KesehatanLifestyle

Pilih Mana: Zumba Atau Treadmill?

Kesehatan merupakan hal yang mahal harganya, pasalnya ancaman terhadap kesehatan mudah didapat dari mana saja. Polusi, makanan junk food yang tidak sehat, pola hidup kurang teratur, dan kegemukan serta berat badan berlebih pun akhirnya menjadi ancaman yang tak dapat dihindari. Berbicara dengan kesehatan, salah satu menjaga kesehatan yaitu dengan berolahraga. Saat ini sudah banyak jenis olahraga yang ditawarkan. Yang akan kita bahas kali ini mengenai Olahraga Zumba dan Gym. yang dibahas lebih lanjut pada artikel di bawah ini.

Zumba

Zumba merupakan salah satu jenis kelas senam dengan gerakan dan musik yang berakar dari tradisi latin. Selama senam kita akan melakukan gerakan yang terinspirasi dari gerakan salsa, merengue, mambo, reggaeton, tango, chachacha dan hip-hop.

Satu sesi kelas zumba biasanya berlangsung selama 50-60 menit yang terdiri dari sesi gerakan cepat (fast rhythm) dan gerakan lambat (slow rhythm) dicampur dengan resistance training untuk mengilangkan lemak dan membentuk otot. Bisa dikatakan zumba adalah olahraga cardio yang juga mampu membentuk tubuh. Zumba sering dipromosikan sebagai pesta dansa, sehingga peserta nya selalu senang dan antusias untuk mengikuti kelasnya setiap hari. Baca juga Pilih Mana: Zumba atau Aerobik?

Manfaat Zumba

Merefreshkan pikiran
Zumba membuat lebih sehat. karena ketika melakukan kegiatan ini, otot jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan melakukan pertukaran darah dari seluruh tubuh yang kembali ke jantung kembali lebih cepat. Efeknya peredaran darah di otak juga lebih cepat. Agar otak tersebut segera mendapat asupan oksigen lebih banyak karena darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. Sehingga pikiran anda akan lebih fresh dari sebelumnya.

Tampil lebh percaya diri (PD)
Zumba dance mampu membuat Anda lebih percaya diri. Karena dengan aktivitas yang waktunya mampu membentuk diri dan tubuh Anda menjadi lebih indah. Akibatnya rasa percaya tubuh akan muncul.. Kalian tidak lagi menimbun lemak di perut. Zumba membuat tampilan kalian lebih cantik dan percaya diri.

Kalori Terbakar
Ketika berlatih zumba dance seseorang akan mengeluarkan keringat lebih banyak, ini menandakan pembakaran kalori terjadi lebih banyak. Dalam satu jam gerakan zumba, sekitar 1.000 kalori akan terbakar (tergantung berat badan). Latihan ini tentu lebih baik dibandingkan olahraga lain seperti jogging yang hanya membakar 650 kalori.

Zumba dance juga bisa dijadikan alternatif pembakaran lemak setelah pesta makanan, misalnya. bahkan jika digunakan sebagai terapi penurunan berat badan, berlatih Zumba tiga kali seminggu, dalam satu bulan bisa turun tiga kilogram. Atau juga bisa terjadi, berat badan seseorang yang melakukan tidak akan turun secara drastis, tapi lingkar tubuh akan berkurang.

Treadmill

Treadmill menjadi salah satu alat wajib yang yang ada di gym. Bahkan karena penggunaannya yang sangat praktis, banyak orang yang memilih untuk memiliki treadmill sendiri di rumah. Pada dasarnya berlari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi latihan menggunakan treadmill tentunya memiliki beberapa keunggulan lainnya dibandingkan harus lari di luar ruangan tanpa menggunakan alat.

Latihan menggunakan treadmill akan membuat kita lebih fokus dan konsisten terhadap gerakan lari kita. Selain itu, kemudahan dalam menggunakan treadmill juga bisa memotivasi kita untuk lebih rajin berlatih secara rutin.
Jika kalian ingin menggunakan treadmill di rumah, kalian juga dapat membeli treadmill di Informa.

Manfaat Treadmill

Menurunkan berat badan
Mampu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Olahraga lari untuk menurunkan berat badan memang terbilang ampuh jika Anda menggunakannya dengan benar dan secara rutin.

Berlari di treadmill sejauh 1 mil, bisa membakar rata-rata sebanyak 100 kalori. Jika Anda meningkatkan kecepatan Anda dan melakukan latihan treadmill dengan intensitas yang lebih tinggi tentunya akan semakin banyak kalori yang bisa Anda lenyapkan.

Membentuk otot
Membantu membentuk otot tubuh. Selain menurunkan timbangan, membentuk otot juga merupakan hal yang sangat penting dalam diet dan pembentukan badan. Ketika berlari di atas treadmill otot kaki Anda akan bekerja dan lama kelamaan semakin membentuk.

Tentu saja bukan hanya otot kaki Anda saja yang bisa terbentuk, Anda juga bisa membentuk otot tangan Anda dengan aktif mengayunkan tangan Anda ketika berlari di atas di treadmill. Anda juga bisa membentuk otot perut Anda, semuanya tergantung pada bagaimana cara Anda berlari.

Meningkatkan fungsi otak dan menghilangkan stres
Latihan treadmill secara rutin juga bisa meningkatkan fungsi otak, membuat Anda lebih bahagia, dan juga mengurangi stres. Ketika Anda berlari di atas treadmill, otak akan melepaskan lebih banyak senyawa endorfin. Endorfin merupakan senyawa kimia di otak yang bisa membuat Anda merasa bahagia.

Selain itu, fakta bahwa Anda bisa latihan treadmill sambil melakukan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya seperti mendengarkan musik, menonton TV, hingga membaca buku juga semakin membuat Anda merasa bahwa treadmill merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Pilih Mana: Zumba Atau Treadmill?

Zumba Treadmill
Kelebihan - Dapat menjernihkan pikiran - Menurunkan berat badan - Membuat awet muda- Mengurangi tekanan sendi - Dapat membentuk otot - Meningkatkan kepadatan tulang
Kekurangan - Memiliki resiko cedera lutut - Pada awal awal latihan zumba akan terasa pegal-pegal sampai nyeri otot pada badan- Dapat menyebabkan strain sendi dan otot jika tidak sesuai prosedur - Alat yang mahal jika ingin di coba di rumah

Kesimpulan

Dari kesimpulan diatas mengenai olahraga Zumba dan Treadmill mempunyai fungsi utama yaitu menyehatkan dan membuat tubuh menjadi bugar. Tetapi, jika kalian membutuhkan olahraga yang sekalian merefreshkan pikiran dan sedikit lebih bersenang-senang Zumba dapat menjadi pilihan, tetapi jika kalian ingin fokus untuk pembentukan otot memakai Treadmill bisa menjadi pilihan kalian. Sesuai kan saja ya dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zumba VS Treadmill

VS

Leave a Reply