat olahraga yang sanggup melatih sistem jantung sebaik muay thai. Dengan mencampurkan jenis olahraga aerobik maupun anaerobik, muay thai menguntungkan pada tekanan besar yang menyehatkan jantung.

Dengan latihan secara teratur, badan kamu bakal terbiasa dengan tekanan-tekanan dalam olahraga ini, serta peningkatan kinerja kardiovaskuler yang sehat jadi salah satu keuntungannya.

Menguatkan otot-otot kaki
Menendang serta segelintir gerakan kaki lainnya jadi gerakan utama dalam muay thai. Salah satu gerakan yang khas yaitu menendang dengan gerakan kaki berputar setengah lingkaran serta dilakukan dengan kaki bagian depan atau biasa dikenal dengan “roundhouse kick”.

Berlatih muay thai pula bakal mengajarkan teknik menendang yang bagus dan menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah. Tiap otot di badan bagian bawah kamu bakal memperoleh keuntungan dari berlatih berbagai tendangan serta latihan gerak kaki yang ada pada olahraga Thailand ini. Bila dicoba dengan rutin bakal berdampak bagus pada daya tahan otot kaki, kekuatan, kelincahan, dan bisa membuat betis agar lebih kuat.

Melepaskan stress
Melepaskan beban emosi serta stress tampaknya jadi manfaat kesehatan terutama yang dapat diperoleh dari muay thai. Beberapa besar orang menumpuk lumayan banyak stres di siang hari. Dengan melakukan olahraga ini setelah beraktivitas seharian, emosi kamu dapat terluapkan, contohnya dengan memukul ataupun menendang sesuatu bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Pilih Mana: Zumba atau Muay Thai?

Zumba Muay Thai
Kelebihan - Menghilangkan stress - Otot tubuh semakin kencang - Menurunkan berat badan- Menguatkan otot - Membakar kalori secara lebih baik - Menjaga stamina secara keseluruhan
Kekurangan - Resiko cedera lutut - Pegal-pegal dibadan bagi yang belum terbiasa- Latihan yang cukup keras - Resiko cedera cukup besar

Kesimpulan

Zumba dan Muay Thai tentu aktivitas yang berbeda, jika Zumba adalah olahraga dengan diiringi dengan musik maka Muay Thai adalah aktivitas olahraga dengan gerakan-gerakan untuk membela diri. Maka dari itu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu akan kegiatan kedua olahraga ini. Intinya kedua dari olahraga ini sama-sama sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zumba vs Muay Thai

VS

Leave a Reply